0
83
0
6 Kata yang Sebaiknya Kamu Hindari saat Mendeskripsikan Diri Sendiri
3 months 'ago'

Wawancara atau interview merupakan salah satu tahap yang penting dan menentukan apakah kamu dapat diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Nah, pada saat interview biasanya kamu akan diminta mendeskripsikan dirimu sendiri atau kelebihan yang kamu miliki.

Pada saat seperti ini, kamu tidak bisa asal berbicara. Seperti hal berikut, walaupun sekilas tampak bagus tapi ternyata menimbulkan pandangan yang berbeda bagi HRD. Simak yuk, 6 kata yang sebaiknya tidak kamu gunakan untuk mendeskripsikan diri sendiri saat wawancara kerja.

1. Dermawan

Sifat yang dermawan atau suka memberi seharusnya dilihat atau dirasakan oleh orang lain, bukannya diakui oleh diri sendiri. Selain itu, jika seseorang suka memberi dengan tulus, maka ia tidak akan menggembor-gemborkan kebaikannya tersebut.

2. Rendah hati

Percayalah, menggambarkan dirimu sendiri sebagai orang yang rendah hati ketika wawancara kerja malah akan membuat HRD menilai kamu dengan sebaliknya. Alasannya sederhana, orang yang rendah hati terlalu rendah hati untuk mengakuinya.

3. Empati

Memiliki sifat empati adalah hal yang mulia karena kamu ikut memahami perasaan orang lain. Tapi, akan lebih baik kalau kamu menjelaskan bentuk dukungan atau bantuan yang kamu berikan pada temanmu sebagai bukti bahwa kamu benar-benar berempati padanya. Sebab, mengakui diri sendiri sebagai orang mudah berempati saja tidak cukup. Lebih baik kamu menceritakan solusi yang kamu berikan untuk orang lain.4. Blak-blakan atau to the point

Menurut Adam Grant, penulis buku Give and Take. Ketika ada orang yang menggambarkan dirinya sebagai orang yang blak-blakan, maka Adam langsung membayangkan sifat-sifat seperti kasar, arogan, tidak sopan. 

5. Mudah beradaptasi

Perubahan selalu ada, yang berarti setiap orang juga harus bisa beradaptasi dengan setiap perubahan yang mereka alami. Jadi, mudah beradaptasi adalah sifat yang harus dimiliki setiap orang dan bukanlah suatu hal yang Istimewa.

6. Mandiri

Mungkin kamu merasa dengan mendeskripsikan dirimu sebagai orang yang mandiri, maka perekrut akan berfikir kamu adalah orang bisa menyelesaikan apapun tanpa bantuan orang lain atau tidak suka mengandalkan orang lain.

Tapi nyatanya, menggambarkan diri sendiri sebagai orang yang mandiri biasanya digunakan seseorang sebagai sinyal bahwa dirinya tidak suka bekerja dengan tim. Yang berarti juga orang tersebut tidak memiliki kemampuan memimpin ataupun berpartisipasi dalam suatu kelompok.

Sudah tahu kan beberapa kata yang sebaiknya tidak kamu gunakan ketika interview? Daripada menggambarkan kelebihan yang kamu miliki secara lugas, lebih baik kamu berikan contoh nyata agar HRD percaya dan yakin pada kamu.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
Lencana
Kongkow