999 +
0
45
0
Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Yuk Fokus Akan 5 Hal Ini!
3 months 'ago'

Menjadi mahasiswa memang dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi yang menjalaninya. Namun, tantangan di dunia perkuliahan tampaknya lebih banyak dibanding saat SMA atau tingkatan sekolah sebelumnya. Seorang mahasiswa dituntut untuk mandiri. Oleh karena itu, mahasiswa harus bisa mengatur waktu dengan baik.

Tapi tetap saja masih banyak mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan kuliah karena banyaknya godaan di depan mata. Sebagai mahasiswa kamu memang harus fokus dan tidak banyak tergoda melakukan hal-hal yang menganggu.

Berikut adalah tips menjadi mahasiswa berprestasi, kamu hanya perlu fokus melakukan hal ini!

Tips menjadi mahasiswa beprestasi yuk fokus membagi waktu antara pacaran dan belajar

Ada yang bilang, masa-masa SMA adalah masa terindah untuk memiliki seorang pacar, namun tidak sedikit juga orang yang mengatakan bahwa pacaran sebaiknya dijalin pada masa kuliah. Memang masa kuliah adalah masa di mana usia kita sudah cukup matang untuk menjalin hubungan yang lebih serius.

Namun alasan ini seringkali membuat mahasiswa yang seharusnya lebih fokus menyelesaikan kuliah, malah lebih fokus dengan masalah percintaan. Apalagi kegalauan yang datang membuat banyak mahasiswa merasa malas untuk belajar. Tentu saja  menjalin hubungan itu boleh, tapi harus ingat bahwa tugas utama mahasiswa adalah belajar.

Fokuslah untuk menyelesaikan kuliah, mendapat pekerjaan, lalu dapat membahagiakan pasangannya. Tips menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa kamu contek adalah dengan cepeat menyelesaikan kuliah dengan nilai bagus. Boleh memiliki pacar tapi kamu tetap harus fokus pada kuliah.

Hindari mencari pekerjaan saat kuliah

Bekerja adalah salah satu alasan mengapa fokus mahasiswa sering terbagi-bagi. Alasan mahasiswa untuk bekerja sambil kuliah juga sangat bervariasi, mulai dari yang sekedar mencari pengalaman, ingin menambah uang saku, hingga yang ingin meringankan beban ekonomi keluarga.

Kalau sejak awal kamu telah bertekad  untuk membagi waktu antara kuliah dan bekerja sesuai porsinya, maka kamu adalah tipe mahasiswa yang patut diacungi jempol. Namun, yang menjadi masalah adalah mahasiswa yang tidak mau atau tidak tahu mengatur waktu antara jam kuliah dan jam kerja. Ia malah lebih fokus pada pekerjaan karena dapat menghasilkan uang.

Jika kamu adalah mahasiswa yang ingin cepat lulus tapi tetap ingin bekerja, aturlah waktumu dengan baik, jangan terlalu fokus pada satu hal.

Jangan terlalu fokus berorganisasi sampai tidak tahu waktu

Fokus berorganisasi juga menjadi alasan klasik mahasiswa untuk tidak fokus kuliah. Banyak mahasiswa yang memilih lebih dari lima organisasi di kampus, sehingga waktunya banyak tersita untuk rapat organisasi, bukannya mengerjakan tugas-tugas kuliah. Bahkan di beberapa tempat, banyak mahasiswa yang datang ke kampus hanya sekedar mengisi absen, lalu meninggalkan kelas karena ada kegiatan organisasi di luar.

Aktif dalam organisasi memang sangat penting, baik untuk melatih kemampuan bersosialisasi, maupun keahlian dalam bidang kepemimpinan. Namun, terlalu fokus pada kegiatan organisasi sering membuat mahasiswa malah melupakan prioritas utamanya sebagai mahasiswa. Sebaiknya, pilihlah organisasi atau aktivitas lain di kampus yang memang mendukung kuliah atau pekerjaanmu di masa depan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak!

Lebih fokus untuk jalan-jalan dan main

Tipe mahasiswa yang suka jalan-jalan? Jalan-jalan memang sangat menyenangkan apalagi kamu yang memang hobi travelling. Masalahnya kamu sebagai mahasiswa bisa lupa waktu ketika sering travelling. Nah, biasanya mahasiswa berprestasi berbagi tips mahasiswa berprestasi salah satunya adalah dengan menyarankan untuk tidak jalan-jalan.

Perbedaan dunia perkuliahan dengan dunia SMA atau sebelumnya sangat jelas di sini. Di SMA, ketika siswa sering tidak masuk karena lebih mengutamakan pergi jalan-jalan, pasti guru akan memberinya peringatan. Namun, di perkuliahan, mahasiswa lebih dibebaskan untuk menentukan pilihan: apakah ia ingin masuk kelas atau memilih untuk jalan-jalan.

Dan ya, tentu saja banyak yang memilih pergi jalan-jalan, karena berwisata memang salah satu godaan yang paling kuat di tengah lelahnya belajar. Hasilnya, sang mahasiswa ‘petualang’ yang ingin cepat-cepat lulus kuliah dan segera bekerja, harus rela kehilangan mimpinya itu karena terlalu sering bolos.

Tidak fokus sama sekali

Wah, tipe yang ini memang sangat sulit ditolerir. Bagaimana tidak, sama sekali tidak fokus pada sesuatu pastinya tidak bisa membuat seseorang sukses. Apalagi di dunia perkuliahan, fokus adalah senjata andalan yang harus selalu dibawa kemanapun seorang mahasiswa pergi.

Tipe mahasiswa yang benar-benar tidak fokus sama sekali pada apapun di dunia perkuliahan, ditandai dengan kebiasaan yang selalu mengantuk di kelas, jarang atau tidak pernah mengerjakan tugas, bahkan tidak tahu apa tujuannya kuliah.

Jadi, ShopBack, apakah kamu termasuk tipe mahasiswa seperti itu? Kalau iya, lebih baik cari kegiatan lain yang benar-benar sesuai dengan minatmu. Tips mahasiswa berprestasi ini bisa sangat menguntungkan untukmu di kemudian hari. Bukan hanya harus pintar membagi waktu, kamu juga harus pintar-pintar memanfaatkan kesempatan.

Karena bagaimanapun juga, setiap manusia akan senang melakukan hal yang sesuai dengan minatnya. Mungkin kamu tidak menemukan minat di dunia perkuliahan, mungkin di dunia bisnis atau yang lain. Yang penting, tetap semangat dan cobalah untuk fokus pada masa depan!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow