Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Manfaat Sehat Mengkonsumsi Bawang Merah Mentah

Manfaat Sehat Mengkonsumsi Bawang Merah Mentah

- Jumat, 01 April 2022 | 08:30 WIB
Manfaat Sehat Mengkonsumsi Bawang Merah Mentah

Bawang merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L. Merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae. Umbi yang dihasilkan tanaman ini digunakan sebagai bumbu masakan. Ada yang dihaluskan bersama bumbu lainnya maupun dijadikan bawang goreng sebagai pewangi dan penyedap masakan. Jika Anda pernah mengetahui orang tua zaman dahulu sering kali mengkonsumsi bawang merah yang masih mentah, maka kini Anda akan tahu mengapa mereka melakukan hal tersebut. Bawang merah memiliki banyak manfaat mengejutkan untuk kesehatan tubuh. Dan berikut beberapa manfaat mengkonsumsi bawang merah untuk kesehatan.

Menyehatkan Jantung

Siapa yang tidak ingin memiliki jantung sehat. Bisa dipastikan semua orang menginginkan organ manusia paling penting ini selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Agar jantung Anda selalu sehat, cara mudah yang bisa dilakukan adalah memperbanyak makan bawang merah. Nutrisi dan vitamin yang terkandung pada bawang merah mampu melindungi jantung, paru-paru bahkan liver dari berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Atasi Radang Tenggorokan

Biasanya saat pergantian musim atau pancaroba, tidak sedikit orang yang terserang flu bahkan mengalami radang tenggorokan. Agar pergantian musim kali ini Anda tidak mengalami radang tenggorokan atau sembuh dari radang tenggorokan, cobalah untuk mengkonsumsi bawang merah mentah. Nutrisi yang terkandung dalam bawang merah dipercaya sangat baik untuk mengatasi radang tenggorokan.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan serta berisiko bagi siapapun. Untuk mencegah risiko kanker, pastikan untuk memanfaatkan bawang merah mentah. Pada bawang merah mengandung banyak senyawa belerang juga sulfur. Senyawa inilah yang dapat melindungi tubuh dari berbagai risiko kanker seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker prostat, kanker usus dan kanker paru-paru.

Mengontrol Diabetes

Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari makan bawang mentah. Jika dikonsumsi mentah, bawang meningkatkan produksi insulin. Jadi, jika Anda penderita diabetes, makanlah bawang mentah dalam bentuk salad secara teratur.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda memiliki masalah dengan berat badan? Sudah berulang kali mencoba diet namun tubuh tidak kunjung l

Cari Artikel Lainnya