0
47
0
Berikut 5 Hal Cerdas yang Harus Dilakukan Mahasiswa Zaman Now!
4 weeks 'ago'

Hal Cerdas yang Harus Dilakukan Mahasiswa – Hidup di era digital dan dinamis seperti sekarang ini juga membuat para mahasiswa menjadi lebih banyak tanggungannya. Tidak bisa disangkal lagi apabila sebagian besar mahasiswa-mahasiswa di tanah air adalah orang-orang yang melek akan teknologi. Jika ada beberapa diantara mereka yang belum begitu paham dengan berbagai kecanggihan teknologi sekarang, maka sudah dipastikan mereka bisa dikategorikan sebagai kelompok yang kurang beruntung.

Jenjang pendidikan tinggi sudah seharusnya dimanfaatkan untuk mengenal lebih dalam perkembangan teknologi informasi sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pembelajaran yang efektif di masa sekarang ini.

Mahasiswa-mahasiswa yang cerdas serta aktif merupakan calon penerus bangsa Indonesia. Para mahasiswa ini dipercaya sebagai kelompok yang sangat dekat dan mengerti masyarakat, nantinya mereka lah yang akan berjuang membela rakyat, dan menciptkan berbagai penemuan yang siap ditunjukkan di segala penjuru dalam berbagai bidang.

Oleh karena itu sebagai mahasiswa, kamu memiliki sangat banyak sekali tuntutan di zaman sekarang atau yang biasa disebut dengan “zaman now”. Oleh karena itu, kamu juga harus punya siasat yang cerdas agar hidupmu sebagai mahasiswa tetap berjalan lancar dan juga bermanfaat, setidaknya untuk dirimu saat ini dan masa depanmu nanti. Nah, berikut ini Mamikos berikan 5 hal cerdas yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan kamu sehari-hari.

5 Hal Cerdas yang Harus Dilakukan Mahasiswa

Hal Cerdas yang Harus Dilakukan Mahasiswa

1. Mengasah Soft Skill dan Menambah Portofolio


Sebagai mahasiswa zaman now tentu kamu harus mempersiapkan diri dengan berbagai soft kill yang mumpuni. Tak perlu terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan kuliah terlebih dahulu jika kamu belum memiliki soft skill yang bisa kamu jadikan senjata untuk melamar lowongan kerja DKI Jakarta nantinya.

Soft skill disini bisa seperti keahlian dalam fotografi misalnya, zaman sekarang tentu hampir semua anak muda sangat dekat dengan dunia fotografi. Untuk kamu yang berkeinginan untuk bekerja di dunia fotografi, kamu bisa mengembangan skill di bidang ini sebaik mungkin. Jangan lupa untuk memerkan hasil jepretan kamu di sosial media ya!

Dan untuk kamu yang senang dengan dunia menulis, dan memiliki cita-cita ingin meniti karir sebagai seorang creative writer di sebuah media online, maka kamu juga harus memulai untuk rajin menulis di berbagai media online yang menyediakan platform menulis.

Uji dan asah terus skill menulis kamu, agar ketika sudah lulus kuliah nanti kamu sudah memiliki bukti portofolio yang bisa kamu tunjukkan pada saat melamar pekerjaan. Dengan memiliki soft skill, dijamin perusahaan akan cukup tertarik untuk merekrut kamu sebagai pegawai barunya.

2. Mengerjakan Tugas kuliah sambil nongkrong di coworking space

Zaman now, sudah banyak bertebaran coworking space di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Coworking space ini umumnya memiliki suasana yang sangat asyik untuk kamu mengerjakan tugas ataupun bekerja, sehingga kamu pun tidak akan merasa jenuh dengan suasana kampus atau kamar kost kamu.

Karena memiliki suasana yang asyik yang tetap kondusif, para mahasiswa pun sangat senang datang ke tempat yang satu ini hanya untuk sekedar mengerjakan tugas kampus atau mengerjakan revisian skripsi. Soal internet pastinya juga dijamin lancar sehingga kamu pun bisa bebas menggunakan internet di sana selama kamu sudah bergabung menjadi member.

Ternyata tak hanya dapat mengerjakan tugas saja, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya di coworking space. Apa keuntungannya? Ya, kamu bisa mengerjakan tugas sambil nongkrong loh disini. Dan di tempat yang satu ini juga akan memungkinkan kamu untuk bertemu orang baru yang akan menambah networking-mu di masa selesai kuliah nanti. Tak menuntut kemungkinan juga kamu akan menemukan menemukan startup company yang membuka lowongan kerja Bandung dan bisa menjadi tempatmu bekerja selepas menjadi sarjana nanti.

3. Manfaatkan Media Sosial Sebagai Tempat Belajar

Banyaknya perbaruan teknologi dan jaringan social, tidak diragukan jika mahasiswa mampu berkomunikasi dan berinteraksi melalui media social. Untuk jenis media sosial sendiri sangat banyak. Sebagai mahasiswa zaman now yang sudah tidak buta teknologi dan menjadi pengguna aktif internet, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada di media sosial.

Kamu mungkin bisa menjadikan media sosial sebagai langkah awal dari kesuksesan kamu dengan bereksperimen mengenai dunia digital dan mengelola konten media sosialmu agar bisa menghasilkan uang saku tambahan.

Sudah banyak terbukti diluar sana, hanya dengan media sosial para mahasiswa tersebut bisa menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya. Penghasilan tersebut kerap digunakan mahasiswa untuk membiayai dirinya sendiri seperti membayar sewa apartemen Jakarta dan lainnya.

Jika kamu tertarik kamu mungkin bisa memulai dengan mengelola konten dalam sosial media agar bisa menjadi seorang influencer atau content creator. Tak harus berfoto OOTD setiap hari, kamu bisa juga mengelola konten makanan ataupun tempat nongkrong yang sedang populer di kota kamu.

4. Belajar Menjadi Entrepreneur

Di era abad 21 ini, perkembangan jumlah populasi manusia di dunia semakin meningkat termasuk juga di negara kita. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesatnya, maka semakin tinggi pula tingkat kelahiran dan pengangguran manusia pada usia produktif karena kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Sebagai mahasiswa zaman now yang berpendidikan, kamu seharusnya jangan hanya selalu terpaku pada lowongan kerja Surabaya dan lowongan kerja lainnya saja, tetapi kamu juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha.

Sudah banyak diluar sana pengusaha sukses yang memulai karir mereka sejak masih berstatus mahasiswa. Tertarik? Kamu juga bisa demikian loh! Di negara Amerika, Singapura dan beberapa negara-negara maju lainnya, para mahasiswa bisa maju karena masyarakat negara tersebut banyak yang berwirausaha dari usia remaja. Jadi tunggu apalagi?

5. Menggunakan Uang Digital Agar Mengikuti Zaman

Masalah keuangan memang selalu masalah utama yang akan dihadapi oleh mahasiswa khususnya yang berstatus sebagai mahasiswa rantau. Namun, kamu harus bisa bersyukur karena kamu sudah hidup di zaman serba digital yang semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Kamu pernah mendengar uang digital? Atau secara tidak langsung kamu sudah menjadi penggunanya? Sebagai mahasiswa zaman now, kamu tentu harus bisa cerdas mengelola uang dan juga peka terhadap keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika harus mengeluarkan uang bukan?

Nah, dengan bertransaksi menggunakan uang digital kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih berlipat ketimbang menggunakan uang cash biasa saja. Sudah banyak sekali contoh uang digital yang ada disekitar kita, seperti contohnya Go-Pay, Grab-Pay, TCASH, OVO, dan masih banyak lagi. Kini, kamu pun tidak perlu repot-repot lagi untuk selalu mampir ke ATM karena dengan modal handphone saja semua transaksi kamu pun sudah bisa diselesaikan. Menarik bukan?

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk bisa menjadi mahasiswa cerdas zaman now? Yuk mulai dari sekarang kita mulai menerapkan kelima hal yang sudah Mamikos sebutkan diatas. Buktikanlah bahwa kamu termasuk generasi muda yang cerdas dan kreatif! Simak informasi menarik lainnya dengan download aplikasi Mamikos di Play Store terlebih dahulu. Dan temukan pula info terkait kost-kostan, sewa apartemen, hingga lowongan kerja di seluruh Indonesia hanya di situs Mamikos

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow