Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Hal ini bisa membuat waktu luang kamu lebih bermanfaat!

5 Hal ini bisa membuat waktu luang kamu lebih bermanfaat!

- Sabtu, 11 Mei 2019 | 11:13 WIB
5 Hal ini bisa membuat waktu luang kamu lebih bermanfaat!

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, pasti akan ada waktunya kita mempunyai waktu luang. Nnaah, biasanya nih waktu luang itu dipakai untuk tidur-tiduran di kasur, bermalas-malasan di depan TV, dan seharian memainkan smartphone tanpa bosan. Banyak orang yang lebih memilih mengisi waktu luang dengan cara-cara seperti itu, padahal ada banyak cara lho yang membuat waktu luang kamu bisa lebih bermanfaat!

Kini, kamu harus merubah kebiasaan itu menjadi kebiasaan yang produktif!
“Aahh, tapi saya Lelah, capek, namanya juga waktu luang yaa harus dipakai untuk banyak-banyak istirahat juga.”

Ini nih, yang sering banget kita dengar bahwa sebagian orang menganggap waktu luang itu sebagai waktu di mana tubuh kita benar-benar istirahat tanpa harus bekerja keras seperti biasanya. Jangan pernah berpikir deh bahwa dengan menjadi produktif maka hanya akan menambah beban pikiran atau bertambahnya kelelahan pada tubuh.

Cobalah gunakan waktu luangmu untuk hal-hal yang bermanfaat, sehingga waktu senggangmu akan terlewati dengan menyenangkan juga bermanfaat. Jadi, kamu pun bisa merefleksikan pikiranmu dari rutinitas sehari-hari.

Ini dia 5 hal yang membuat waktu luangmu lebih bermanfaat, silakan dicoba!

1. Olahraga sambil mencari udara segar

Walaupun tak banyak orang yang menyukai kegiatan olahraga, karena olahraga diidentikkan dengan kegiatan yang menguras tenaga. Kamu mesti menyukai hal ini! Karena tujuannya olahraga bukan hanya untuk kebugaran fisik saja, namun untuk menyegarkan kembali pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Dengan mengawali berolahraga dalam waktu luang, yakin deh! Kamu akan lebih bersemangat untuk menjalani hal-hal yang bermanfaat selanjutnya. Ah ya, jangan lupa berolahraga di tempat yang mempunyai udara segar. Seperti di taman keluarga atau taman tempat umum juga bisa, hehe. Karena, agar bisa membantu merilekskan kegiatan olahraga agar berjalan lebih teratur.

2. Perbanyak membaca buku

Buku adalah jendela dunia, ibarat kita berada di dalam rumah, agar kita bisa melihat suasana di luar rumah tanpa keluar, kita bisa melihatnya melalu jendela rumah. Itu saja baru rumah, apalagi dunia bro! Bagian ini juga sangat penting nih, dari banyaknya rutinitas sehari-hari yang membuat pusing kepala, apalagi kalau tidak ada hiburan ya hehe.

Dengan perbanyak membaca buku, semakin bertambah pengetahuan yang kamu dapat dan bisa merilekskan pikiranmu. Dengan ini waktu senggangmu akan lebih bermanfaat dan pastinya lebih berharga daripada kamu harus bermalas-malasan di atas Kasur.

3. Lakukan pekerjaan rumah

Biasanya setelah bangun tidur, kita lebih memilih untuk berdiam diri dulu beberapa jam di atas Kasur. Kali ini kamu harus merubah kebiasaan itu, dengan melakukan pekerjaan rumah. Apalagi kalau kamu melihat kamar kosmu atau kondisi rumah dalam kondisi berantakan, pasti semakin males yah untuk membereskannya?

Sebab itu, cobalah saat bangun tidur jangan terlalu lama berdiam diri di atas kasur. Karena hal itu akan memberikan dampak rasa malas yang berkepanjangan. Lakukan pekerjaan rumah dengan gerak cepat, hal ini juga bisa membuatmu lebih produktif sob!

4. Aktif berorganisasi

Kamu bosan saat waktu luang berada di dalam rumah terus-terusan? Keluar! Cari organisasi yang bermanfaat, agar kamu bisa lebih produktif dalam keseharianmu. Di zaman now ini saya rasa semakin mudah untuk mencari organisasi yang bermanfaat, seperti relawan atau pun komunitas yang mempunyai hobi yang sama.

Kamu bisa meluaskan relasi di berbagai komunitas, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman yang luar biasa dan tentunya kamu juga bisa memperoleh banyak ide saat aktif dalam komunitas.

Jangan lewatkan kesempatan ini bro, agar hidupmu lebih bermakna.

5Asah hobimu

Naah, hal ini juga gak kalah penting untuk membuat waktu luangmu lebih produktif. Kamu punya hobi apa? Menulis? Melukis? Atau bernyanyi? ini adalah hal yang paling menyenangkan untuk mengilangkan rasa malas. Setiap orang pasti mempunyai hobi masing-masing. Naahh kamu tahu tidak? Dari hobi bisa berubah menjadi hal yang fantastis.

Misalnya kamu mengasah kemampuan menulismu pada waktu luang, karena itu hobimu, pasti kamu akan melakukannya dengan penuh kesenangan tanpa beban dan pastinya kamu akan membuatnya dengan baik.

Kian lama kemampuan menulismu bisa lebih baik dari sebelumnya dan itu akan membuka peluang besar untuk naik kelas menjadi penulis!

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan pada waktu luang agar lebih bermanfaat. Ayo, jadilah manusia yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Jangan sampai harimu lebih buruk dari hari kemarin.

Cari Artikel Lainnya