Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Kemampuan Afektif yang Baik

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Kemampuan Afektif yang Baik

- Selasa, 02 April 2019 | 12:00 WIB
5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Kemampuan Afektif yang Baik

Manusia merupakan makhluk paling sempurna yang Tuhan ciptakan, hal ini karena mereka telah dibekali oleh kemampuan kognitif maupun afektif atau kasih sayang. Inilah yang menyebabkan manusia memiliki rasa peduli antar sesama dan melibatkan emosional dan logikanya secara bersamaan.

Meski telah dibekali kemampuan luar biasa, tidak sedikit orang yang cenderung menggunakan kognitifnya saja sehingga kurang mampu bersikap peduli dengan orang lain. Tentunya afektif bukan merupakan pilihan, melainkan hal yang wajib dimiliki setiap orang.

Untuk kamu yang penasaran mengenai alasan mengapa orang harus mampu memiliki kemampuan afektif yang baik, simak yuk apa saja!

1. Manusia adalah makhluk sosial

Manusia adalah makhluk yang saling bergantung dengan orang lain dan mustahil jika tidak membutuhkan orang lain dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa manusia harus memiliki kemampuan afektif yang baik, karena pada dasarnya manusia akan selalu berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

2. Agar memiliki lingkar sosial yang baik

Orang dengan kemampuan afektif yang baik tentu akan mudah bergaul dengan orang lain, hal ini akan menyebabkan mereka memiliki lingkar sosial yang baik dan luas. Lingkar sosial mereka pun cenderung akan berisi orang-orang yang juga memiliki kemampuan afektif yang baik sehingga mereka dapat berinteraksi dengan mudah.

Sebaliknya, orang dengan kemampuan afektif yang kurang baik tentu akan kesulitan menemukan seseorang yang cocok dan cenderung apatis.

3. Empati dan simpati terhadap sesama

Afektif merupakan rasa kasih sayang dan kepedulian seseorang yang berlandaskan kepada hati, berbeda halnya dengan kognitif yang berdasarkan logika dari otak. Ini merupakan hal yang cukup sensitif, tetapi bagi orang dengan kemampuan afektif baik tentu mereka akan mudah untuk saling peduli satu sama lain apalagi jika salah satunya sedang dalam kesusahan maka akan timbul rasa simpati dan empatinya.

4. Tingkatan tertinggi dari seorang manusia adalah perasaannya

Mungkin banyak orang mengatakan bahwa tingkatan tertinggi dari seseorang adalah perasaannya karena tidak semua orang mampu memiliki kemampuan afektif yang baik. Hal ini pula yang menjadi pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya. Jadi karena itulah setiap manusia wajib memiliki kemampuan afektif yang baik dengan rasa kepeduliaan yang tinggi terhadap sesama.

5. Memiliki kemampuan kognitif baik akan percuma bila kemampuan afektifnya buruk

Mungkin pada poin ini dapat dikatakan secara kasar bahwa percuma saja memiliki kecerdasan bila tidak mampu memiliki kepedulian terhadap sesama. Dunia ini sudah memiliki banyak orang yang cerdas secara kognitif, tetapi kurang dalam hal afektif. Inilah mengapa kecerdasan afektif harus terus ditekankan agar semua orang memiliki kognitif dan afektif yang seimbang.

Nah, 5 alasan diatas menjelaskan bahwa kecerdasan afektif merupakan hal terpenting diatas kecerdasan kognitif. Akan sangat baik bila kita memiliki keduanya secara seimbang. Bagaimana menurutmu?

Cari Artikel Lainnya