0
23
0
Pastikan Melakukan Ini Sebelum Pilih Kampus
3 weeks 'ago'

Pada dasarnya memang menentukan masa depan yang terbaik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Hal tersebut paling sering terjadi bagi Anda yang baru saja lulus dari SMA / SMK. Biasanya masa depan yang diinginkan itu bergantung pada skill yang akan Anda kuasai kelak. Oleh karena itulah biasanya para siswa yang baru lulus tersebut akan sedikit kebingungan dalam menentukan universitas mana yang baik, jurusan apa yang mau diambil dan mau kuliah dimana. Agar tidak menyesal di kemudian hari dan tidak mengeluh karena nyasar dan salah pilih kampus saat berjalannya proses pembelajaran atau proses perkuliahan, maka setiap siswa harus benar-benar mempertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini:

Cari info dan mata kuliah 

Sebelum masuk suatu Perguruan Tinggi kamu sebaiknya mencari langsung tentang kampus dan mata kuliah. Mungkin kamu tidak bisa menerima langsung apa yang dikatakan orang lain. Jadi, Anda bisa mencari langsung informasi dari kampus tersebut. Bisa dengan meminta brosur dari kampus tersebut dan melihat fakultas, jurusan, mata kuliah. Nah, jika setelah melihat itu ternyata sesuai, Anda bisa memutuskan untuk mendaftar di Perguruan Tinggi tersebut.

Pelajari bakat dan minat

Sebelum memilih sebuah bidang studi di Perguruan Tinggi, terlebih dahulu pelajari dimana bakat dan minat Anda sendiri. Ini sangat penting, jika Anda memilih kampus yang bertolak belakang dengan bakat dan minat Anda, maka Anda tidak akan betah kuliah sampai akhir.

Konsultasi dengan senior

Agar tidak nyasar di jalan Anda perlu bertanya kepada orang lain, begitupun di Perguruan Tinggi. Agar tidak nyasar masuk suatu Perguruan Tinggi kamu perlu konsultasi dengan para senior baik di Perguruan Tinggi yang akan dipilih atau kepada orang yang lebih mengetahui tentang kualitas sebuah Perguruan Tinggi. Senior adalah Mahasiswa angkatan atas, tentunya mereka sudah tahu bagaimana situasi, proses dan cara belajar di kampus tersebut. Anda bisa menanyakan apakah kampus tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Pilihan diri sendiri

Paksaan dari orang lain untuk kuliah di Perguruan Tinggi tertentu adalah suatu hal yang tidak akan membuat Anda tidak tenang dan tidak nyaman berada di kampus. Anda akan merasa di kekang dan diatur. Tidak ada salahnya jika Anda kuliah di Perguruan Tinggi yang menjadi pilihan diri sendiri. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman, tenang dan ringan kuliah disana. Pilihlah Perguruan Tinggi yang disenangi.

Tanya diri sendiri

Orang yang nyasar adalah orang yang terdampar atau masuk ke dalam suatu tempat maupun keadaan yang tidak diinginkan. Nyasar juga berarti salah jalan atau tersesat. Tidak sedikit mahasiswa yang merasa tersesat setelah beberapa waktu belajar pada suatu Perguruan Tinggi. Namun, ada juga mahasiswa yang lambat menyadari kalau dirinya tersesat, setelah bertahun-tahun kuliah baru menyadari apa yang ia inginkan.

Intinya jadilah mahasiswa dan mahasiswi yang kelak dapat mencintai kampus atau jurusan yang Anda pilih agar bisa profesional di bidangnya. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati dan sesuai dengan minat, pasti akan memberikan hasil yang memuaskan pula.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow