Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 7 Kiat yang Layak Dicoba Agar Skripsimu Selesai Dalam Satu Semester Saja

7 Kiat yang Layak Dicoba Agar Skripsimu Selesai Dalam Satu Semester Saja

- Kamis, 28 Maret 2019 | 09:10 WIB
7 Kiat yang Layak Dicoba Agar Skripsimu Selesai Dalam Satu Semester Saja

Sebenarnya skripsi tak melulu menyeramkan kok. Tugas akhir ini sebetulnya tak seangker yang orang-orang bilang. Kunci agar skripsi cepat selesai terletak pada diri sendiri. Mendisiplinkan diri serta berusaha hingga keringat penghabisan merupakan solusi supaya tugas akhirmu lekas selesai dan kuliahmu selama hampir 4 tahun tak percuma.

Jika sekarang kamu akan memulai skripsi dan ingin tugasmu itu tuntas dalam satu semester, coba deh kamu sontek 7 kiat sederhana berikut ini!

Tetapkan jadwal bimbingan paling tidak seminggu dua kali. Dengan begini kamu tak bisa malas-malasan dalam merampungkan skripsi.

Hal paling krusial dalam penyusunan skripsi adalah mendisiplinkan diri sendiri untuk memiliki jadwal bimbingan secara berkala. Jika kamu malas-malasan untuk membuat jadwal konseling dengan dosen pembimbing bukan tak mungkin pengerjaan skripsi akan makin tertunda. Ini adalah tugas akhirmu sendiri jadi kamulah yang harusnya memiliki kesadaran untuk menyelesaikannya. Bukan malah menunggu dosen pembimbing yang mengejar-ngejarmu.

Buat jadwal secara pasti minimal 2 kali dalam seminggu. Dengan begini kamu bisa membiasakan diri untuk tetap mengerjakan skripsi dan bukan malah sibuk bersantai. Dengan memiliki jadwal konseling secara berkala, kamu juga bisa mengukur kemajuan dalam proses pengerjaan tugas akhirmu ini.

Tak perlu begadang supaya skripsi cepat selesai. Yang harus kamu lakukan adalah bangun pagi dan disiplin untuk mengerjakan tugas akhir ini selama 6 jam dalam sehari.

Memberikan target untuk bisa menuntaskan skripsi dalam waktu satu semester, bukan berarti kamu harus menyiksa diri dengan begadang setiap hari. Kamu tak perlu melek hingga dini hari demi berada di depan layar laptop dan berkutat dengan buku diktat tebal. Ubah kebiasaanmu ini menjadi lebih sehat bagi diri sendiri.

Walau kamu tak perlu pergi ke kampus namun kamu wajib membiasakan untuk bangun pagi setiap hari. Dengan memulai rutinitas dari pagi, kamu pun jadi memiliki banyak waktu di sisa hari. Kamu bisa mengerjakan skripsi dari pagi hingga sore hari dan targetkan waktu minimal 6 jam dalam sehari. Tak perlu memaksakan diri. Justru dengan memiliki jadwal mengerjakan skripsi secara pasti kamu bisa menciptakan ritme produktifmu sendiri tanpa perlu tidur dini hari.

Berikan target kepada dirimu sendiri bahwa 1 bab harus selesai dalam waktu 1 bulan saja. Jangan biarkan dirimu bersantai jika target ini belum tercapai.

Mendisiplinkan diri sendiri merupakan kunci utama supaya tugas akhirmu cepat selesai. Selain mengatur janji konseling secara berkala dan bangun pagi demi mengerjakan skripsi, kamu juga bisa berjanji pada diri sendiri untuk tak bersantai ketika targetmu belum tercapai. Buat target ketat bahwa satu bab skripsi hanya boleh memakan waktu pengerjaan maksimal 1 bulan. Dengan menaati target yang kamu tetapkan ini bukan tak mungkin tugas akhirmu akan tuntas dalam waktu 6 bulan saja!

Jika target revisi atau menyelesaikan salah satu bab skripsi belum selesai, jangan main ke luar seenak hati!

Selain tak membiarkan diri bersantai sebelum target tercapai, kamu juga bisa membuat janji kepada diri sendiri untuk tak keluar seenaknya sendiri. Selalu penuhi jadwal pengerjaan skripsi selama 6 jam dalam sehari. Memang sekarang waktumu lebih longgar karena tak harus pergi kuliah tiap hari, namun kamu harus ingat bahwa sebenarnya tanggung jawabmu belum selesai. Selalu prioritaskan pengerjaan skripsi, jangan menggeser kepentingan mengerjakan skripsi dengan janji bertemu teman atau sekedar nongkrong di luar.

Tiap kali kamu bisa mencapai target yang kamu tetapkan berikan reward pada diri sendiri. Hal ini bisa dijadikan penyemangat untuk mempercepat selesainya skripsi.

Tak hanya berusaha disiplin pada diri sendiri dengan memberikan tenggat waktu tertentu, kamu juga bisa memberikan reward pada diri sendiri jika sanggup memenuhi targetmu ini. Kamu bisa atur jadwal menyenangkan diri sendiri di akhir pekan. Misalnya saja pergi travelling bersama teman atau maraton nonton film serial kesukaan. Memang sepertinya sepele, namun sebenarnya kegiatan ini dapat menyegarkan pikiran dan menjadi penyemangatmu untuk segera menuntaskan tugas akhir.

Manfaatkan waktu luang secara maksimal. Kamu bisa mengerjakan skripsi di mana saja, tak harus ketika menjelang jadwal konseling tiba.

Agar skripsi lekas selesai, kamu bisa mengerjakannya di mana saja. Tak harus lembur mengerjakan sebelum maupun sesudah melaksanakan konseling. Kamu dapat memanfaatkan waktu luang yang kamu punya. Misalnya saja membaca buku diktat ketika sedang menunggu, naik kendaraan umum, atau bahkan sesaat sebelum tidur. Dengan begini kamu bisa memangkas waktu yang digunakan untuk penyusunan tugas akhirmu.

Ingatkan dirimu sendiri bahwa hal-hal baik telah menanti setelah kamu diwisuda nanti. Jadi buat apa menunda kelulusanmu sendiri?

Waktu ideal untuk pengerjaan skripsi memang hanya satu semester saja. Jika berlama-lama, otakmu akan jenuh dan kamu justru makin tak semangat untuk merampungkannya. Ketika nanti kamu telah selesai mengerjakan skripsi dan berhasil menyandang gelar di belakang nama, ada banyak tawaran baik yang menunggumu. Mulai dari tawaran beasiswa, berkarir, hingga mungkin ajakan untuk menuntaskan masa lajang. Jika begitu banyak tawaran menyenangkan yang menantimu selepas kamu diwisuda nanti, lantas mengapa kamu menunda kelulusanmu sendiri?

Semangat ya para pejuang skripsi, kelulusanmu sebentar lagi!

Cari Artikel Lainnya