999 +
0
113
0
Mau Naik Jabatan? 8 Sikap Yang Harus Kamu Lakukan Dalam Bekerja
6 months 'ago'

Setiap orang pasti menginginkan karier yang berkembang dari hari ke hari. Bahkan banyak dari mereka yang ingin naik jabatan. Loyalitas terhadap perusahaan tempat kamu bekerja itu penting, apalagi jika kamu menginginkan posisi yang lebih baik lagi.

Kalau kamu bisa menunjukkan performa terbaikmu sebagai karyawan perusahaan, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan dari atasanmu. Keuntungan utama dari kenaikan jabatan itu kamu akan mendapatkan bayaran lebih besar dan nama yang terpandang dibandingkan dengan pegawai lain.

Tapi, sebelum mendapatkan posisi tersebut, ada sikap atau kebiasaan yang perlu kamu perhatikan dalam bekerja. Beberapa sikap ini kalau kamu terapkan bisa membuatmu menjadi salah satu kandidat untuk promosi naik jabatan. Simak artikel nya berikut ini.

1. Hubungan Baik Dan Mampu Bekerjasama Dengan Tim

Ada kala nya suatu misi perusahaan itu di kerjakan berdasarkan tim, Kalau kamu mau cepat naik jabatan, saat bekerja dalam tim tunjukkan kemampuanmu. Jangan selalu mengandalkan orang yang ada di dalam tim, tapi jadilah leader disana. Setidak nya kamu aktif dan memiliki peran penting dalam sebuah team.

Tunjukkan kalau kamu adalah karyawan yang peduli dengan karyawan yang lain. Itu membuktikan bahwa kamu juga bisa bekerja secara tim. Ini tentunya akan membuatmu disukai oleh semua karyawan, dan mereka pasti akan mendukungmu untuk dipromosikan agar cepat naik jabatan.

2. Usahakan Selalu Datang Paling Awal

Lebih cepat lebih baik, mungkin sikap ini cocok untuk kamu terapkan dalam pekerjaan mu. Datanglah lebih awal sebelum jam kerja masuk. Juga tidak ada salahnya kalau kamu masih berada di kantor lebih lama dari jam kerja yang di tentukan.

Ini bisa jadi poin plus buat kamu, terutama jika kamu adalah pegawai baru disana. Atasanmu pasti akan menyadari siapa saja pegawainya yang paling rajin dan disiplin. Dengan datang lebih awal, tentu kamu sudah termasuk sebagai pegawai yang rajin dan disiplin.

3. Sampaikan Ide Dan Pendapatmu Saat Meeting

Salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan perhatian dari atasanmu adalah dengan menjadi karyawan yang aktif. Saat sedang meeting atau briefing, ikutlah berkontribusi dengan cara mengutarakan ide, saran, dan pendapatmu.

Jangan takut kalau pendapat dan idemu ditolak, setidaknya kamu sudah menunjukkan aksimu pada atasanmu. Dengan catatan kamu harus berusaha untuk memberikan ide atau saran yang berbobot. Penyampaian nya pun jangan bertele-tele, tapi sampaikan secara singkat, padat dan jelas dengan intonasi yang tepat. Buatlah atasanmu selalu bergantung dengan kemampuan yang kamu miliki, sehingga kamu di anggap memiliki peran/jabatan penting dalam sebuah perusahaan.

4. Tunjukkan Sikap Dan Bahasa Tubuh Yang Benar

Selain dari penampilan, hal penting yang dinilai orang adalah sikap dan bahasa tubuh kita. Bahasa tubuh adalah komunikasi non verbal, sehingga apapun gerakan tubuh yang kamu lakukan memiliki makna tertentu yang akan diinterpretasikan oleh orang lain.

Oleh sebab itu kamu harus bisa menunjukkan bahasa tubuh yang benar. Misalnya berjalan dengan tegap, murah senyum, salam dan menatap ramah setiap orang. Dengan bahasa tubuh seperti ini, semua orang pasti yakin dengan dirimu.

5. Giat Dan Konsisten Dalam Bekerja

Bekerjalah secara konsisten, Jangan banyak membuang waktu kerjamu dengan melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan job desk kamu. Jangan sampai atasan melihatmu sedang bersantai-santai saat jam kerja. Kalau memang ingin beristirahat, lebih baik pergi ke tempat istirahat sejenak. Lalu segeralah kembali ke meja kerja dan selesaikan pekerjaanmu.

Aturlah jadwal pekerjaanmu sebaik mungkin. Jadwal yang teroganisir bisa membuatmu terlihat lebih profesional dalam bekerja. Kamu jadi lebih mudah melakukan pekerjaanmu, selain itu kamu bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil, sehingga kamu akan mendapatkan penilaian yang baik dari atasanmu.

6. Inisiatif Dan Peduli Terhadap Lingkungan

Tunjukkan juga kalau kamu peduli terhadap lingkungan kerja. Beranikan diri untuk memberikan ide dan masukan pada atasanmu jika kamu punya ide mengenai lingkungan kerja. Seperti kurangnya inventaris kantor atau ada beberapa peralatan kantor yang harus di perbaruhi.

Bila perlu sumbangkan sedikit uangmu untuk membeli perlataan tersebut, jadi tidak harus menunggu dana perusahaan. Atasanmu pasti akan sangat senang jika ada karyawan yang memiliki Inisiatif dan perduli terhadap lingkungan perusahaannya.

7. Belajarlah Dari Kesalahan Yang Kamu Alami

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, apalagi saat bekerja. Jadi kalau kamu pernah melakukan beberapa kesalahan, dan itu lumrah terjadi. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Bukan lari dari masalah! Bekerjalah secara profesional. Terimalah kritik sebagai acuan untuk memotivasi kamu dalam bekerja.

Belajar itu tidak mengenal usia dan kedudukan bahkan semakin tinggi posisi kamu di perusahaan semakin banyak pula hal yang harus kamu pelajari, belajar itu penting guna mengasah kemampuanmu. Tunjukkan kepada atasan kalau kamu memiliki keinginan kuat untuk selalu mencari tahu dan menemukan solusi setiap masalah yang terjadi di perusahaan.

8. Penuh Integritas Dan Kejujuran Dalam Bersaing

Dimanapun kamu bekerja kejujuran selalu menjadi yang utama, bersainglah dengan cara yang bersih dan jujur. Jangan pernah tergiur untuk melakukan kecurangan saat bekerja sekalipun itu adalah hal yang sepele. Karena lambat laun kecurangan itu akan terbongkar dan kamu akan menerima akibatnya sendiri.

Bersainglah secara sehat, sekalipun rekan kerjamu lebih unggul dari padamu tapi kalau tidak ada kejujuran dalam diri nya maka dia bukanlah seorang karyawan yang bisa di beri tanggung jawab. Dan kamu akan di pertimbangkan untuk menerima jabatan yang lebih baik jika kamu berhasil menerapkan sikap integritas dan kejujuran dalam bekerja.

Kesimpulan

Persaingan itu selalu terjadi kapan dan dimana saja, begitu pula di dunia kerja. Kamu harus bersaing dengan rekan kerjamu untuk menunjukkan performa yang profesional demi bisa bertahan sebagai seorang karyawan dengan loyalitas kerja yang tinggi.

Kalau kamu merasa jabatan atau posisi kerjamu tidak kunjung naik juga, mungkin kamu perlu menerapkan sikap ini dalam bekerja, jangan pernah mengeluh dalam pekerjaanmu. Tunjukan kalau kamu adalah pekerja yang bertanggung jawab. Karena kalau dalam hal kecil saja kamu belum bisa menyelesaikan masalah bagaimana dengan tanggung jawab yang lebih besar? Selamat berjuang.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
515
2
Lencana
Kongkow