0
31
0
Kerap Tak Disadari, 6 Kebiasaan Pagi Ini Sebabkan Tubuh Meradang Lho!
3 weeks 'ago'

Inflamasi atau yang biasa disebut peradangan merupakan proses imunitas tubuh dalam merespon bahaya tertentu dalam tubuh. Biasanya, inflamasi memiliki beberapa gejala semacam timbulnya warna kemerahan, pembengkakan, hingga rasa panas ketika disentuh.

Kendati peradangan sendiri timbul untuk upaya melindungi diri, terdapat temuan pula bahwa peradangan dapat mengakibatkan masalah serius mulai dari asma hingga penyakit jantung.

Banyak faktor yang menyebabkan peradangan timbul. Namun, di antaranya ternyata adalah rutinitas yang umum dilakukan banyak orang saat pagi hari, yang tentu cukup tidak kita sadari. Berikut, enam kebiasaan pagi yang tak disangka dapat menyebabkan tubuh inflamasi. Apa saja? Mari simak!

1. Bangun tidur dengan rasa lelah, atau terbangun karena bunyi alarm yang keras

Kamu pasti sering bukan, bangun tidur rasanya susah bangkit dari kasurmu, dan badan rasanya masih pegal-pegal? Hal tersebut sebenarnya menandakan bahwa tidurmu kurang berkualitas.

Padahal, kualitas tidur seseorang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, serta pengaturan hormon. Dan, kedua hal tersebut memengaruhi peradangan, yang salah satunya dapat menyerang kandung kemih.

Tak hanya itu, terbangun akibat kaget dengan bunyi alarm yang keras juga dapat menimbulkan peradangan. Sebab, tubuh yang belum siap bangun, atau bangun dengan terpaksa membuat hormon stres meningkat.

2. Beraktivitas dengan terburu-buru

Kebiasaan ini sering dialami khususnya bagi yang sering bangun kesiangan. Dari mandi hingga sarapan tergesa, belum lagi jika harus mencari kunci kendaraan atau barang lain yang lupa entah kita letakkan di mana.

Terbiasa kacau di pagi hari ternyata juga menyebabkan peradangan akibat stres. Untuk itu, pastikan tidur lebih awal agar bangun awal pula. Jadi, kamu pun akan memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap.

3. Olahraga berlebihan

Olahraga memang sebuah kebiasaan sehat. Namun, hindari melakukan olahraga terlalu intens di pagi hari. Olahraga berat dapat membuat tubuh stres, yang kemudian memicu respon peradangan pada tubuh.Kalau kamu menyukai olahraga pagi hari, ada baiknya untuk melakukan yang lebih ringan semacam yoga atau sekadar berjalan-jalan, untuk menghindari tubuh mengalami inflamasi.

4. Mengecek ponsel seketika bangun

Lagi-lagi poin berikut ini berhubungan dengan stres. Ketika seseorang bangun dan langsung mengecek ponsel, apalagi bermain sosial media, maka besar kemungkinan mereka hal tak diinginkan yang malah membuat mereka kecewa, cemas, atau depresi.

Sel  imun pada orang yang stres sendiri akan kurang sensitif terhadap hormon kortisol yang berperan mengatur respon peradangan. Maka dari itu, daripada bangun dan mencari ponselmu, lebih baik lakukan kegiatan yang membuat pagimu lebih damai.

5. Meminum kopi dengan gula dan krimer berlebihan

Walaupun kopi sendiri kaya akan senyawa anti-inflamasi, namun menambahkan ekstra gula justru menyebabkan tak hanya peningkatan gula darah, namun juga peradangan. Sama seperti gula, lemak trans pada krimer pun juga dapat memicu inflamasi pada tubuh.

6. Mengkhawatirkan sesuatu yang akan terjadi hari itu

Hari ini mungkin kamu akan menjalani hari pertama kerja, atau presentasi di depan kelas, atau bertemu dengan klien. Hal-hal tersebut membuatmu merasa tak tenang karena khawatir tentang apa yang akan terjadi.

Kebiasaan satu ini juga perlu dikurangi, mengingat perasaan tertekan sangat berhubungan erat dengan munculnya peradangan.

Sebagai alternatif, luangkan waktumu untuk membaca atau bermeditasi, agar pikiranmu lebih tenang dan teralihkan dari kekhawatiran-kekhawatiran tersebut. Selain itu, tetaplah untuk menjaga pikiran positif, dan percayalah bahwa kamu dapat melalui hari itu dengan baik.

Cukup nggak disangka ya, sepele namun kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata cukup merugikan tubuh ternyata!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow