0
28
0
5 Jenis Tanaman Hortikultura
4 weeks 'ago'

 

jenis tanaman hortikultura

Pernahkah Anda mendengar istilah “Hortikultura”? Nah… buat yang berkecimpung di dunia pertanian, pasti istilah ini tidak asing lagi.

Namun bagi sebagian orang mungkin agak asing. Memang bisa saja kamu pernah mendengarnya, tapi tidak tahu artinya.

Tidak masalah… karena pada artikel kali ini kita akan membahas seputar tanaman Hortikultura. Intinya hortikultura itu adalah jenis tanaman.

Berikut penjelasannya:

Hortikultura merupakan istilah untuk menyebut beberapa jenis tanaman yang bisa dibudidayakan. Kata “hortikultura” sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu: “hortus” (tanaman kebun) dan “cultura/colere” (budidaya).

Jadi hortikultura bisa diartikan sebagai budidaya tanaman yang dilakukan di kebun atau pekarangan. Jadi boleh juga ditanam di lahan – lahan sempit.

Pastinya hasil tanaman ini bisa memberikan keuntungan bagi kita, karena bisa dikonsumsi sendiri maupun untuk di jual.

Jenis tanaman hortikultura terbagi menjadi 5 bagian, yakni:

  1. Tanaman buah / frutikultur
  2. Tanaman sayuran / olerikultura
  3. Tanaman bunga / florikultura
  4. Tanaman obat / biofarmaka
  5. Taman / lansekap

Berikut penjelasan dari masing – masing jenis hortikultura:

1. Tanaman buah / frutikultur

jenis tanaman holtikultura

Tanaman buah merupakan jenis tanaman yang mampu dipanen untuk diambil buahnya. Tanaman ini merupakan tanaman musiman karena tidak setiap kali berbuah.

Namun, ada juga tanaman buah yang hanya dapat berbuah dalam satu periode saja, seperti semangka dan melon. Contoh tanaman yang berbuah musiman adalah rambutan, mangga, jeruk dan beberapa jenis buah lainnya.

2. Tanaman sayuran/olerikultura

Tanaman sayuran banyak sekali dijumpai di sekitar kita, karena kita pasti sangat butuh sayuran untuk dikonsumsi. Menanam sayuran juga mudah, kita dapat menanam sayur di lahan yang sempit seperti pekarangan rumah.

Sayuran dapat ditanam secara musiman dana secara tahunan. Tanaman yang tumbuh di musim tertentu misalnya bawang merang, bawang putih, wortel, kangkung, lobak, kol, kubis, dan tomat.

Sayuran tahunan merupakan sayuran yang bisa ditanam sepanjang tahun tanpa terikat dengan lingkungan atau jenis musim. Contoh sayuran ini adalah melinjo, jengkol, dan petai.

3. Tanaman bunga/florikultura

jenis tanaman holtikultura

Tanaman bunga merupakan jenis tanaman yang biada digunakan sebagai tanaman hias. Jenis bunga sangat beraneka ragam.

Cara penanamannya pun sangat beragam, ditanam di pot seperti bunga mawar, melati, bunga kenanga dan beberapa jenis bunga lainnya. Ada yang menempel di kulit pohon seperti bunga anggrek.

Bunga akan menambah estetika suasan taman atau pun ruangan.

4. Tanaman obat / biofarmaka

Tanaman obat merupakan tumbahan yang mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman ini diyakini oleh nenek moyang kita berabad – abad tahun lamanya.

Tanaman obat saat ini telah berkembang di masyarakat dengan banyaknya dibudidayakan Tanaman Obat Keluarga, atau biasa disingkat dengan TOGA. Terdapat banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat, antara lain jahe, kunyit, daun dewa, daun sirsak, daun sirsak.

Tanaman obat sendiri dibedakan atas 2 jenis, yakni:

  • Tanaman obat non rimpang yaitu tanaman obat yang berasal dari buah, bunga, daun, batang maupun akar. Seperti: lidah buaya, mahkota dewa, kulit manggis, kayu manis dan lain sebagainya.
  • Tanaman obat rimpang adalah tanaman obat yang berasal dari rimpang/umbi tanaman. Contoh tanaman jenis temu (seperti temu lawak), jahe, lengkuas, kunyit, kencur dan lain sebagainya.

5. Taman /lanskap

Taman atau lanskap merupakan tanaman yang ditanam pada lahan yang membuat nilai keindahan tempat bertambah.

Beberapa contoh taman yakni taman bergaya Bali, taman gaya Jawa, taman gaya Perancis, taman gaya Jepang dan lain sebagainya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow