999 +
0
40
0
Buat Para Mahasiswa dan Pelajar, Terapkan 7 Tips Belajar Cerdas Ini
2 weeks 'ago'

Kegiatan apa lagi yang memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang jika bukan belajar, yaitu membaca dan mempelajari tentang sesuatu untuk menambah kapasitas diri. Agar cara belajar kamu makin efektif, ketujuh tips belajar cerdas di bawah ini patut kamu terapkan.

1. Mempelajari materi yang belum diajarkan

Tidak hanya mengandalkan materi pemberian dosen atau pengajar, tapi hendaknya kamu berusaha mencari dari berbagai sumber lain seperti; mengakses internet, membaca materi-materi berikutnya yang belum diajarkan, atau meminjam buku di perpus atau kepada kakak kelas.

Jangan sampai katika masuk kelas tanpa ada gambaran tetang pelajaran, tanyakan pada diri sendiri "sebenarnya aku niat belajar apa enggak sih!?" Jangan sia-siakan perjuangan orang-orang yang menyekolahkan atau mengkuliahkanmu oke!

2. Memanfaatkan waktu senggang untuk belajar

Tingkatkan kualitas belajar kamu dengan memanfaatkan waktu luang, sering-seringlah untuk mengulang-ulang materi yang sudah diajarkan.

Kamu bisa jadi diri sendiri, belajar di waktu orang lain sedang sibuk dengan kegiatan lain, belajar di saat teman-temanmu justru sedang bermain. Mumpung keadaan otak masih segar, ambillah peluang itu. Karena jika keadaan otak dan tubuh sudah tidak mendukung lagi, akan menjadi sulit untuk mendapatkan konsentrasi belajar.

3. Membiasakan mencatat inti penting

Materi akan menjadi lebih mudah diingat dan dihafal dengan cepat jika dicatat, apalagi jika sering dibaca ulang. Kamu bisa mendekorasi catatanmu seenak mungkin agar kamu juga makin semangat membukanya, memberi warna atau menarik garis-garis. Itu akan memudahkanmu dalam menandai inti-inti materi apa dan dimana letaknya. Kalau perlu, kamu bisa menyiapkan satu buku khusus untuk catatan.

4. Memerhatikan pola hidup sehat dan teratur

Jangan anggap sepele kebiasaan begadang karena sibuk belajar, sebetulnya kamu masih bisa manfaatkan waktu-waktu lain bukannya larut malam untuk belajar. Mungkin memang terasa efektif di awal-awal, karena dengan sekali belajar langsung mengingat banyak materi. Tapi lama kelamaan, keadaan tubuh juga otak akan merasakan efek negatifnya.

Bolehlah sekali dua kali jika terdesak untuk belajar hingga larut malam, tapi jangan terlalu sering memaksakan ya.

5. Pacu diri untuk konsisten

Bisa dibilang yang teramat sulit dalam segala proses belajar adalah konsistensi dan komitmen untuk terus menjaga intensitas. Maka, cobalah temukan ritme belajar yang efektif dan sadarlah bahwa segala tujuan harus dicapai dengan perjuangan. Sehingga yang harus dilakukan ialah menjalani kegiatan tersebut dengan konsisten.

Lihatlah orang-orang yang prestasinya lebih darimu, bukan membanding-bandingkan ya, akan tetapi jadikan sebagai pelecut semangat untuk tetap teguh berkomitmen. "Jika mereka bisa, mengapa aku tidak?!" Begitulah kira-kira.

6. Mencari pengalaman di luar kampus sebagai pelajaran

Sebagai pelajar aktif yang memiliki rasa keingintahuan tinggi, rasanya tidak cukup bila hanya mendapatkan pengalaman belajar di kampus, maka dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi, maupun kegiatan luar kampus lainnya, dapat sangat mengembangkan keilmuan kamu.

Kepandaian dalam berkomunikasi dan bersosialisasi menjadi semakin meningkat dan mental juga terasah lebih cepat, bahkan tanpa harus meunggu lulus terlebih dulu.

7. Mengevaluasi kekurangan nilai, baik maupun buruk

Dari nilai yang kamu dapatkan, sebaiknya evaluasi kembali materi mana yang belum kamu kuasai sepenuhnya. Bukannya mentang-mentang ujian sudah selesai, tugas sudah berakhir, jadi seenaknya saja melupakan.

Dengan mengevaluasi nilai, kamu jadi tau mana letak kesalahan yang mesti diperbaiki lagi.

Yang perlu ditekankan adalah konsistensi kamu dalam belajar, jangan sia-siakan masa-masa belajar ini ya!

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow