999 +
0
49
0
10 Cara Mudah Power Nap, Tidur Siang Sebentar untuk Manfaat Maksimal
2 months 'ago'

Pernah dengar istilah power nap? Power nap adalah tidur siang sebentar untuk meningkatkan produktivitas. Dilansir dari WebMD, tidur siang dapat meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas dan tingkat energimu.

Meski begitu, gimana caranya bisa tidur sebentar di tengah jam belajar atau kerja? Buat kamu yang bingung mengakalinya, berikut cara mudah yang bisa kamu tempuh.

1. Temukan tempat terbaik untuk tidur siang

Untuk mendapatkan hasil maksimal, carilah tempat yang damai dan gak akan diganggu oleh orang lain. Susah-susah gampang sih. Jika kamu pekerja kantoran, kenali aturan dan fasilitas kantormu. Beruntung kalau kantormu menyediakan ruang rekreasi atau tempat beristirahat untukmu tidur sebentar. Jika gak tersedia, kamu bisa tidur di mobilmu.

Buat kamu yang masih sekolah atau kuliah, kamu bisa mengincar perpustakaan. Itu adalah salah satu tempat paling sepi. Beruntung kalau perpustakaanmu menyediakan sofa atau bahkan kasur, meski jarang sih.

Terakhir, jika kamu sedang dalam perjalanan, cari tempat parkir. Jangan di bahu jalan ya. Pastikan AC tetap menyala agar kamu tetap bisa mendapatkan oksigen.

2. Pilih ruangan yang gelap

Jika sulit, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan masker tidur atau kacamata hitam. Kegelapan akan memudahkanmu untuk lekas terlelap.

3. Tidurlah di tempat yang sejuk dan nyaman

Pastikan tempatmu tidur gak terlalu panas atau bahkan terlalu dingin. Salah satu tempat terbaik, yaitu di ruangan dengan AC. Bisa juga tidur di musala atau masjid.

4. Dengarkan lagu yang bisa membuatmu relaks

Ada beragam layanan alir musik, seperti Spotify, Apple Music atau Joox yang bisa kamu setel sembari tidur siang. Temukan lagu terbaikmu untuk membuatmu lebih nyaman dan tidur dengan relaks.

5. Bisa juga menggunakan aplikasi ponsel untuk memudahkanmu tertidur

Bisa juga menggunakan aplikasi yang memudahkanmu tidur dengan suara alam dan hujan, seperti Calm, Relax Melodies atau Tide.

6. Pasang ponsel dalam mode hening atau pesawat

Itu agar kamu gak terganggu dari pemberitahuan atau telepon masuk.

7. Pilih durasi terbaikmu untuk tidur

Durasi waktu tidur siang memiliki perbedaan manfaat.

  • 2-5 menit untuk kamu yang sangat mengantuk dan ingin kembali segar.
  • 5-20 menit untuk meningkatkan kewaspadaan, stamina, dan kinerja motorik.
  • Lebih dari 20 menit untuk meningkatkan memori.
  • 50-90 menit sama dengan tidur penuh jika kamu benar-benar mengantuk dan belum tidur tadi malam.

8. Pasang alarm dengan nada yang lembut

Saat tidur, jangan lupa bangun ya. Biar gak terlalu lama, kamu bisa pasang alarm milikmu. Gunakan nada yang lembut dan gak mengagetkan. Itu penting agar gak merusak suasana hatimu.

9. Tarik napas dalam-dalam untuk memudahkanmu tertidur

Jika kesulitan tidur, kamu bisa coba tarik napas dalam-dalam, kemudian keluarkan lewat mulut. Itu akan membuatmu lebih relaks dan mudah terlelap.

10. Pejamkan matamu, meski kamu gak bisa tidur

Meski kamu gak bisa tidur pulas, memejamkan mata sama halnya dengan meditasi yang akan menyegarkan tubuhmu.

Tidur siang bukan berarti malas kalau nyatanya memang bermanfaat untuk jiwa dan ragamu. Yuk, biasakan buat tidur siang sebentar, tapi tetap bertanggung jawab ya

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow