Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 9 Sayur dan Bumbu Dapur yang Bisa Ditanam di Pot Kecil. Jika Harga Pasaran Naik, Tak Perlu Panik

9 Sayur dan Bumbu Dapur yang Bisa Ditanam di Pot Kecil. Jika Harga Pasaran Naik, Tak Perlu Panik

- Kamis, 18 April 2019 | 10:54 WIB
9 Sayur dan Bumbu Dapur yang Bisa Ditanam di Pot Kecil. Jika Harga Pasaran Naik, Tak Perlu Panik

Buat para ibu rumah tangga ataupun kamu yang suka masak, tentu bakal sering belanja bahan-bahan dapur seperti halnya sayuran maupun bumbu-bumbu pelengkapnya. Tapi sebenarnya, nggak perlu setiap akan masak kamu harus ke tukang sayur untuk beli bahan-bahan yang dibutuhkan lho. Kamu bisa kok menanam beberapa sayuran dan bumbu dapur bermediakan pot kecil atau stoples saja. Selain bisa menghemat pengeluaran belanja, sayur dan bumbu dapur yang ditanam sendiri ini tentunya lebih alami.

Ini lho beberapa sayuran dan bumbu dapur yang bisa kamu tanam sendiri di rumah dengan pot kecil. Bahkan ada yang cukup pakai air saja tanpa perlu tanah lho!

1. Bawang merah dan bawang putih bisa banget kamu tanam dan perbanyak umbinya dalam pot kecil

bawang merah dan bawang putih via urbanina.com

 

Kalau kamu punya bawang merah atau bawang putih, ambil satu siungnya dan tanam bagian akar menghadap ke tanah, sedang bagian atasnya dipotong sedikit untuk pertumbuhan tunas. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar tumbuh tunasnya.

2. Selada bisa tumbuh hanya dengan meletakannya di botol kaca yang diisi air lho!

selada via www.gettystewart.com

Sebagai garnish atau hiasan dalam makanan, selada seringnya dibutuhkan hanya beberapa lembar aja. Nah, cara menanamnya mudah banget kok. Tempatkan bagian akar putih selada dalam botol kaca yang diisi air, jangan lupa selalu ditambah airnya kalau kering dan cukupkan sinar mataharinya. Setelah tumbuh tunas, baru deh kamu pindahkan ke pot yang berisi tanah.

3. Cabai yang harganya fluktuatif ini bisa kamu tanam sendiri di rumah agar bisa ngirit ongkos belanja

cabai via steemit.com

Selain ditanam di pekarangan, cabai juga bisa ditanam di pot kecil. Caranya cukup sebar bijinya yang sudah dikeringkan, lalu disiram berkala di bawah sinar matahari sampai tumbuh besar dan berbuah. Namun sebaiknya gunakan pot yang sedikit lebih besar agar cabai yang dihasilkan lebih bagus dan segar.

4. Seledri juga bisa tumbuh subur hanya dengan dicelupkan bagian batangnya dalam air lho!

seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang paling mudah tumbuh dari sisa-sisa potongannya. Kamu hanya perlu memotong bagian bawah seledri, taruh di mangkok berisi air hangat. Biarkan seledri terkena sinar matahari langsung setiap hari, maka akan muncul daun pada batang seledri.

5. Biji tomat yang sudah dikeringkan juga bisa ditanam dan tumbuh subur dengan media pot kecil

tomat via www.youtube.com

Biji tomat yang cocok untuk ditanam adalah yang berasal dari buah matang, terutama jika buahnya sudah lembek. Ambil bijinya dan keringkan, kemudian tanam dalam pot berisi tanah yang subur. Kamu perlu memberikan penopang agar tomat bisa tumbuh berdiri dan nggak patah tangkainya.

6. Jahe, kunyit, kencur dan jenis rimpang lainnya sangat mudah untuk ditanam di media apa pun

jahe via pertamakali.com

Cukup letakkan potongan jahe atau rimpang lainnya di tanah dengan tunas menghadap ke atas. Akarnya akan menyebar menghasilkan umbi baru, daunnya pun akan tumbuh tinggi. Ketika tanaman telah tumbuh, kamu bisa menggali umbinya, memotongnya sebagian untuk dipakai, sedang potongan yang lain bisa ditanam kembali.

7. Daun bawang pun bisa kok kamu tumbuhkan di pot kecil dan meletakannya di dapur agar mudah dipotong saat dibutuhkan

daun bawang via www.berkebunasik.com

Kamu bisa menggunakan bagian akar daun bawang dari sisa memasak. Tempatkan akar daun bawang ke dalam cangkir berisi sedikit air, dan simpan di dekat jendela dapur yang terkena sinar matahari. Nantinya di bagian bekas potongan itu akan tumbuh daun baru, kamu cukup memotong daun itu untuk memasak.

8. Seperti rumput biasa, akar serai hanya membutuhkan secangkir air dan sinar matahari untuk tumbuh

serai via www.netralnews.com

Tempatkan potongan batang serai di atas tanah. Proses pertumbuhan serai ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Kamu baru bisa memindahkannya ke pot yang lebih besar atau ke pekarangan ketika batangnya mencapai sekitar 30 senti ya!

9. Kamu bisa menyemai biji jeruk nipis, jeruk purut ataupun lemon di dalam pot dan menumbuhkannya

lemon via myfreakinears.com

Selain dengan menyemai biji, kamu juga bisa menanam bibitnya yang diperoleh dari tukang tanaman ke dalam pot. Tanaman jeruk nipis ini juga nggak terlalu besar sehingga bisa ditempatkan di pot kecil. Pastikan kamu selalu sirami dan beri pupuk agar buahnya tumbuh subur dan lebat.

Sayuran dan bumbu dapur di atas hanyalah beberapa dari banyak lainnya yang bisa ditanam sendiri di dalam pot. Nggak cuma menghemat pengeluaran lho, bertanam juga bisa jadi penyaluran hobi dan menghilangkan stres. Gimana, kamu tertarik mencoba?

 

 

Cari Artikel Lainnya