0
55
0
8 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia
6 months 'ago'

Menyiapkan dana pendidikan merupakan poros kehidupan, pendidikan juga membukakan pintu-pintu karier yang lebih baik serta lingkungan yang lebih berkualitas. Karena manfaatnya, pendidikan tidaklah murah, terkadang Anda harus membayar sangat mahal hanya untuk berkuliah di universitas berkualitas di dunia.

Tetapi, tidak berarti semua pendidikan memiliki label “mewah”. Beberapa negara ada yang memberikan pendidikan gratis bagi masyarakat yang memang mempunyai kemauan belajar. 8 negara dengan pendidikan termurah di dunia adalah sebagai berikut:

1. Kenya (Rp16,6 juta)

Kenya adalah salah satu negara di bagian timur benua Afrika dengan ibukota Nairobi. Kenya merupakan salah satu negara yang bergengsi atas teknologinya dan tentu saja karena pendidikan yang mendukung. Beberapa contoh universitas ternama di Kenya adalah University of Nairobi (peringkat ke-1 di Kenya dan ke-728 di dunia menurut webometrics) yang dibangun pada tahun 1956 dan Kenyatta University (peringkat ke-1880 di dunia, menurut webometrics) yang merupakan institusi terbesar kedua di Kenya.

2. Bangladesh (Rp20,4 juta)

Bangladesh, negara yang berada di Asia Selatan dengan ibukota Dhaka ini merupakan kota dengan populasi terbesar ke-8 di dunia dan ke-5 di Asia, dengan populasi 170 juta penduduk. Walaupun universitas-universitas di Bangladesh tidak menduduki peringkat terlalu tinggi di dunia, universitas di Bangladesh tergolong sangat murah.

Bangladesh University of Engineering and Technology dengan peringkat dunia ke-1867, University of Dhaka dengan peringkat dunia ke-2096 dan Rajshahi University dengan peringkat dunia ke-2493 adalah beberapa contoh institusi yang dapat anda kunjungi.

3. Argentina (Rp34,4 juta)

Kurang lebih 90.000 mahasiswa internasional datang ke Argentina setiap tahunnya untuk belajar ke Argentina karena ketertarikan mereka terhadap budaya Amerika Latin yang kental, biaya hidup rendah serta mampu belajar bahasa Spanyol.

Contoh-contoh universitas yang dapat Anda pilih adalah Universidad de Buenos Aires, universitas peringkat pertama di Argentina dan ke-314 di dunia (webometrics) atau Universidad Nacional de la Plata (ke-543 dunia).

4. Norwegia (Rp35,01 juta)

Norwegia adalah salah satu negara yang terletak di paling utara benua Eropa dan merupakan negara terkenal dengan Olimpiade Musim Dingin. Norwegia beribu kota Oslo dengan populasi 5,2 juta penduduk. Universitas-universitas yang terkenal di Norwegia adalah University of Oslo (peringkat ke-86 dunia), University of Bergen (peringkat ke-159 dunia) dan Norwegian University of Science and Technology (peringkat ke-202 dunia) dengan seluruh peringkat berdasarkan webometrics.

5. Polandia (Rp36,9 juta)

Polandia yang memiliki ibukota Warsaw ini merupakan destinasi kuliah favorit karena biayanya yang tergolong murah, bahkan para penduduk Eropa tidak sedikit yang menuju ke Polandia untuk berkuliah. Pendidikan kuliah baik untuk warga asli Polandia atau mahasiswa internasional diberikan secara gratis yang ingin belajar dengan bahasa pengantar Polandia dan mengikuti ujian yang sama.

Universitas yang dapat Anda pilih adalah University of Warsaw (peringkat ke-6 menurut EECA) yang merupakan universitas terbesar di Polandia atau Jagiellonian University (peringkat ke-7 menurut EECA), salah satu universitas tertua di benua Eropa.

6. Slovenia (Rp52,8 juta)

Slovenia merupakan kota kecil yang berada di bagian selatan Eropa Pusat dengan ibukota Ljubljana dan setengah bagian dari teritori mereka terlindung oleh hutan. Pendidikan di negara Slovenia menduduki peringkat ke-12 yang terbaik di dunia dan peringkat ke-4 terbaik di Uni Eropa.

Universitas yang paling baik di Slovenia adalah University of Ljubljana dengan peringkat dunia ke-286 dan kedua yang paling baik adalah University of Maribor dengan peringkat ke-1156 dunia menurut webometrics. Sebagai tambahan universitas swasta yang dapat anda kunjungi adalah University of Nova Gorica dan EMUNI University.

7. Belarus (Rp55,2 juta)

Republik Belarus yang dahulu dikenal sebagai Byelorussia, memiliki ibukota Minsk dan merupakan salah satu negara yang berada di bagian timur Eropa, universitas yang terkenal di negara Belarus adalah Belarusian State University dengan peringkat ke-634 dunia dan universitas ternama kedua yaitu Yanku Kupala State University of Grodno peringkat ke-3142 dunia, menurut webometrics.

8. Ukraina (Rp56,1 juta)

Ukraina terkenal dengan keindahan arsitektur katedral mereka dan pegunungan yang beragam. Ukraina juga merupakan negara dengan biaya pendidikan yang murah, beberapa universitas terkenal yang dapat anda kunjungi adalah V. N.

Karazin Kharkiv National University, universitas kedua tertua di Ukraina, Taras Schevchenko National University of Kyiv yang berada pada ibukota Ukraina yaitu Kiev dengan peringkat ke-38 pada regional EECA dan National Technical University of Ukraine “Kyiv Polytechnic Institute”  peringkat ke-48 menurut EECA.

Pendidikan sebagai Kebutuhan

Mungkin setelah melihat 8 negara dengan pendidikan kuliah paling murah di dunia ini mayoritas berada pada benua Eropa. Hal ini dikarenakan kesadaran pemerintah Eropa akan pentingnya pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga tingginya subsidi yang diberikan pemerintah. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan kekuatan pendidikan bagi kelangsungan hidup anda. Selamat memilih.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow