0
61
0
Manfaat Mengkonsumsi Jamur untuk Kesehatan
4 months 'ago'

Anda suka jamur? Jamur merupakan suatu jenis makanan yang termasuk dalam bangsa tumbuhan fungi. Jamur memiliki jenisnya masing-masing, baik itu shitake, tiram, kancing, dan lain-lain. Rasa yang dihadirkan jamur pun berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Walaupun terkesan sepele, jamur ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur.

Berikut beberapa manfaat jika mengkonsumsi jamur secara rutin:
1. Melawan kanker

Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker payudara dan kanker prostat. Di dalam jamur terkandung beta-glukan dan asam linoleat yang bersama-sama memiliki sifat anti efek karsinogen. Asam linoleat sendiri dapat menekan efek estrogen, dimana estrogen adalah faktor utama penyebab kanker payudara pada wanita yang sudah menopause. Sementara beta-glukan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat. Karena itu mengkonsumsi jamur secara teratur akan mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kanker prostat.

2. Menurunkan berat badan
Jamur kaya akan protein yang baik untuk tubuh, namun memiliki kadar lemak dan karbohidrat yang rendah. Untuk mencerna protein, tubuh akan membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh, sehingga jika Anda mengganti konsumsi daging dengan jamur, maka berat badan akan berkurang dan lingkar pinggang mengecil.

3. Baik untuk penderita Diabetes
Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin, mineral, serat, rendah lemak dan juga rendah karbohidrat, jamur juga mengandung insulin alami dan kandungan enzim yang membantu membatasi gula berlebih dalam tubuh. Selain itu, jamur mengandung senyawa tertentu yang akan membantu fungsi hati, pankreas dan kelenjar endocrinal yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh membentuk insulin dalam jumlah yang tepat. Jamur juga menghasilkan antibiotik alami yang dapat membantu melindungi penderita diabetes dalam mengatasi infeksi.

4. Menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh
Jamur mengandung vitamin, protein yang tinggi, karbohidrat yang rendah, tidak memiliki lemak dan serat yang tinggi akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan protein yang tinggi pada jamur juga membantu membakar kolesterol berlebih saat dicerna sehingga mengkonsumsi jamur secara teratur akan membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Jamur mengandung Ergothioneine dan selenium, yaitu antioksidan yang sangat efektif untuk memberikan perlindungan dari radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh dan juga melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis. Jamur mengandung antibiotik alami (mirip dengan penisilin) yang akan menghambat infeksi jamur, mikroba dan lain-lain. Selain itu, jamur juga dapat membantu menyembuhkan borok ataupun luka bisul dan melindungi dari infeksi. Jamur juga mengandung vitamin A, B-Kompleks dan C, yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada saat terkena sinar matahari, jamur akan memproduksi vitamin D. Bahkan dalam ekstrak jamur kancing, ada nutrisi vitamin D2 dan D3 yang terkandung di dalamnya.

6. Manfaat lain dari jamur
Jamur kaya akan kalsium dan selenium yang baik untuk kesehatan tulang, kuku, rambut serta gigi. Selain itu, jamur juga mengandung zat besi untuk mengatasi anemia, kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah, tembaga yang bersifat anti bakteri dan jamur mengandung vitamin D tertinggi setelah cod liver oil.

Itulah beberapa manfaat jamur untuk kesehatan tubuh. Namun jamur juga membutuhkan kecermatan dalam pemilihan dan pengolahannya. Oleh karena itu sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda perlu berhati-hati.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow