Home » Kongkow » Tips & Trik » 10 Cara Mengatur Keuangan Yang Mudah Dan Efektif

10 Cara Mengatur Keuangan Yang Mudah Dan Efektif

- Sabtu, 27 April 2019 | 10:20 WIB
10 Cara Mengatur Keuangan Yang Mudah Dan Efektif

Mengatur keuangan bukanlah perkara yang mudah. Kamu mungkin sudah merencanakan pengeluaran dengan begitu rapi, tapi uang yang dikeluarkan tetap saja melebihi batas. Jika demikian, maka kamu perlu mengevaluasi cara mengatur keuangan selama ini.

Jika tidak dikelola dengan baik, pengeluaran yang melebihi batas dapat menimbulkan jangka panjang yang merugikan. Gaji bulanan bisa terasa kurang sehingga kamu harus merogoh tabungan yang seharusnya digunakan untuk masa depan.

Nah, berikut adalah cara sederhana dalam mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan.

1, Tentukan tujuan yang jelas

Tulislah semua hal yang hendak kamu capai dengan tabunganmu, lalu bagilah ke dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, jika kamu ingin membeli kendaraan, maka hitunglah berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan setiap bulan hingga tabunganmu mencukupi harga kendaraan tersebut.

2. Buat daftar pemasukan dan pengeluaran

Catatlah semua sumber pemasukanmu, baik gaji pokok, bonus, reimburse, dan sebagainya. Jumlahkan semuanya hingga mencapai nilai total, lalu hitung berapa persen uang yang perlu kamu keluarkan untuk setiap jenis kebutuhan.

Bagilah pengeluaranmu dalam beberapa kategori, misalnya tabungan, tagihan bulanan, transportasi, uang makan, dan pengeluaran tidak terduga. Alokasi tabungan harus diutamakan, bukan berasal dari sisa pengeluaran.

3. Hindari pengeluaran yang tidak seharusnya

Pembayaran tagihan setelah jatuh tempo biasanya harus disertai dengan denda. Inilah jenis pengeluaran yang perlu kamu hindari. Buatlah daftar tagihan yang perlu dibayar beserta tanggal jatuh temponya untuk menghindari hal ini.

Perhatikan pula setiap pengeluaran yang disertai pajak. Asuransi kesehatan, tabungan pendidikan, dan sejenisnya bisa memakan biaya lain di luar iuran pokok. Jadi, pahami baik-baik sebelum kamu mendaftarkan diri.

4. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan

Susunlah daftar yang berisikan kebutuhan setiap bulan, minggu, atau bahkan hari. Dahulukan kebutuhan tersebut dibandingkan barang lain yang kamu inginkan. Saat berbelanja bulanan, belilah barang yang memang dibutuhkan untuk menghemat pengeluaran.

5. Pangkas biaya hidup harian

Jika kamu menggunakan transportasi umum, maka belilah tiket yang dapat digunakan selama sebulan penuh. Begitu pula dengan pengeluaran lain seperti makanan, bahan kelontong, dan sejenisnya. Ini akan membantumu memangkas biaya harian yang sering luput dari perhatian.

6. Membayar biaya kredit dengan efektif

Pilihlah pembayaran bulanan minimum saat melunasi kredit. Agar cara mengatur keuangan kamu lebih efektif, gunakanlah kredit dari bank bertipe “all-in-one” sehingga kamu bisa melakukan single payment setiap bulan. Bila perlu, kamu bisa berkonsultasi dengan pihak bank sebelum mendaftar kredit.

7. Menggunakan online banking

Online banking sangat bermanfaat untuk mengingatkan pembayaran tagihan bulanan, membuat jadwal tagihan untuk bulan selanjutnya, serta memantau pengeluaran kamu. Namun, online banking juga bisa membuatmu boros jika kamu tidak disiplin dalam menggunakannya.

8. Mengalokasikan dana hari tua

Tabungan hari tua sangatlah penting, berapa pun usia kamu saat ini. Kamu bisa mengalokasikan dana hari tua melalui bank yang menyediakan jasa tersebut. Biasanya, nasabah hanya perlu menyisihkan beberapa persen dari pemasukannya untuk jenis tabungan ini.

9. Gunakan celengan

Cara mengatur keuangan dengan menggunakan celengan tidak pernah ketinggalan zaman. Gunakan celengan untuk menyimpan uang kecil yang jarang kamu gunakan. Asalkan rutin melakukannya, tabungan dalam celengan kamu akan mencapai nilai yang besar setelah beberapa bulan.

10. Berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara mengatur keuangan yang terbaik. Bank biasanya menyediakan lahan investasi, bahkan untuk orang yang baru bekerja sekalipun. Pilihlah lahan investasi yang stabil dan menjanjikan. Pertimbangkan juga risiko yang kamu hadapi saat berinvestasi.

Apa pun metode yang kamu terapkan, aspek terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran. Gunakan rumus sederhana, yakni pendapatan dikurangi tabungan sehingga diperoleh angka pengeluaran. Ini akan membantumu mengontrol jumlah pengeluaran sehingga tabungan tetap aman.

Cari Artikel Lainnya