0
30
0
Hati-Hati, Inilah 6 Penyebab Otak Kamu Mulai Susah Berkonsentrasi
2 weeks 'ago'

Selain faktor usia, tanpa kita sadari kebiasaan-kebiasaan sepele yang kita lakukan setiap harinya berpengaruh pada kinerja otak kita lho. Akibatnya kita mulai sulit berkonsentrasi dan mulai malas mengejarkan pekerjaan kita.

Nah, berikut ini 6 penyebab kenapa otak kamu mulai sulit berkonsentrasi.

1. Kurang tidur

Salah satu penyebab kenapa otak kita sulit diajak untuk berkonsentrasi adalah kurang tidur. Yups, idealnya  orang dewasa itu perlu tidur sekitar 8-10 jam per harinya.

Nah, jika kamu kurang tidur setelah beraktivitas seharian, maka ini akan berdampak pada keesokan harinya. Otak kamu bakalan kekurangan suplai oksigen akibat kurang istirahat dan alhasil kamu bakal merasa seperti mabuk dan pusing. Kalo sudah begini pasti otak kamu sudah pasti sulit untuk berkonsentrasi.

2. Jarang melatih otak

Hal kedua penyebab otak kamu mulai sulit untuk berkonsentrasi adalah karena jarang dilatih.Yups, emang terkadang kalo otak kita jarang diasah maka akan mengalami penurunan kinerja. Otak yang jarang dilatih untuk berpikir keras dan lebih sering dibiarkan santai maka akan memicu otak kita menjadi lemot.

Coba deh kamu iseng-iseng mengisi teka-teki silang atau menghitung semua total belanja kamu dengan menggunakan otak kamu tanpa bantuan alat teknologi, sehingga otak kamu jadi terbiasa bekerja dan gak malas-malasan.

3. Terlalu bergantung dengan teknologi

Memang di zaman sekarang kita gak bisa terlepas dari yang namanya gadget. Apalagi anak millennial, teknologi itu udah seperti kebutuhan pokok yang mesti dipenuhi. Eits, tapi kamu mesti hati-hati nih guys, kalo kamu terlalu bergantung pada kecanggihan teknologi ini juga bakal berdampak pada kinerja otak kamu.

Misalnya aja untuk kegiatan sehari-hari kamu, daripada diingatkan oleh gadget, mendingan kamu coba deh mengingatnya sendiri deh. Atau gak kamu coba menulis menggunakan kertas dan pulpen untuk setiap kegiatan yang bakal kamu lakukan. Ini juga bakal ngelatih otak kamu supaya berpikir dan gak malas-malasan. Kalo tiba-tiba gadget kamu mati, kamu bisa lupa deh semuanya.

4. Mengonsumsi gula berlebihan

Makanan manis emang rasanya enak sih, tapi kalo kebanyakan bisa buat otak kamu lemot nih guys. Soalnya kalo kita kelebihan mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang cukup tinggi, maka kinerja otak kita cepat menurun. Hal ini disebabkan terganggunya penyerapan zat-zat penting untuk tubuh dan otak, sehingga nutrisi buat otak tidak tercukupi.

Lebih jelasnya lagi, menurut ahli dari Charite University Medical Centre, Jerman, gula darah berlebih (akibat konsumsi gula berlebih) bisa menyebabkan dan membahayakan struktur serta fungsi otak. Kondisi ini bisa membuat bagian otak yang terdapat di area hipokampus menjadi mengecil. Padahal, area hipokampus ini berguna untuk mengingat suatu kejadian atau fakta.

Dengan kata lain, kemampuan otak untuk mengingat akan terganggu bila otak mengalami kelebihan gula. So, makanlah secukupnya.

5. Jarang olahraga

Gak cuma bagus untuk kebugaran tubuh, ternyata olahraga juga sangat penting untuk otak kita lho. Soalnya, jika kita jarang sekali olahraga maka tubuh kita terasa kurang sehat dan fit,sehingga ini juga berdampak pada otak kita. Olahraga juga membantu proses pendistribusian oksigen ke otak lebih lancar. Tapi, kalo kamu jarang bergerak pasti deh yang ada kamu jadi malas dan juga sulit berkonsentrasi.

6. Stres berlebihan

Terakhir, penyebab kenapa otak kamu mulai sulit berkonsentrasi adalah karena terlalu stres. Yups, stres yang berlebihan bakalan berdampak pada kinerja otak kamu dan jika dibiarkan, lama kelamaan saraf otak kamu menjadi lemah. Soalnya, saat kamu stres pematangan sel saraf di otak kamu terhambat. So, gara-gara hal ini  memori kamu menjadi rusak dan membuat motivasi berkurang.

Jadi ada baiknya kamu refreshing sebentar biar ga jenuh dan otak kamu bakalan ga lemot lagi.

Itu dia tadi 6 penyebab kenapa otak kamu mulai sulit berkonsentrasi. Mulai sekarang tinggalin kebiasaan sepele tersebut agar gak pikun dini ya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow