0
56
0
Hati-Hati! Sering Minum Soda Bisa Mempercepat Penuaan
3 months 'ago'

Sudah bukan rahasia lagi bahwa terlalu sering minum minuman bersoda bisa memicu banyak penyakit serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Tapi tahukah Anda ? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health, minum soda juga bisa mempercepat proses penuaan dengan efek penuaan setara dengan yang diakibatkan oleh rokok. Terdapat beberapa faktor yang bisa mempercepat proses penuaan yang diakibatkan oleh soda. Jika kebetulan Anda memiliki masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, gangguan ginjal, psoriasis atau diabetes, efek soda bisa lebih berbahaya.

Minum soda, terutama soda manis, akan mengakibatkan penuaan dini pada sel imun yang membuat tubuh mengembangkan berbagai penyakit kronis. Sesekali minum minuman bersoda mungkin tidak akan menimbulkan efek apapun, tapi meminumnya setiap hari dalam jumlah banyak tentu akan lain ceritanya. Sebuah penelitian mengungkap bahwa efek minum soda setiap hari sebanding dengan merokok. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana soda mempercepat penuaan, berikut penjelasannya:

Efek pada kromosom
Telomere yang terdapat pada kromosom sangat mempengaruhi terhadap proses penuaan pada diri seseorang. Semakin tua seseorang, maka telomerenya juga akan semakin pendek. Mengkonsumsi soda dapat memicu pemendekan pada telomere semakin cepat maka proses penuaan juga akan semakin cepat.

Memperlambat regenerasi sel
Regenerasi sel sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, guna mendapatkan tubuh yang selalu sehat dengan mengganti sel tua dengan sel yang lebih fres atupun baru. Salah satu penyebab lambatnya regenerasi sel yakni minuman yang mengandung soda. Maka dari itu, kurangi mengkonsumsi minuman yang bersoda.

Dapat Mempengaruhi metabolisme
Minuman bersoda juga dapat menimbulkan proses metabilisme tubuh sangat sulit dan juga rumit, karena gula yang terkandung didalam soda tersebut dapat menimbulkan penyakit metabolisme yang berdampak pada proses penuaan lebih cepat.

Sangat Berpengaruh Terhadap kulit
Kulit kita memiliki lapisan yang namanya lapisan epidermis. Lapisan epidermis ini berfungsi untuk proses regenarasi pada kulit. Soda dapat mempengaruhi proses regenarasi tersebut sehingga dapat memicu peradangan serta dapat mempercepat penuaan.

Dehidrasi
Dehidrasi yaitu kekurangan ion pada tubuh, salah satu penyebabnya bisa karena berolahraga terlalu cape, selain itu ternyata minuman soda juga dapat membuat tubuh kita dehidrasi yang dapat memicu tubuh kekurangan cairan sehingga akan mempercepat proses penuaan.

Kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh yang baik akan membentengi tubuh kita dari berbagai macam jens penyakit, akan tetapi kebanyakan orang tidak tahu kalau minuman bersoda sebenarnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.Yang beresiko terserang penyakit semakin besar, tidak hanya itu saja, soda juga dapat mempercepat penuaan.

Itulah beberapa faktor yang dapat terjadi jika Anda terlalu sering minum soda. Kalau Anda ingin tetap sehat, bugar, dan awet muda, hilangkan kebiasaan minum soda sekarang juga!

 

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
Lencana
Kongkow