0
58
0
Jangan Sedih, Sebagai Pengangguran, Ini Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan
4 months 'ago'

Menjadi pengangguran bisa jadi masa-masa ujian hidup yang cukup sulit dijalani. Kadang, masa ini bisa berubah menjadi kelam dan tidak berwarna ketika tidak dijalani dan diisi dengan kegiatan yang baik.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan demi menjaga keseimbangan hidup, dan kesehatan mental serta tubuhmu di masa ini guna menjemput kehidupan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Buat rencana hidup harian dengan jadwal teratur

Menjadi pengangguran memang menyebalkan, namun ketahuilah bahwa hal ini bersifat sementara dan kamu akan dapat dengan cepat keluar dari situasi tersebut. Salah satu cara untuk tetap bersikap positif adalah dengan menjaga hidup teratur dan menciptakan jadwal keseharian untuk diikuti.

Menganggur dan mencari kerja adalah masa-masa paling rawan stres. Jadi, menjaga pikiranmu tetap sehat adalah dengan menjalani rutinitas dengan teratur untuk menjaga kesehatan fisik yang akan berdampak baik juga pada mentalmu.

Kamu dapat membuat jadwal mulai dari jam untuk bangun pagi, lalu apa yang akan dilakukan setelahnya. Misalnya dengan menentukan jam makan siang, dan menentukan apa yang perlu kamu lakukan setelah itu.

Lalu, cobalah untuk menentukan kegiatan apa yang dapat mengisi waktumu, dan bermanfaat demi meningkatkan pengetahuan serta kemampunmu, sampai pada akhirnya tidur dengan jam yang teratur.

Sempatkan waktu untuk berolahraga

Kegiatan satu ini wajib menjadi salah satu cara menghabiskan hari-harimu sebagai pengangguran. Berolahraga baik untuk menjaga dirimu untuk tetap merasa antusias, dan juga menjaga kesehatan mentalmu.

Rutin berolahraga juga mampu menjaga pikiranmu untuk tetap positif. Pasalnya, saat olahraga tubuhmu akan mengerlukan hormon endorfin yang dapat membuatmu merasa lebih baik.

Pelajari hal baru dan tingkatkan kemampuanmu

Menurut penelitian, perubahan pesat pada teknologi menciptakan lubang kemampuan yang cukup besar dari para kandidat pencari kerja sehingga membuat beberapa posisi sulit untuk diisi.

Jadi, penting untuk berusaha selalu belajar dan mengikuti perkembangan skill terbaru yang dibutuhkan. Tunjukkan bahwa kamu menyempatkan waktu untuk belajar hal baru.

Kamu juga dapat mempelajari hal baru dengan mengikuti kursus yang dapat memberikan sertifikasi kemampuan. Dengan begini, nilai jualmu sebagai seorang pencari kerja juga akan bertambah nantinya.

pengangguran - EKRUT

Tentukan jalur karir dan dapatkan pekerjaan yang sesuai

Kegiatan utama yang perlu kamu banyak lakukan selama menganggur tentunya adalah kegiatan melamar pekerjaan. Agar lebih efektif, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Situs seperti ini umumnya sudah bekerja sama dengan beragam perusahaan, dan berbasis data science. Di mana kamu akan lebih mudah ditemukan oleh perusahaan yang cocok.

Caranya? Cukup dengan mendaftarkan dirimu dengan menggunakan akun LinkedIn dan pihak talent marketplace akan menghubungimu.
Kamu tidak perlu menyebarkan cv ke sana-kemari dan khawatir kamu melakuan kesalahan dalam melamar. Mudah, bukan? Kamu pun bisa menghemat waktumu dengan terus meningkatkan kemampuan diri.

Bekerja freelance dari rumah

Selagi menunggu tawaran kerja baru, cobalah untuk bekerja freelance. Kini, banyak sekali pekerjaan freelance yang dapat diikuti. Apalagi, sudah banyak juga situs yang menyediakan lowongan pekerjaan freelance yang dapat dilakukan dari rumah.

Selain mampu meningkatkan pengalaman kerja, freelance juga dapat membantumu mengisi kekosongan pendapatan.
Jadi, meski sedang menganggur, dengan freelance kamu tetap akan mendapat penghasilan yang lumayan. Uang ini bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup, atau bahkan meningkatkan kemampuanmu lho.

Ciptakan koneksi sebanyak mungkin

Ada beragam cara dalam mendapatkan pekerjaan. Mulai dari mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace, hingga koneksi atau kenalan yang kamu punya. Jadi, manfaatkanlah masa menganggur untuk mencari koneksi baru atau menghubungi kawan-kawan lama.

Berusahalah untuk menjaga koneksimu dengan orang-orang di sekitarmu dan ciptakan kesan yang baik untuk mereka. Sehingga sewaktu-waktu, salah satu dari mereka mungkin saja memiliki lowongan yang cocok untukmu.

Mengganggur memang dapat membuat seseorang merasa sedih, dan menurun rasa percaya diri. Tapi ingatlah, bahwa baik kesenangan maupun kesedihan tidak akan selamanya.

Percayalah bahwa dengan semangat yang terus kamu jaga, dan terus meningkatkan kemampuanmu, kamu akan mampu menjemput kehidupan yang lebiih baik. Jadi, yuk coba lakukan beberapa hal di atas!

Tetap semangat, ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow