999 +
0
39
0
Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D yang Sering Diabaikan
2 months 'ago'

Vitamin D sangat bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang, membangkitkan semangat, bahkan untuk membantu mengurangi kelebihan berat badan. Sayangnya, konsumsi vitamin D sering diabaikan. Kekurangan vitamin D tidak hanya mempengaruhi tulang Anda, tetapi menimbulkan masalah yang lebih serius ketika diabaikan. Tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D sendiri saat terkena sinar Matahari juga vitamin lainnya. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan dan tulang yang kuat dan juga memainkan peran penting dalam fungsi otot, otak, paru-paru dan jantung dan memastikan bahwa tubuh Anda melawan infeksi. Karena kurangnya pemahaman ini, seringkali orang tidak memerhatikan bahwa sebenarnya tubuhnya memerlukan vitamin D.

Berikut gejala kekurangan vitamin D yang sering diabaikan:
1. Depresi

Hormon serotonin akan diproduksi lebih banyak saat Anda mendapat sinar matahari. Hormon ini menjadi salah satu hormon yang membuat Anda merasa bahagia. Jadi, jika Anda tidak mendapat vitamin D dari matahari, Anda punya potensi besar tidak bahagia dan mengalami depresi.

2. Mudah marah
Sebelum Anda dengan mudah "menyalahkan" gejala PMS (pre-menstrual syndrome) sebagai biang keladi, perlu Anda tahu bahwa kekurangan vitamin D juga bisa memengaruhi zat serotonin pada otak seseorang, yang berimbas pada berubahnya suasana hati atau mood menjadi buruk.

3. Nyeri otot, tulang dan sendi
Anda sering mengeluh nyeri punggung, leher atau nyeri sendi? Mungkin Anda kurang mendapat sinar matahari. Karena tulang Anda butuh vitamin D untuk memperkuat jaringan dan struktur tulang.

4. Kelelahan
Wajar jika Anda lelah karena bekerja. Tapi jika mudah lelah, ditambah sering mengeluh nyeri tulang dan otot, tandanya Anda kurang vitamin D. Beraktivitaslah di luar ruang, agar terkena sinar matahari.

5. Kepala berkeringat
Anda mungkin tidak menyadarinya, dan ini terdengar aneh. Namun kepala jadi sering basah karena berkeringat adalah salah satu tanda utama tubuh kekurangan vitamin D.

Kalau Anda mengalami beberapa hal di atas? Coba olahraga dan perbanyak aktivitas di luar ruangan agar mendapat vitamin D dari sinar matahari.

 

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow