0
55
0
Cari Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah, Kenapa Tidak?
5 days 'ago'

Setelah menempuh jenjang pendidikan hingga ke bangku kuliah, siapa sih yang tidak ingin cepat kerja? Hidup mandiri dan menghasilkan uang dengan usaha sendiri tentu menyenangkan. Kamu bahkan bisa mencari kerja sebelum lulus kuliah, misalnya di semester akhir. 

Tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri bukan? Sebab, di kala teman-temanmu belum mendapatkan kerja kamu sudah selangkah lebih maju dalam mengembangkan karier. Nah, apa saja sih tips dapat pekerjaan sebelum lulus kuliah? 

Aktif di media sosial untuk pekerjaan profesional

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mencari kerja sebelum lulus kuliahadalah dengan aktif di media sosial profesional. Salah satu platform yang paling populer saat ini adalah LinkedIn. Kamu bisa membuat akun di media sosial tersebut, menulis profil dan mendokumentasikan prestasi dan pengalaman akademik, misalnya.

Cantumkan semua kegiatan yang pernah kamu ikuti. Mulai dari acara ekstrakurilkuler hingga praktik kerja lapang pada liburan akhir semester. Tim rekrutmen bisa menemukan kamu di media sosial ini. Mereka juga akan melihat potensimu sebagai kandidat.

Perbanyak pengalaman magang

Pengalaman magang bagi fresh graduate akan menjadi nilai tambah tersendiri. Pasalnya, dengan pengalaman magang, kamu bisa memperlihatkan komitmen dan cara kerjamu. Kamu tidak akan merasa rugi karena berkesempatan untuk menunjukkan diri sekaligus mendapat uang saku. Bisa jadi, tawaran pekerjaan tetap akan datang setelah kamu lulus kuliah nanti. Kamu pun berpotensi menjadi pilihan utama saat melamar di perusahaan itu kelak.

Membangun jaringan

Selain aktif di media sosial serta memperbanyak pengalaman magang, kamu juga harus melakukan networking atau membangun jaringan. Cobalah mengawalinya dengan mencari akun orang-orang yang sukses dalam pekerjaan impianmu di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Dengan demikian, kamu sudah terhubung dengan orang-orang yang bisa melihat talentamu di berbagai media sosial.

Kamu juga bisa membangun jaringan dengan para alumni dari kampus. Biasanya, divisi administrasi universitas menyimpan data mereka. Cobalah untuk bertanya, mencari dan berhubungan dengan para alumni tersebut. Selain itu, biasanya alumni juga mengadakan pertemuan tahunan pada acara himpunan alumni atau ulang tahun universitas. Kamu bisa datang ke acara tersebut, jika dibuka untuk peserta non-alumni.

Konsultasi dengan mentor maupun dosen 

Jika kamu belum mendapat pekerjaan, maka teruslah belajar untuk bisa lebih baik. Kamu bisa menimba ilmu dari orang-orang sukses dan berpengalaman di bidang yang kamu inginkan. Sebisa mungkin, pilihlah mentor yang mudah dihubungi. Misalnya, profesor dan dosen di kampus atau pegawai senior di tempat magang.

Mulai datangi job fair

Tak perlu menunggu lulus untuk menjadi pengunjung job fair. Dari sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan tim rekrutmen perusahaan. Kamu bahkan dapat menggali lebih dalam mengenai kriteria-kriteria posisi tertentu. Dari sini kamu juga lebih luas mengenal spektrum posisi-posisi dalam pekerjaan. Kamu boleh kok mulai menyebar lamaran. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menguji kemampuanmu menyusun dalam menyusun resume, lho.

Dengan cara tersebut, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah dengan mudah. Rajinlah mencari mencari peluang kerja. 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow