0
31
0
Daun Pepaya, Sipahit yang Banyak Manfaat
3 weeks 'ago'

Daun pepaya terkenal memiliki rasa yang pahit, namun dibalik rasa yang pahit tersebut banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Jika kita mengolahnya dengan benar, maka rasa pahit tersebut akan sedikit hilang sehingga enak untuk disajikan bersama menu lalapan. Tidak sedikit yang menyukai daun pepaya ini untuk menu makanan meskipun dengan ciri khas rasa pahit. Daun pepaya biasanya disajikan bersama dengan bunganya.

Buah pepaya memang salah satu jenis buah yang sangat cocok ditanam dan dibudidayakan di daerah tropis, sehingga sangat mudah untuk menemukan tanaman ini di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Kebanyakan tanaman pepaya di tanam di pekarangan rumah atau bisa juga khusus ditanam untuk komoditi yang menghasilkan. Kandungan gizi dan nutrisi pada daun pepaya membuat daun ini kaya manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun pepaya yang bisa Anda dapatkan:
1. Menghambat pertumbuhan bakteri. 

Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri dan berbagai bentuk sel-sel kanker. Manfaat kesehatan dari daun pepaya juga dapat menjaga usus. Tannin yang terkandung dalam daun pepaya dapat mencegah pertumbuhan cacing dan mencegah cacing menempel di dinding usus.

2. Anti malaria 
Daun pepaya juga dikenal sebagai daun anti-malaria. Manfaat daun pepaya sangat efektif dalam mencegah malaria. Rasa pahit daun pepaya akan cepat mengusir malaria. Jika Anda diserang malaria, ambil beberapa daun pepaya dan buat jus.

3. Cegah demam berdarah
Daun pepaya memiliki manfaat untuk mencegah demam berdarah, enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya berguna untuk meningkatkan trombosit. Anda dapat menggunakan jus daun pepaya untuk meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah.

4. Anti kanker
Daun pepaya rasanya pahit, tetapi manfaatnya sangat besar. Daun pepaya memiliki sifat anti-kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ethnopharmacology, menjelaskan bahwa jus daun pepaya dapat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker pankreas, kanker hati, kanker paru-paru. Daun pepaya sangat bagus untuk mengusir sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat kesehatan lain dari daun pepaya adalah sebagai obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jus daun pepaya dapat melawan virus flu, pun membantu tubuh untuk meregenerasi sel-sel darah putih dan trombosit dalam tubuh secara alami.

Meski rasanya pahit, daun pepaya sangat banyak manfaatnya untuk Anda. Jika Anda berniat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, rebus daun pepaya dengan daun jambu biji dan garam, maka rasa pahitnya akan berkurang.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow