0
73
0
Yuk, Intip 8 Cara Membuat Anak Cerdas Berdasarkan Hasil Penelitian Ini!
3 months 'ago'

Setiap orang tua tentu menginginkan anak mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas. Bahkan, beberapa orang tua rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya demi meningkatkan kecerdasan anaknya sejak kecil. Namun, permasaalahan muncul ketika investasi orang tua terhadap tingkat kecerdasan anaknya ternyata tidak mampu memberikan hasil seperti yang diharapkan. Sehingga kemudian masalah di sini tidak terletak pada banyak tidaknya uang yang diinvestikan oleh orang tua, melainkan efektif atau tidakkah program peningkatan kecerdasan yang diikuti oleh anak.

Nah, jika kamu termasuk orang tua yang menginginkan keturunan yang cerdas, maka setidaknya ikutilah 8 cara membuat anak cerdas berikut ini yang diambil dari data sejumlah hasil penelitian. Penasaran?

1. Cara membuat anak cerdas melalui belajar aktif

Seorang anak akan cenderung lebih memahami suatu pelajaran apabila ia juga aktif dalam proses pembelajaran. Istilah learning by doing sendiri atau belajar dengan melakukan tidaklah lahir begitu saja, melainkan berdasarkan sejumlah penelitian tentang pengaruh belajar aktif terhadap tingkat pemahaman seseorang. Jadi, mulai saat ini biasakanlah anak untuk aktif belajar dengan cara memberikan alokasi waktu yang jauh lebih banyak untuk praktik dibandingkan membaca atau mendengarkan teori, ya!

2. Cara membuat anak cerdas memalui pemberian nutrisi yang tepat

Hasil penelitian berulang kali menunjukkan pengaruh makanan terhadap daya kognitif seseorang. Makanan yang mengandung nutrisi yang tepat dan seimbang terbukti mampu meningkatkan kecerdasan seorang anak. Lain kali ketika anakmu meminta makanan, pastikan ia mendapatkan makanan dengan nutrisi yang baik untuk otak dan tubuhnya, ya!

3. Cara membuat anak cerdas dengan menjadi orang tua yang menyenangkan

Tingkat kebahagiaan seorang anak secara langsung juga dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan yang dimilikinya. Oleh karena itu, kamu sebagai orang tua wajib senantiasa menjadi orang tua yang bahagia dan menyenangkan buat anakmu. Dengan begini, bisa dipastikan anakmu akan selalu dalam keadaan bahagia dan juga cerdas.

4. Memberi anak lingkungan yang tepat

Menurut Malcom Gladwell, lingkunganmempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku dan tingkat kecerdasan anak. Jika anakmu berada di lingkungan dengan sekumpulan anak yang lebih pintar, maka kemungkinan besar tingkat kecerdasan anakmu pun akan  meningkat melebihi atau paling tidak sesuai dengan tingkat kecerdasan anak di lingkungannya.

5. Memastikan anak mendapatkan tidur yang cukup

Memastikan anak mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya merupakan salah satu cara membuat anak cerdas yang bisa orang tua lakukan. Bahkan menurut penelitian, kehilangan satu jam tidur sama dengan kehilangan dua tahun perkembangan dan tingkat kematangan kognitif seorang anak. Dampak signifikan yang dari pengaruh kekurangan tidur ini seharusnya membuat kamu sebagai orang tua lebih memperhatikan kualitas tidur anak kamu.

6. Meningkatkan disiplin diri pada anak

Faktanya, IQ tidak lebih berpengaruh terhadap kesuksesan seorang anak jika dibandingkan dengan pengaruh disiplin diri. Menurut Charles Duhig, disiplin diri mampu memprediksi performa akademik seseorang jauh lebih baik dibandingkan IQ. Disiplin diri mempunyai efek yang lebih besar terhadap performa akademik seseorang dibandingkan bakat kecerdasan yang dimiliki.

7. Membiasakan olahraga yang rutin

Olahraga juga mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat kecerdasan seorang anak. Menurut penelitian, olahraga yang rutin dapat meningkatkan kemampuan seorang anak untuk belajar. Setelah melakukan olahraga, seseorang dapat menghafal kosa kata baru 20% lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak. Bahkan, hanya dengan 3 bulan olahraga rutin, darah yang mengalir pada bagian otak yang khusus mengatur memori dan pembelajaran meningkat 30%. Keren, ya!

8. Cara membuat anak cerdas dengan belajar musik

Penelitian menunjukkan bahwa belajar musik mampu membuat seorang anak lebih pintar. Dibandingkan dengan anak-anak yang berada di dalam grup kontrol, anak-anak yang termasuk dalam kelompok musik menunjukkan peningkatan yang lebih besar pada IQ mereka, termasuk peningkatan pada prestasi akademik.

Itulah sejumlah tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Semoga 8 cara membuat anak cerdas di atas bisa membuat kamu semakin bijak dalam menjalani peran kamu sebagai orang tua yang mendukung peningkatan kecerdasan anak, ya! Good luck!

Follow Us On :
Ranking
1
azzahra
125
2
3
4
5
Lencana
Kongkow