999 +
0
261
0
Meski Kecil, Tapi Ini 7 Manfaat Sehat Terong Pokak/Rimbang
4 months 'ago'

Pernah melihat tanaman yang berbuah bulat-bulat kecil mirip Terong? Tanaman tersebut memiliki banyak sebutan, dari mulai Terong pipit, rimbang, takokak hingga pokak. Sebagaimana sayur terong pada umumnya, ternyata Terong pipit/pokak juga bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat untuk keluarga. Namun sayangnya, tak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengolahnya, sehingga mereka mengabaikan saja tanaman ini tumbuh liar atau bahkan menebangnya untuk dibuang. Padahal meski kecil, Terong pokak atau terong pipit ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Kira-kira apa yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan mengonsumsi Terong pokak/terong pipit? Agar lebih jelasnya, simak 7 Manfaat Sehat Terong Pipit/Rimbang/Takokak atau Pokak, berikut ini 

Kandungan Nutrisi dalam Terong Pipit/Takokak/Pokak atau Rimbang

Dalam Terong Pipit terdapat kandungan nutrisi yang luar biasa, diantaranya : Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin E, Vitamin K, nasunin, asam folat dan masih banyak yang lainnya.
Manfaat Sehat Terong Pokak 
Meski memiliki rasa yang kurang enak, namun terong pokak dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1.    Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan nutrisi dalam terong pokak ampuh membantu menjaga kadar gula darah sehingga menurunkan risiko penyakit diabetes.

2.    Menjaga berat badan ideal

Dalam terong pokak terdapat kandungan serat yang membantu mengenyangkan lebih lama serta melancarkan proses pencernaan.

3.    Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam terong pokak ampuh membantu melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi beban kerja jantung.  Dengan begitu, jantung akan lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung.

4.    Menjaga kesehatan otak

Kandungan gizi dalam terong pokak bermanfaat meningkatkan kemampuan otak serta mencegah dari penyakit yang mengancam otak.

5.    Mencegah penyakit anemia

Penyakit anemia bisa membuat seseorang mengalami beberapa gejala yang tidak mengenakkan, dari mulai : lelah, letih, lesu, pusing, dan masih banyak yang lainnya. Kebiasaan mengonsumsi terong pokak bermanfaat meningkatkan sel darah merah sehingga Anda akan terhindar dari penyakit anemia.

6.    Menghambat penuaan dini

Rutin mengonsumsi terong pokak bermanfaat menangkal paparan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

7.    Mengusir bakteri dalam tubuh

Bakteri menjadi salah satu penyebab penyakit dan berbagai masalah dalam tubuh. Nah, kandungan nutrisi dalam terong pokak bermanfaat mencegah dan mengusir bakteri yang ada dalam tubuh.
Semoga informasi yang berjudul Meski Kecil, Tapi Ini 7 Manfaat Sehat Terong Pokak/Rimbang diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow