Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Metode Alami untuk Menguatkan Daya Ingat

5 Metode Alami untuk Menguatkan Daya Ingat

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 19:00 WIB
5 Metode Alami untuk Menguatkan Daya Ingat

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Otak bisa dikatakan sebagai mesin dalam diri manusia. Semua aktivitas yang kita lakukan semuanya bersumber pada otak. Termasuk juga kemampuan dalam mengingat sesuatu. Kemampuan ini sangat bergantung pada kerja otak. Daya ingat setiap orang akan mengalami kemunduran dengan bertambahnya usia. Namun ada beberapa orang masih memiliki daya ingat yang kuat walaupun usianya sudah cukup lanjut. Hal ini terkait dengan bagaimana seseorang menjaga kesehatan tubuh dan pikirannya sehingga tetap prima di usia yang tidak muda lagi. Untuk menjaga agar kemampuan otak tetap berfungsi dengan baik, ada baiknya otak dijaga kesehatan dan dilatih sejak muda agar tetap berfungsi dengan baik.

Berikut metode alami untuk meningkatkan daya ingat atau memori:
1. Jangan pernah berhenti belajar

Belajar tidak hanya dilakukan oleh mereka yang sekolah, namun belajar bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai cara dan dimana saja. Belajar bisa dilakukan dengan rajin membaca berbagai hal dari majalah, koran atau situs internet, atau mencari informasi-informasi baru dan berdiskusi dengan teman atau saudara mengenai topik-topik menarik yang berkembang di masyarakat.

2. Suplemen alami
Untuk melengkapi kebutuhan tubuh dan otak akan kelengkapan vitamin yang diperlukan, tidak ada salahnya menambahkan beberapa suplemen pendukung seperti vitamin B12, juga minyak ikan cod yang mengandung omega 3, vitamin A dan D.

3. Latihan fisik secara teratur
Latihan fisik atau olahraga dapat meningkatkan sistem peredaran darah. Latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti lari pagi atau berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan otak. Penelitian menunjukan bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggunya akan mampu meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun. Selain itu, olahraga yang cukup akan memperbaiki kualitas tidur dan mengoptimalkan fungsi otak.

4. Konsumsi makanan yang baik untuk otak
Kita makan setiap hari dan apa yang kita makan akan mempengaruhi kinerja dan kondisi tubuh secara keseluruhan termasuk daya ingat kita dalam jangka panjang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berpengaruh untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf otak yang mengontrol daya ingat. Makanan yang bermanfaat bagi sistem saraf otak adalah makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin.

Agar kesehatan otak lebih optimal, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh (saturated fat) juga lemak trans yang tidak sehat. Sementara untuk stamina mental, pilihlah karbohidrat kompleks seperti makanan yang terbuat dari gandum utuh dan beras merah.

5. Relaksasi dan bersosialisasi
Interaksi sosial yang baik antar teman dan keluarga akan mengurangi tingkat stres sehingga mencegah kerusakan sistem tubuh yang dapat melemahkan sistem kerja otak dan jantung. Tidak ada salahnya ikut aktif menjadi relawan di organisasi sosial, sehingga Anda bisa melakukan interaksi dengan banyak orang yang membutuhkan tenaga dan pikiran Anda.

Cara meningkatkan daya ingat otak juga bisa dengan permainan. Tentunya permainan yang bisa mengasah otak, misalnya teka-teki silang ataupun permainan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan atau daya ingat otak.

Cari Artikel Lainnya