0
42
0
Sering Dibuang, 6 Kulit Buah Ini Justru Bagus untuk Kesehatan Tubuhmu!
2 months 'ago'

Kebanyakan orang memiliki anggapan bahwa bagian terpenting dari buah-buahan adalah daging buahnya saja. Anggapan ini membuat mereka terbiasa membuang bagian lain buah, terutama sekali kulitnya.

Bagian kulit biasanya dikupas, lalu dianggap sebagai sampah. Padahal sebenarnya, bagian kulit dari beberapa buah-buahan mengandung nutrisi yang tak kalah berkhasiatnya dibanding dengan daging buah itu sendiri.

Bagian kulit dari buah-buahan memang tak memiliki cita rasa yang menarik dibandingkan dengan daging buah, namun bukan berarti bagian tersebut sama sekali tak berguna. Kamu bisa memperoleh nutrisi dari kulit buah dengan langsung mengonsumsi buah tanpa mengupasnya ataupun menyajikannya dalam bentuk jus. Berikut 6 buah yang kulitnya harus kamu pertimbangkan untuk dikonsumsi, daripada dibuang begitu saja!

1. Apel

Beberapa orang mungkin sudah terbiasa menyantap apel beserta kulitnya, namun sebagian lagi masih enggan untuk melakukannya. Kulit apel kaya akan serat sehingga akan membantu memperlancar kerja organ pencernaanmu.

Kandungan vitamin K dalam kulit apel 4 kali lebih banyak dibanding daging buahnya dan itu akan membantu proses pembekuan darah saat kamu terluka. Selain itu, asam ursolik yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi risiko kamu terkena obesitas.

2. Mangga

Pada kulit mangga ditemukan senyawa mirip dengan resveratrol, yang bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh. Selain itu kadar polifenol, karotenoid dan omega-3 dan 6 dalam kulit lebih banyak dibandingkan dengan dalam daging buahnya. Untuk informasi, polifenol merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

3. Citrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis dan jeruk bali termasuk dalam keluarga buah citrus. Kulit dari buah dengan cita rasa asam dan manis ini pun juga mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam kulit dari buah citrus ini berfungsi sebagai antioksidan, sehingga bisa mengurangi risiko kamu terkena kanker dan peradangan. Tekstur buah citrus memang agak tebal, jadi kamu bisa menikmatinya dengan cara dijus terlebih dahulu, atau memarutnya dan menjadikannya topping untuk makananmu.

4. Kiwi

Bagian kulit pada buah kiwi hampir selalu dibuang begitu saja, padahal bagian kulit mengandung nutrisi yang tak kalah banyaknya. Kulit buah kiwi mengandung flavonoid, vitamin C dan antioksidan yang lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Selain itu, dengan mengonsumsi kulit buah kiwi, serat yang didapat oleh tubuh berlipat ganda menjadi tiga kali lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya menyantap daging buahnya saja.

5. Pisang

Bagian kulit dari buah yang identik dengan warna kuning ini juga disarankan untuk dikonsumsi lho. Kulit pisang terutama sekali kaya akan lutein, zat yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, kulit pisang juga kaya akan asam lemak triptofan yang memicu produksi zat serotonin. Zat serotonin ini sangat berguna untuk menciptakan rasa nyaman dalam diri, sehingga kamu bisa terhindar dari risiko depresi.

6. Semangka

Kulit semangka yang memiliki warna yang kontras, dengan warna daging buahnya, ini juga perlu untuk kamu konsumsi. Dilansir dari Healthline, bagian kulit dari buah yang bisa menghilangkan dehidrasi ini kaya akan citrulina, jenis asam amino yang bisa memperlancar aliran darah sehingga kamu bisa terhindar dari risiko tekanan darah rendah.

Itulah 6 jenis buah yang kulitnya bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan nutrisi lebih bagi kesehatan. Sebelum kamu mengonsumsinya, cuci dulu buah hingga bersih.

Kamu bisa memilih untuk menikmati kulit buah secara lansung tanpa mengupasnya, mengolahnya menjadi bahan makanan/minuman, ataupun memarutnya sebagai taburan makanan. Jadi, jangan biasakan lagi membuang begitu saja kulit buah tanpa memanfaatkannya ya.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow