Home » Kongkow » Kesehatan » Atasi Insomnia, Salah Satu Manfaat Buah Markisa

Atasi Insomnia, Salah Satu Manfaat Buah Markisa

- Selasa, 25 Agustus 2020 | 17:00 WIB
Atasi Insomnia, Salah Satu Manfaat Buah Markisa

Buah Markisa(Foto: Istimewa)

Jakarta – Insomnia adalah adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur. Biasanya insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur serta perilaku yang tidak sehat (seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang dan penggunaan kafein).

Untuk mengatasi insomnia, hindari konsumsi makanan yang menyebabkan Anda sulit tidur. Konsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti markisa, dipercaya membuat Anda tertidur lebih awal karena selain kaya rasa ternyata markisa banyak mengandung vitamin dan mineral.

Dilansir Boldsky (19/2/2018), berikut manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Meningkatkan Imunitas

Markisa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena buah itu mengandung antioksidan dan senyawa tertentu. 100 gram markisa mengandung 30 miligram vitamin C. Vitamin ini membantu mengurangi radikal bebas dari tubuh. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sibuk dan butuh banyak asupan vitamin ini.

2. Anti-kanker

Mengonsumsi buah markisa dapat meningkatkan aktivitas anti-karsinogenik di tubuh, yang membantu mencegah kanker. Polifenol, antioksidan dan karotenoid hadir dalam markisa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya untuk kanker paru-paru dan kanker mulut.

​​​3. Menyembuhkan insomnia

Seseorang yang rajin minum segelas jus buah markisa mendapatkan efek menenangkan pikiran. Buah ini dianggap dapat melemaskan saraf Anda oleh karena, itu orang yang menderita insomnia dan gangguan tidur lainnya, disarankan untuk makan buah ini langsung atau diolah menjadi jus yang segar.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dapat menguntungkan mata, karena akan membantu mencegah katarak, rabun senja dan degenerasi makula. Jumlah antioksidan yang signifikan yang hadir dalam markisa, semakin meningkatkan berfungsinya membran di dalam tubuh.

5. Baik untuk pencernaan

Karena tinggi serat, buah markisa punya efek pencahar alami, sehingga dapat melancarkan usus. Anda pastinya terhindar dari masalah perut mulas, sembelit, sakit lambung dan masalah gangguan usus lainnya.

6. Mengurangi tekanan darah

Buah ini juga mengandung tinggi potasium yang bertindak sebagai vasodilator. Mineral hadir dalam buah ini mendorong kesehatan jantung, meningkatkan aliran darah dan melemaskan ketegangan pembuluh darah. Maka sangat cocok bagi Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi buah markisa setiap hari.

7. Obat asma

Buah Markisa sangat bergizi dan sehat dan mengandung vitamin penting, yaitu vitamin C. Vitamin ini mencegah gejala asma dan membantu menenangkan serangan asma. Secara efektif, buah ini jadi obat untuk mengurangi mengi dan batuk.

Cari Artikel Lainnya