0
222
0
Tanaman Penyerap Polusi Ini Bakal Bikin Kamar Kost Kamu Jadi Segar
4 months 'ago'

views

Kamar Jadi Segar Dengan Tanaman Penyerap Polusi

Mediatani – Tanaman penyerap polusi ?? ah masa sih ada?? Jawabnya adalah “iya” ada. Tanaman melalui mekanisme fisiologinya menyerap berbagai unsur di udara bebas dan mengeluarkan oksigen.

Akan tetapi, tidak semua tanaman punya kekuatan yang sama loh. Tanaman penyerap polusi adalah jenis yang daya serap karbon dan racun lainnya lebih kuat dibanding yang lain.

Wah, bisa jadi segar dong kamar kostan kita yang entah pengapnya seperti apa. Apakah itu dari asap rokok yang ngebul hampir sepanjang malam di kamar, atau memang kamar kostnya nggak punya ventilasi.

Hahaha, maklumlah namanya juga anak kost. Murah meriah, asal muat, sikaaat!!!

Nah, untuk mengatasi masalah kepengapan dan menyingkirkan polusi di kamar kost sobat sekalian, ada baiknya kalua kamu coba menanam tanaman penyerap polusi ini di dalam kamar atau di sekitar pintu kostan kamu.

Cara menanam dan perawatannya juga gampang, bibit tanaman nya gampang ditemukan. Yuk, check this out!!!

Tanaman Bunga Aster Gerbera

Aster Gerbera

Tanaman penyerap polusi yang pertama adalah Bunga Aster Gerbera. Tanaman hias Bunga ini cocok juga lho untuk kamu yang sering menderita insomnia.

Kenapa? Karena insomnia kadang disebabkan oleh gangguan pernafasan saat sobat sekalian hendak tidur.

Bunga Aster Gerbera punya kemampuan menghasilkan oksigen sangat banyak. Beberapa penelitian secara ilmiah membuktikan bahwa tanaman hias ini dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Tanaman ini juga ampuh untuk menyaring senyawa benzera dari bahan plastik sehingga cocok diletakan di ruangan khusus anak atau tempat bermain anak.

Cara merawatnya juga gampang sekali sobat sekalian, Cukup lakukan penyiraman secara teratur.

Jika cuaca terlalu panas, anda harus menyiram garbera dua kali dalam sehari untuk menjaga kelembaban tanah. Namun di musim hujan anda cukup sekali saja dalam satu hari dalam melakukan penyiraman.

Selain sebagai bunga potong yg dapat tahan sampai 3 minggu, Tanaman hias gerbera merupakan salah satu penghasil minyak atsiri untuk bahan baku industri minyak wangi, sabun dan kosmetik.

Kemampuannya dapat menghasilkan oksigen dan juga dapat membantu Anda yang memiliki masalah pernapasan. Selain itu ruangan pun akan nampak segar dan indah.

Masih banyak pilihan tanaman penyerap polusi yang bisa sobat pilih.

Bunga Peace Lily

Tanaman Penyerap Polusi, Peace Lily

Tanaman penyerap polusi yang kedua adalah Bunga Peace Lily. Wow, dari namanya aja udah terbayang bagaimana damainya lihat tanaman ini.

Tanaman ini mampu menyerap racun dalam ruangan yang ada di sudut rumah. Uniknya, tanaman Peace Lily justru tidak beracun sehingga aman jika ada anak kecil yang bermain di sekitarnya.

Tapi kok, anak kostan kok punya anak kecil sih. Anaknya ibu kost kali ya.

Tanaman hias peace lily terkenal mampu menghilangkan racun benzena dan formaldehida ini perlu cahaya dan kelembaban tinggi untuk tumbuh subur.
Cara perawatannya cukup mudah lho. Daunnya perlu sering disemprot dengan air hangat sebanyak dua kali sehari.

Tanaman peace lily juga tidak butuh sinar matahari yang banyak alias teduh saja.

Daunnya tipis dan bergelombang, tumbuh berkelompok, cocok sebagai tanaman meja, tahan hingga 14 hari dalam ruangan tanpa cahaya matahari.

Jika ingin terus ditempatkan dalam ruangan maka hendaknya dijemur beberapa jam tiap 2-4 hari sekali.

Masih banyak pilihan tanaman penyerap polusi yang bisa sobat pilih.

Tanaman Hias Pakis Boston

Tanaman Penyerap Polusi, Tanaman Hias Pakis Boston

Tanaman Penyerap Polusi berikutnya adalah Pakis Boston. Perlu diperhatikan, tanaman yang satu ini punya ciri yang spesifik. Tapi pasti sobat mudah mengenalinya.

Di setiap helai daunnya memiliki beberapa helaian lagi yang tampak seperti jumbai-jumbai.

Tanaman yang masih satu keluarga dengan pohon suplir ini bisa ditempatkan di lantai atau pot gantung.

Lembaran daunnya banyak, jadi oksigennya juga banyak dong. Ah, bukan itu teorinya.

Tanaman Pakis Boston menggunakan stomata sebagai penyedot racun formaldehid dan xylene, mengubahnya jadi zat bermanfaat.

Sobat sekalian cari bibit tanamannya deh, setelah itu letakkan di salah satu sudut kostan sobat lalu rawat biar tetap segar.

Cara merawatnya cukup mudah. Penyiramannya hanya dilakukan sehari sekali.

Ingat, tanaman pakis menyukai udara lembap dan juga tanah yang basah. Pastikan tanaman pakis dalam pot selalu basah tapi tidak terendam.

Tenang, Masih banyak pilihan tanaman penyerap polusi yang bisa sobat pilih.

Tanaman Miana atau Coleus

Tanaman penyerap polusi, Miana coleus

Tanaman penyerap polusi yang satu ini bernama Miana, juga popular disebut Coleus. Tanaman berdaun indah ini memiliki nama lengkap miana coleus red blance.

Jenis tanaman hias daun ini sangat kaya manfaat. Apalagi untuk kesehatan, tentunya karena bisa membantu sobat menyegarkan udara kamar.

Coleus (Solestemon) adalah tanaman hias yang hidup dengan baik didalam ruangan. Ia tak butuh banyak pupuk untuk bisa tumbuh.

Tanaman yang berasal dari daerah tropis ini dikenal mampu menyaring berbagai polutan di udara terutama polutan yang berasal dari asap rokok.

Masih banyak pilihan lainnya kok, Tuhan telah menciptakan banyak tanaman penyerap polusi. Cek yuk!!

Tanaman Sirih Belanda

Tanaman penyerap polusi, Sirih Belanda

Sirih belanda merupakan tanaman penyerap polusi yang paling popular. Tanaman ini bergelar devil’s Ivy (Scindapsus Aureus).

Tanaman sirih belanda ini ternyata sangat ampuh untuk menyerap racun dari asap rokok, Benzena serta Formaldehida.

Berdasarkan penelitian, dalam sehari tanaman ini mampu menyerap sekitar 50% kandungan dari masing-masing kedua racun tersebut.

Selain itu sirih belanda ini mampu menyerap gas Karbon Monoksida yang dihasilkan di rumah sebanyak 75%.

Menanam serta merawatnya mudah, itulah yang menjadi kelebih tanaman yang daunnya mirip bentuk hati ini.

Selain di dalam ruangan, Anda juga bisa menempatkannya di luar rumah seperti di teras serta pekarangan rumah.

Tanaman penyerap polusi selanjutnya yang dapat anda pilih adalah …

Tanaman Philodendron

tanaman penyerap polusi Philonderon

Tanaman penyerap polusi di kamar kostan sobat yang selanjutnya adalah Philodendron.

Philodendron tampil menarik bila dijadikan tanaman hias dalam pot (Pot plant).

Apalagi tanaman ini relatif bandel sehingga tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus, termasuk cara penanamannya.

Sebagai Tanaman penyerap polusi, Philodendron dikenal sebagai ‘pekerja keras’ untuk menyaring formalin dan bahan kimia beracun lainnya dari udara.

Lebih baik menempatkannya di daerah cahaya rendah, tanaman ini sangat mudah untuk beradaptasi di sana.

Tapi perlu sobat sekalian ingat, tanaman Philodendron bisa berbahaya bagi anak-anak dan hewan. Jadi baiknya simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak kecil.

Tanaman Schefflera

Tanaman Penyerap polusi, Schefflera

Tanaman penyerap polusi selanjutnya adalah Schefflera. Tanaman ini dikenal ampuh menyerap beberapa racun berbahaya di udara.

Tanaman perdu ini memiliki manfaat lain sebagai tanaman penyerap racun dursila yang ada di udara, dan yang tak kalah penting, tanaman ini mampu tumbuh di daerah gersang ataupun basah.

Tanaman Schefflera yang juga dikenal sebagai tanaman wali songo ini telah terbukti efektif untuk menyerap formaldehida, toluena dan benzene dari udara.

Dengan daun yang glossy yang meradiasi dari batang pusat, tanaman ini jugga dikenal sebagai tanaman payung di beberapa negara.

Jika Anda tertarik untuk menjadikan tanaman hias, tanaman walisongo bisa ditaruh di dalam pot atau ditanam langsung ke tanah.Hhmm cukup mudah bukan?

Tanaman Sansiveira

Tanaman penyerap polusi, Sanseivera

Tanaman penyerap polusi selanjutnya adalah Sansiveira. Tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan lidah mertua.

Tanaman Sansiveira ini memang sering dijadikan penghias interior rumah. Selain itu memang sangat diandalkan sebagai tanaman penyerap polusi.

Perawatannya memang sangat mudah, cukup ditempatkan di tempat yang tidak terlalu kering serta menyiramnya secara rutin saja.

Di balik tampilannya yang cerah ceria, tanaman ini ternyata memiliki kehebatan yang luar biasa yaitu bisa menyerap 107 unsur polutan berbahaya yang terkandung dalam udara, termasuk di dalamnya racun Formaldehida dari asap rokok.

Kemampuan serapnya pun cukup luas yaitu hanya satu pot untuk 150 m² ruangan.

Bahan aktif Pregnane dan Glikosid di dalam lidah mertua juga ternyata bisa menyerap radiasi dari peralatan-peralatan elektronik di dalam sebuah ruangan.

Tanaman Chlorophytum ( ‘spider plant’)

Tanaman Penyerap Polusi, Spider Plant

Tanaman penyerap polusi berikut ini bernama Chlorophytum ( ‘spider plant’) atau tanaman laba-laba.

Tanaman laba-laba ini memiliki bunga-bunga kecil yang indah. Pokoknya sedaplah dipandang daripada mantan sobat yang menyebalkan itu.

Namun tidak hanya cantik, Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman penyerap polusi di dalam ruangan.

Tanaman ini juga telah terbukti dalam sejumlah studi dapat menghilangkan beberapa jenis racun seperti benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena dari udara dalam ruangan.

Selain itu tanaman ini tidak berbahaya untuk hewan dan anak-anak.

Tanaman yang aslinya berasal dari Afrika Selatan ini sangat mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan.

Daunnya yang panjang dan rimbun tersedia dalam warna hijau atau strip kuning dan strip putih.

Batangnya yang panjang sebenarnya kokoh dan banyak ditumbuhi bunga putih.

Uniknya, banyak hal yang dapat Anda lakukan terhadap si tanaman cantik ini. Ketika batang tanaman Spider Plant telah menyentuh tanah, ia akan mengakar.

Jadilah Spider Plant Anda sebagai tanaman yang juga dapat merambat. Jika Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, Anda tinggal memotong batang yang sudah terlalu panjang dan meletakkannya di pot lain. Maka, voila, Anda mendapatkan Spider Plant yang lain!

Masih ada nih, Tanaman Penyerap Polusi yang dapat anda pili.

Tanaman Ivy

Tanaman Penyerap Polusi, Tanaman Ivy

Tanaman hias “ivy” merupakan tanaman hias yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman penyerap polusi di kamar kostan kamu yang lembab.

Tanaman ivy cocok untuk ditumbuhkan pada kondisi pencahayaan rendah.

Tanaman hias Ivy cukup kuat untuk menyerap polutan di antaranya; benzena, karbon monoksida, formaldehida dan trichloroethylene.

Hal ini juga membantu menghilangkan beberapa alergen, misalnya jamur.

Untuk mempermudah proses penanaman tanaman English ivy, Anda bisa memulainya dengan memotong tanaman English ivy secukupnya dari tanaman yang sedang bertumbuh dan berkembang.

Gunakan pisau yang tajam supaya tanaman tidak menjadi rusak.

Dengan menggunakan botol penyemprot, basahi tanah hingga menjadi lebih lembab, namun jangan sampai terlalu basah.

Ada pun cara alternatif lainnya, Anda bisa menanam English ivy dalam pot dan berikan tanah serta perairan secukupnya saja, kalau bisa gunakan pot yang berlubang di bagian bawahnya.

Itulah tadi beberapa Tanaman penyerap polusi yang bisa sobat tanam di dalam kamar atau sekitar pintu kostan sobat.

Perlu sobat sekalian sadari, tubuh kita harus tetap sehat. Karena kita beraktivitas bukan hanya dengan otot. Tetapi Otak kita juga Lelah bekerja seharian.

Kehadiran tanaman penyerap polusi di sekitar kita bisa meringankan beban tubuh dari gangguan polutan atau racun.

Dengan udara yang sehat, jiwa jadi tenang, pikiran juga jadi ikut adem bukan?

Jika ada tanaman lain yang sobat ketahui namun belum diulas di atas, mohon beritahu kami di kolom komentar yah.

Daan, Jangan lupa share ke rekan-rekan sekalian yang kamar kostannya banyak polusi. Kasihan kalua umurnya terlalu singkat di dunia.

Ayo, mulai bergaya hidup sehat mulai dari saat ini juga. Revolusi mental ini mulai dari kamar tidur sobat sekalian!!!

Follow Us On :
Ranking
1
azzahra
155
2
3
4
5
Lencana
Kongkow