Home » Kongkow » Kesehatan » Ternyata kuning telur juga bermanfaat untuk rambut loh

Ternyata kuning telur juga bermanfaat untuk rambut loh

- Senin, 22 April 2019 | 21:41 WIB
Ternyata kuning telur juga bermanfaat untuk rambut loh

Kuning telur tak hanya enak disantap sebagai makanan, tapi juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut. Penasaran apa saja manfaat kuning telur untuk rambut atau seperti apa cara penggunaannya? Tenang, Anda bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Nutrisi yang terkandung dalam kuning telur
Sebelum mencari tahu apa saja manfaat kuning telur bagi rambut, Anda perlu memahami dulu apa saja yang terkandung dalam kuning telur. Kuning telur kaya akan gizi makro dan mikro seperti:

Protein
Lemak
Kolesterol
Karbohidrat
Kalsium
Zat besi
Magnesium
Fosfor
Kalium
Natrium
Zink
Tak hanya itu, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, B9 (folat), B12, A, E, D, dan K juga terkandung dalam kuning telur. Kuning telur yang berasal dari bebek, burung puyuh, dan ayam kampung mengandung lebih banyak nutrisi penting dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Manfaat kuning telur untuk kesehatan rambut
1. Membantu merawat rambut rusak
Kuning telur kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu memperbaiki dan mencegah kerusakan rambut menjadi semakin parah. Kuning telur biasanya digunakan untuk melembapkan rambut yang kering. Kandungan vitamin A, E, biotin, zat besi, serta folat bisa menjadi ramuan ampuh untuk rambut yang rusak. Pasalnya para peneliti menyatakan bahan-bahan tersebut penting untuk pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

2. Menguatkan akar rambut
Mengoleskan kuning telur langsung ke kulit kepala sama saja dengan mengoleskan akar rambut dengan berbagai vitamin dan mineral. Dengan begitu, rambut baru yang akan tumbuh pun jauh lebih kuat dan tidak mudah rusak apalagi rontok. Rambut pun akan tampak lebat alami.

3. Melembutkan rambut
Telur mengandung lesitin bisa membantu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Lesitin berfungsi sebagai emolien yang membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau.

4. Mengurangi ketombe pada rambut
Untuk Anda yang memiliki rambut berketombe, menggunakan kuning telur sebagai masker rambut patut dicoba. Kandungan sulfur yang tinggi pada kuning telur membantu meredakan gejala ketombe seperti gatal, dan bisa mengurangi ketombe itu sendiri.
1. Masker rambut
Membuat masker rambut berbahan dasar kuning telur bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan manfaat kuning telur yang maksimal. Ada berbagai cara untuk mengolah kuning telur sebagai masker. Bisa Anda oleskan langsung tanpa tambahan apa pun, bisa juga menggunakan bahan lain seperti minyak zaitun.

Caranya mudah,  yaitu:

1. Menggunakan kuning telur untuk masker

Pisahkan kuning telur dari putihnya, kemudian tambahkan 1-2 sendok makan minyak zaitun.
Kemudian aduk hingga tercampur rata.
Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut secara merata.
Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut agar kandungan masker meresap lebih baik ke dalam lapisan rambut dan kulit kepala. Namun, jangan digosok terlalu keras.
Diamkan selama kurang lebih 1 jam sambil menutup rambut dengan penutup kepala atau handuk hangat.
Bilas hingga bersih dan tidak ada sisa telur yang menempel.
2. Makan kuning telur
Selain mengoleskannya langsung ke rambut, Anda juga bisa makan telur secara rutin untuk mendapatkan manfaat kuning telur. Mengonsumsi telur untuk sarapan bisa memberi Anda tambahan protein, vitamin B, dan folat yang tak hanya baik untuk kesehatan rambut tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Akan tetapi, hati-hati kalau Anda alergi telur. Itu berarti Anda tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan ini dan jangan dioleskan ke rambut dan kulit kepala Anda. Perlu diingat juga, makan kuning telur kebanyakan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Cari Artikel Lainnya