Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Cara untuk Mengembangkan Disiplin Diri

6 Cara untuk Mengembangkan Disiplin Diri

- Sabtu, 04 Mei 2019 | 11:05 WIB
6 Cara untuk Mengembangkan Disiplin Diri

1. Ambil beberapa langkah kecil secara konsisten:

Agar bisa tumbuh menjadi seorang yang benar-benar disiplin hanyalah diperlukan beberapa langkah kecil namun KONSISTEN. Anda tidak bisa menjadi seorang yang disiplin hanya dalam sekejap malam. Orang yang berusaha melakukan hal tersebuat akan menyerah dan kembalilah mereka tidak berdisiplin seperti pada awalnya. Disiplin memerlukan waktu untuk berkembang, tetapi Anda harus ditentukan. Semakin Anda berusaha mengambil langkah-langkah disiplin, akan menjadi semakin kuat. Misalnya, mulailah dengan sesuatu yang kecil namun bisa membuat Anda merasa nyaman. Hal-hal kecil itu bisa berupa olahraga selama 15 menit setiap hari, bangun 10 menit lebih awal dll. Jika Anda merokok 20 batang rokok setiap hari dan Anda ingin mendisiplinkan diri untuk menghentikan kebiasaan tersebut, anda dapat mulai dengan merokok 19 batang, selanjutnya 18 batang dan mengurangi satu batang setiap hari. Dengan beriringnya waktu pada ahirnya anda akan bisa berhenti merokok. Jika Anda menbrusaha untuk berhenti merokok secara serta merta, pada uung-uungnya adanda akan kembali melkaukannya. Intinya adalah Anda harus mengambil langkah-langkah kecil setiap hari secara konsisten.

2. Cobalah untuk tidak menunda-nunda:

Buatlah daftar apa saja yang ingin anda capai dan cobalah untuk mengambil tindakan segera. Tetapkan tenggat waktu dan buatlah janji pada diri anda sendiri bahwa Anda akan melakukan rencana-rencana Anda itu sampai Anda benar-benar menyelesaikannya. Cobalah untuk tidak menunda-nunda. Menunda-nunda hanya akan melemahkan Anda dan menghalangi anda menjadi orang yang berdisiplin. Ketika Anda mencapai tujuan-tujuan kecil, maka hal itu akan memperkuat batin Anda untuk menetapkan tujuan-tujuan lebih banyak lagi dan mencapainya. Efek kumulatifnya adalah bahwa Anda akan meningkatkan kekuatan pikiran Anda yang memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan yang lebih besar dan mencapainya.

3. Perhitunhkan Setiap Hari:

Upayakan untuk berlatih disiplin-diri dalam hal-hal kecil setiap hari. Bisa bangun pagi-pagi pada jam 05:00 untuk belajar selama minimal 15 menit sebelum anda berolah raga selama 15 menit berikutnya. Jika Anda melewatkan satu hari saja, maka tingkat kedisplinan Anda akan turun dan hal ini pada ahirnya akan melemahkan tekad Anda.

4. Visualisasikan pencapaian akhir Anda:

Luangkan waktu untuk memvisualisasikan sesuatu yang bisa terlihat saat Anda mencapai tujuan Anda dan juga aspirasi sebagai akibat dari langkah-langkah disiplin setiap hari yang anda ambil. Gariskan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda dan ambil tindakan segera. Proses visualisasi akan membantu Anda untuk menjaga momentum bahkan ketika Anda terganggu dengan keinginan-keinginan yang tidak penting.

5. Dapatkan seseorang untuk melatih Anda:

Dapatkan seseorang untuk memantau kemajuan Anda. Hal itu bisa berupa seorang teman dari seorang coach terlatih. Manfaat memiliki seorang pelatih sangatlah banyak. Seorang pelatih akan menunjukkan di mana titik kesalahan anda dan akan menempatkan Anda pada jalur yang benar. Artinya, dengan begitu tingkat pertumbuhan anda menjadi lebih cepat.

6. Belajarlah untuk menolak kepuasan Instan:
Praktikkan kebiasaan untuk menolak beberapa keinginan Anda yang menyenangkan. Jika Anda suka menonton televisi tanpa henti, batasi berapa jam Anda akan menghabiskan di depan layar TV, hal ini dapat dicapai ebih cepat dengan menetapkan batas waktu. Hindarkan diri dari kebiasaan yang menurunkan tekad Anda untuk berdisiplin, misalnya seperti banyak minum alkohol. Tolak lah kesenangan sesaat dan paksakan diri anda untuk melakukan apa yang penting saat ini. Sebelum mengambil tindakan, pikirkan terlebih dulu. Pikirkan tentang efek jangka panjang dari tindakan Anda.

Disiplin diri membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh dari diri anda. Meskipun mungkin tidak mudah pada awalnya, tapi dengan kegigihan dan kesungguhan, Anda akan menguasai dan mengambil kendali seleuruhnya atas hidup Anda.

Cari Artikel Lainnya