0
58
0
5 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Berkebun Lho!
4 months 'ago'

Tak perlu menunggu punya lahan luas, kamu bisa memulai hobi berkebunmu dengan pot, benih tanaman, pupuk, air, dan kesabaran. Tak hanya mudah, berkebun juga termasuk hobi yang membawa segudang manfaat. Tahukah kamu kalau hobi berkebun dapat meningkatkan sistem imun dan menurunkan risiko terkena penyakit demensia?

Berikut 9 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari berkebun!

1. Meredakan stres 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berkebun dapat menurunkan tingkat hormon stres seseorang lebih baik dari membaca buku. Selain membuatmu menyatu dengan alam, dengan berkebun kamu bisa meninggalkan tekanan dan kesibukan sehari-hari. Berkebun akan membuat pikiranmu lebih jernih sebelum kembali pada rutinitas.

2. Meningkatkan sistem imun
Ketika berkebun, kamu akan memaparkan diri pada mikroba, kuman, bakteri, dan lain-lain. Namun, kamu tidak perlu takut. Selama kamu tidak menyentuh wajah dan selalu mencuci tangan setelah berkebun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Justru paparan rutin dan dini (pada anak-anak) dapat menguatkan sistem imun dan membuat tubuh lebih kuat melawan penyakit. Intinya, selalu jaga kebersihan diri, ya.

3. Meningkatkan kesehatan otak
Para peneliti menemukan fakta bahwa para lansia yang hobi berkebun memiliki risiko terkena penyakit demensia lebih rendah dari mereka yang tidak berkebun. Demensia merupakan jenis penyakit otak yang membuat penderitanya mengalami penurunan kemampuan berpikir, mengingat, berbicara, dan lain-lain. Kamu bisa mulai mengurangi risiko terkena penyakit ini lebih dini dengan berkebun.

4. Termasuk olahraga
Berkebun disebut-sebut setara dengan berjalan kaki atau bersepeda. Bagi para lansia, aktivitas ini bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, berkebun juga dapat menjaga kekuatan dan keterampilan tangan mereka. Kamu yang masih muda juga perlu mulai memerhatikan kesehatanmu dari sekarang. Berkebun bisa memotivasimu untuk banyak bergerak.

5. Mendorongmu untuk makan, makanan sehat
Menumbuhkan sayur atau buah-buahan sendiri akan mendorongmu untuk makan makanan sehat. Selain itu, kamu juga bisa memantau dan mengontrol sendiri bagaimana kamu menumbuhkan tanamanmu. Kamu bisa memilih sendiri pupuk dan pestisida yang aman.

Selain itu, tanaman hasil kebun sendiri mengandung lebih banyak nutrisi karena langsung dipetik, daripada sayuran di supermarket yang telah dipetik beberapa hari lalu.

Jadi tunggu apalagi? Mulailah berkebun dari sekarang ! Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dengan cara yang cukup sederhana dan menyenangkan

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow