0
61
0
11 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Blog atau Website
3 months 'ago'

Hampir setiap orang sekarang memiliki blog atau website dengan tujuan bisnis atau sekedar meluangkan waktu dengan menyalurkan hobi menulis, atau sekedar bersosialisasi dan berinteraksi dengan komunitas di dunia maya. Bagaimana dengan anda ?

Jika ingin mempunyai blog, berikut ada 11 tips yang patut disimak sebelum mendesain blog atau website anda.

1. Content: Bagian terpenting dari sebuah blog atau website adalah content atau isi. Isi tulisan harus orisinil sebagai hasil tulisan anda. Jika memang harus mengutip, sebutkan sumbernya dengan jelas. Kita harus selalu menjaga etika dalam hal tulis menulis untuk menghindari plagiarisme. Isi juga harus bersifat informatif, sehingga bermanfaat sebagai sumber pengetahuan bagi pengunjung anda. Jika isi websiteatau blog anda bagus, pengunjung akan selalu kembali dan kembali berkunjung untuk membaca tulisan baru.

2. Warna: Sebaiknya hindari penggunaan background berwarna hitam atau gelap, karena akan menyebabkan teks sulit dibaca dan akan menyiksa mata. Banyak orang mengalami kesulitan saat membaca teks berwarna putih atau warna-warna terang lainnya dengan dasar / background hitam atau gelap. Untuk blog berisi artikel, teks berwarna hitam dengan background putih atau mendekati putih adalah pilihan terbaik. Jika memilih banyak warna, aturlah dengan baik dan proporsional di semua halaman untuk tetap memberi kesan bahwa blog atau website anda konsisten dan berkesinambungan.

3. Layout: Layout yang baik akan membuat blog atau website anda user-friendly, sehingga pengunjung situs akan bisa menemukan apa yang mereka cari dengan mudah. Blog atau website yang terlalu padat dan kacau akan membuat pengunjung anda kewalahan dan bingung. Jagalah kerapian, keteraturan, serta keringkasan.

4. Menu Navigasi / Daftar Isi: Dengan menu navigasi yang baik, pengunjung akan merasa betah untuk berkunjung ke blog atau website anda. Apalagi jika anda membuat daftar isi. Pengunjung akan mudah mengetahui isi blog anda untuk menemukan apa yang mereka cari. Link atau informasi yang penting harus terletak di lokasi yang mudah ditemukan dan mudah terlihat dan diakses oleh pengunjung. Jangan lupa untuk memeriksa apakah semua link berfungsi dengan baik.

5. Menggunakan Bahasa yang Baik: Penggunaan bahasa juga cukup penting bagi sebuah website. Gunakanlah ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar, apalagi jika blog anda menggunakan bahasa Inggris. Aspek bahasa yang baik dan sopan akan berpengaruh terhadap kesan pengunjung terhadap blog atau website kita.

6. Kecepatan: Coba ingat-ingat bagaimana perasaan anda saat membuka sebuah website, lalu selama 3-5 menit ke depan yang tampak hanyalah screen berwarna putih yang blank, dan bukan karena disebabkan oleh gangguan internet. Tapi karena desain blog yang tidak baik. Pasti kemungkinan besar anda akan berkata pada diri sendiri, "ah, kabur sajalah". Kebanyakan pengunjung akan segera membatalkan niatnya jika website yang mereka kunjungi bermasalah saat akan dibuka. Gangguan saat loading bisa disebabkan oleh gambar-gambar berukuran besar, atau link yang bermasalah. Hargailah waktu orang lain. Jangan buat mereka menunggu.

7. Gambar: Bersikaplah selektif dalam memasang gambar atau banner berukuran besar. Tapi,memasang terlalu banyak banner atau gambar yang berukuran besar dapat memperlambat waktu loading . Pengunjung akan membutuhkan waktu lama untuk membuka blog anda. Ingat, tidak semua orang menggunakan layanan internet berkecepatan tinggi. Pengunjung pasti tidak akan suka jika diharuskan menunggu halaman website yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk dibuka. Gambar memang dapat mempercantik blog anda. Tapi bersikaplah selektif dalam memilih gambar. Jika mungkin, perkecil ukurannya tanpa harus mengorbankan penyampaian isi blog anda.

8. Audio: Jika anda memang membutuhkan file audio di website anda, ubahlah setting atau pengaturannya agar pengunjung bisa memilih apakah mereka ingin mendengarkan audio tersebut atau tidak. Buatlah agar pengunjung mudah mengendalikannya.

9. Halaman Pop-up: Pop-up adalah suatu halaman lain yang secara otomatis akan terbuka pada new window saat kita membuka suatu halaman. Walaupun sekarang sudah banyak orang memanfaatkan pop-up blocker, namun tetap saja pop-upbersifat mengganggu, karena tidak dikehendaki oleh pengunjung. Lebih baik tambahkan saja sebuah form di salah satu bagian blog yang dapat dilihat dengan jelas.Cara ini lebih sopan, efektif dan tidak mengganggu pengunjung.

10. Iklan: Iklan dalam porsi yang wajar tidak menimbulkan masalah, bahkan bisa menjadi sumber informasi dan referensi baru yang dibutuhkan oleh pengunjung anda. Di samping itu, website memang membutuhkan iklan sebagai sumber penghasilan agar terus bisa bertahan. Tapi terlalu banyak iklan juga tidak baik bagi blog atau website kita. Di samping akan membingungkan pengunjung, pengunjung kemungkinan akan kehilangan fokus terhadap blog kita

11. Pendapat Pihak Ketiga: Mintalah seseorang yang cukup berpengalaman dalam desain web, atau boleh juga mengadakan polling bagi pengunjung, untuk menilai blog atau website anda secara jujur dan obyektif, bahkan mengkritiknya bila perlu. Memang akan ada unsur personal atau subyektif didalamnya tapi anggaplah sebagai sebuah masukan. Kita tidak mungkin dapat memuaskan setiap orang. Tujuan terpenting adalah bagaimana agar blog atau website kita berfungsi sebagaimana yang kita harapkan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow