0
34
0
5 Kebiasaan Ini Bikin Kualitas Hidupmu Jadi Minus
4 weeks 'ago'

Jaga kebiasaan Anda karena akan menjadi karakter.” Demikian sebuah kata bijak dari seorang tokoh bernama Laozi. Kebiasaan sangat erat kaitannya dengan keseharian kita dalam menjalani hidup. Di kehidupan ini, ada yang menghabiskan waktunya dengan kebiasaan-kebiasaan positif, namun ada juga orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk kebiasaan negatif.

Jika kamu masih memiliki beberapa kebiasaan negatif yang terus kamu lakukan, sebaiknya coba renungkan lagi. Kebiasaan negatif tentu membawa dampak buruk bagimu, tak hanya itu kebiasaan buruk juga membuat kualitas hidup kamu menjadi berkurang. 
Berikut ini 5 kebiasan negatif tersebut yang harus kamu hilangkan.

1. Bangun kesiangan

Gak bisa dipungkiri, terbiasa bangun kesiangan membuat pola hidupmu jadi gak karuan. Efeknya malah membuat kamu  jadi gak maksimal menjalani hari.Biasanya bangun kesiangan kerap terjadi lantaran terbiasa tidur larut. Untuk itu kamu harus mengubah pola ini untuk bisa menciptakan jam tidur yang berkualitas dan baik bagi dirimu. Jika keesokan harinya kamu banyak aktivitas, sebaiknya tidur lebih awal agar staminamu terjaga esoknya.

Dengan demikian, bangunlah di pagi hari sebelum fajar terbit, ini adalah waktu terbaik untuk melihat dunia dan menghirup udara segar.

 

2. Berlama-lama dengan gadget

Salah satu dampak buruk dari kebiasaan berlama-lama bermain gadget adalah, kamu jadi kecanduan.Ini tentu berpengaruh terhadap kualitas dirimu. Kecanduan berselancar di dunia maya ikut membuat interaksi sosialmu dengan orang-orang sekitar menjadi berkurang. Jangan sampai gadget menjadi momok yang menyulap kamu menjadi apatis dengan lingkunganmu. Tidak sedikit kita lihat dari pemberitaan media tentang mereka yang kecanduan berlama-lama bermain gadget, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebelum terlambat, sudah seharusnya kita bijak menggunakan gadget untuk keperluan tertentu dan tidak lena menghabiskan waktu berharga kita hanya  untuk menatap layar gadget.  

3. Senang merumpi

Kebiasaan yang satu ini kerap membuat seseorang lupa diri, akhirnya malah keasyikan mengobral aib orang lain. Dari pada kamu menghabiskan waktu untuk membicarakan orang lain, lebih baik menghilangkan kebiasaan negatif ini. Hidupmu tentu akan berkualitas, sebab kamu bisa menggunakan waktu yang kamu punya untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat, misalnya dengan menulis.

Ketahuilah, merumpi tidak membuat hidupmu lebih baik, kamu seolah menyatakan diri di hadapan teman rumpimu bahwa kamu lebih baik dari orang yang kamu bicarakan. Ingat, lidah tidak bertulang, sebaiknya kita jaga lidah dengan berujar yang positif dan tidak menyakiti sesama. Terlepas seberapa menyebalkannya orang yang kamu gunjingkan, tetap saja pilihan terbaik yang perlu kamu lakukan adalah diam dan tidak sibuk membuka aibnya. Sebab di dunia ini masing-masing dari kita memiliki aibnya sendiri, ada baiknya kita introspeksi diri ketimbang menggunjing orang lain ya.

4. Gak bisa lepas dari menonton televisi

Kebiasaan yang satu ini sepertinya sudah sangat melegenda di kalangan kita. Padahal menonton televisi, apalagi terlalu lama dapat memberi dampak buruk diantaranya dampak kesehatan seperti penurunan fungsi kognitif pada otak. Dampak ini terjadi disebabkan oleh kebiasaan menonton televisi yang memaksa seseorang untuk duduk berlama-lama, alhasil kamu tidak bergerak karena terpaku pada layar kaca.

Untuk itu bijaklah dalam menonton televisi dengan tidak berlebihan dalam menontonnya, misalnya dalam sehari alokasikan waktumu untuk menonton hanya tiga jam saja.  Selain itu, jika kamu telaahi, tidak semua tayangan di televisi bermanfaat untuk ditonton, bahkan beberapa diantaranya hanya acara hiburan tanpa nilai edukasinya. Untuk itu dari pada buang-buang waktu menonton televisi, alihkan waktumu untuk kegiatan produktif yang lain.

5. Main ponsel saat mau tidur malam

Bermain ponsel menjelang tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Mengutip bbc.com,bermain ponsel saat berbaring pada malam hari akan membuat tidurmu gelisah. Sebagian orang mungkin bermain ponsel sebelum tidur untuk mengecek notifikasi atau pembaharuan di media sosialnya. Hal ini tentu menghambat tidurmu. Ini karena matamu akan mengalami iritasi akibat terpapar pencahayaan dari telepon pintarmu. Tak hanya iritasi, mata juga bisa kabur jika terlalu sering melihat ponsel di malam hari. Melansir Kompas.com, dampak buruk cahaya layar ponsel juga bisa membuat  siklus istirahat otak mengalami gangguan. Dampaknya malah akan membuat daya ingat berkurang.

Nah, agar kamu bisa meninggalkan 5 kebiasaan negatif itu, kamu perlu modal niat dan kemauan untuk meningggalkannya. Belum terlambat kok, selagi ada keinginan untuk berubah menjadi lebih baik. Yakinlah, jika kamu punya kebiasaan positif, hidupmu jadi lebih berkualitas dan bermanfaat. 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow