999 +
0
75
0
5 Cara mengatasi ganggguan kecemasan di tempat kerja
4 weeks 'ago'

Memiliki gangguan kecemasan akan sedikit menghambat dan menyulitkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor. Pasalnya, gangguan ini terbukti akan menyulitkan penderitanya untuk fokus sehingga rasanya mustahil untuk menyelesaikan pekerjaan.

Perlu kamu ketahui, gangguan kecemasan berbeda dengan rasa cemas yang umum dialami. Faktanya bahkan rasa cemas dibutuhkan tubuh sebagai sinyal bahaya atau kondisi tertentu. Sedangkan gangguan kecemasan sendiri adalah kondisi di mana seseorang mengalami rasa gelisah, takut, dan khawatir yang berlebih.

Kondisi ini dapat ditandai dengan sesak napas, jantung berdebar-debar, atau bahkan berkeringat dingin. Nah agar tidak terus mengganggu, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi gangguan ini ketika terjadi padamu.

Berikut ini adalah  cara dalam mengatasi gangguan kecemasan yang mungkin terjadi di tempat kerja!

1. Tarik napas dalam-dalam dan atur perlahan

Ketika merasa cemas berlebihan mulai melandamu di kantor, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Setelah itu, coba atur pernapasanmu menjadi lebih teratur. Sebab, menurut ahli, menghirup oksigen mampu membantu untuk menenangkan diri.

Pastikan juga caramu mengatur napas sudah benar. Kamu dapat melakukannya dengan menaruh tangan di atas perut. Ketika menarik napas, perutmu harus mengembang, dan ketika menghela napas, perutmu harusnya mengempis.

Selain berusaha bernapas secara benar dan teratur, menarik napas dalam-dalam selama lima detik juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Cobalah ulangi hal ini selama beberapa kali sampai kecemasan mereda dan degup jantungmu kembali normal seperti sebelum cemas.

2. Tenangkan diri dengan memikirkan hal baik yang terjadi padamu

Biasanya, penderita gangguan kecemasan juga merupakan orang yang perfeksionis, ambisius terhadap pencapaian, dan terbiasa menjaga harapan yang cukup tinggi pada diri sendiri. Jadi, ketika ada suatu hal dalam hidup yang berjalan dengan kurang baik, gangguan ini dapat dengan mudah muncul.

Sifat-sifat di atas dapat sangat memicu rasa cemas karena penderita akan merasa marah terhadap dirinya sendiri setiap tidak mendapatkan atau menjadi yang terbaik. Hal ini juga dapat membuat penderita memperlakukan dirinya dengan buruk dan memperparah kondisi cemas.

Jadi, ketika kecemasan melandamu akibat adanya sebuah kesalahan atau ketidaksempurnaan yang terjadi, cobalah untuk menenangkan diri. Kamu dapat memikirkan hal baik yang ada pada dirimu atau terjadi padamu. Coba juga untuk terus mengingat bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini.

gangguan kecemasan - EKRUT

3. Keluar ruangan dan hirup udara segar

Jika memungkinkan, ketika merasa kecemasan mulai mengganggu, cobalah untuk berjalan keluar ruang kantor untuk mencari udara segar. Hal ini dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat menenangkan hati dan pikiranmu.

Atau, kamu juga bisa mencari tempat sepi di area kantormu untuk sejenak menenangkan pikiran dan hati. Terkadang, duduk terlalu lama di depan komputer juga dapat menimbulkan stres yang akhirnya mengarahkan pada rasa cemas.

4. Selalu persiapkan diri untuk semua urusan pekerjaan

Gangguan kecemasan dapat dipicu oleh stres, dan stres terkadang datang akibat kurangnya persiapanmu dalam menghadapi sesuatu. Misalnya, gangguan kecemasan yang terjadi sebelum kamu harus presentasi saat meeting dengan atasan.

Pastikan kamu telah mempersiapkan yang terbaik untuk hal yang mungkin akan menimbulkan rasa gugup dan kecemasan. Sehingga ketika saat itu datang dan kamu tidak memiliki apa-apa lagi untuk dicemaskan.

gangguan kecemasan - EKRUT

5. Ceritakan kecemasan dengan teman terdekat

Cara satu ini dapat sangat membantumu untuk menghilangkan perasaan cemas yang sedang melanda. Jika kamu memiliki seseorang yang dapat dipercaya untuk membicarakan hal ini dan dia cukup mengerti bagaimana cara untuk menenangkanmu, hal ini akan membantumu berpikir bahwa kamu mampu melaluinya.

Jadi, jangan malu dan merasa gengsi untuk menghubungi temanmu ketika sedang mengalami gangguan kecemasan. Karena ternyata, cara tersebut justru baik dan ampuh dalam mengatasi gangguan yang kamu alami.

Selain beberapa hal di atas, dalam mengatasi gangguan kecemasan, kamu juga dapat melakukan beberapa hal lain seperti menjaga gaya hidup sehat, makan makanan sehat, perbanyak minum air putih, dan menjalani olahraga rutin. Jangan lupa juga untuk bersikap realistis terhadap diri sendiri.

Nah, itu dia cara untuk mengatasi gangguan kecemasan yang dapat melandamu ketika sedang bekerja. Jadi, ketika hal tersebut datang, terapkan saja hal-hal di atas, ya. Jangan malah merasa panik, karena hal tersebut dapat memperparah keadaan.

Semoga kamu tidak mudah terserang gangguan cemas lagi, ya!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow