999 +
0
84
0
Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh
5 months 'ago'

 

sejuta manfaat binahong

sejuta manfaat binahong

Berjuta manfaat binahong yang tidak diketahui oleh banyak orang. Padahal bermacam tanaman herbal yang berada di sekiar kita banyak yang sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Dari yang sudah teruji maupun yang merupakan kepercayaan dari turun temurun. Salah satu tanaman herbal yang sudah banyak diketahui manfaatnya adalah Binahong.

Binahong merupakan tanaman rambat yang saling melilit. Panjang binahong sendiri bisa mancapai lima meter. Tanaman ini memiliki permukaan yang halus dan hampir semua bagian tanaman ini berbentuk umbi. Belum ada pengujian secara kimia pada tanaman binahong, namun secara farmakologis binahong memiliki kandungan antioksida dan antivirus jika dikonsumsi.

Tanaman ini memiliki fungsi sebagai penghambat zat pembentuk kolesterol karena mengandung saponin. Selain mengambat pembentukan kolestoerol, saponin juga dapat mengurangi resiko melemahnya kinerja otak. Tak sampai disitu, manfaat – manfaat tanaman rambat ini dipercaya dapa mengobati penyakit berikut :

Obat Kanker

Manfaat binahong yang sudah banyak dipercaya mansyarakat adalah sebagai obat herbal untuk meningkatkan daya ahan tubuh mereka yang menderita penyakit kanker.

Menghaluskan wajah

Memiliki wajah yang halus merupakan dambaan setiap insane, baik pria maupun wanita. Dengan beberapa lembar daun binahong yang telah direndam, lalu ambilah perasan binahong tersebut. Diamkan kurang lebih 90 menit. Binahong dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah sehingga wajah tampak halus dan flek hitam akan berkurang.

Mengobati luka

Jika anda atau keluarga mengalami luka hingga bedarah, cobalah ambil daun binahong lalu kunyah. Tempelkan daun binahong yang telah dikunyah ke luka yang berdarah tersebut. Tunggulah hingga mengering, jika luka masih basah maka ulangi memberikan daun binahong tersebut.

Mengobati luka setelah operasi

Selain daunnya, ternyata umbi binahong juga memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya. Umbi binahong bisa untuk mengobati luka setalah operasi.

Muntah darah dan batuk

Gunakan daun binahong untuk menyembuhkan penyakit mutah darah dan batuk. Caranya dengan merebus sepuluh lembar daun binahong ditambah dua gelas air. tunggu hingga tersisa satu gelas. Minumlah teratur setiap hari.

Mengobati radang usus

Begitu banyak manfaat tanaman binahong ini, salah satu diantaranya adalah dapat mengobati radang usus.

Melancarkan tekanan darah

Bagi penderita darah rendah maupun tinggi dapat mengkonsumsi tanaman binahong ini karena salah satu manfaat yang dimiliki binahong adalah untuk melancarkan tekanan darah.

Mengatasi wasir

Wasir merupakan penyakit yang menyebabkan dubur beradarah saat buang air besar. Binahong juga dapat mengatasi penyakit ini.

Melancarkan buang air kecil ataupun besar

Salah satu penyebab datangnya peyakit adalah masalah ekskresi yang tidak lancar. Dengan menggunakan tanaman binahong dipercaya dapat melancarkan buang air kecil maupun buang air besar.

Mengobati sariawan akut

Penderita sariawan umumnya akan susah makan karena merasakan sakit pada bagian mulut. Binahong dapat menjadi obat herbal untuk menyembuhkan penyakit yang sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin C ini.

Menghentikan mimisan

Selain suruh, tanaman yang dipercaya dapat menghentikaan pendarahan pada hidung ini adalah binahong. Mimisan sering menjangkit pada anak dibawah umur karena selaput pada hidung mereka yang masih tipis sehingga akan mudah mengeluarkan darah.

Obat Asma

Ambil 7 lembar daun binahong yang masih segar, rebus dengan menggunakan dua gelas air. tunggulah hingga mendidihkan dan hanya menyisakan air satu gelas. Minumkan air tersebut ke penderita asma.

Mengobati patah tulang

Patah tulang dapat diobati dengan rebusan binahong. Caranya dengan merabus sepuluh sampai dua puluh lembar daun binahong lalu campur dengan tiga gelas air. biarkan mendidih dan menyisakan dua gelas. Minum larutan binahong tersebut secara teratur.

Mengobati luka bakar

Daun herbal binahong memiliki zat anti mikroba yang sangat efektif untuk membunuh kuman pada luka bakar.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman rambat ini. Tanaman ini juga tidak terlalu memakan tempat. Binahong dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Cukup mudah perawatan yang diperlukan untuk binahong, karena dapat dengan mudah beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan

Follow Us On :
Lencana
Kongkow