0
68
0
Begini trik jitu menghadapi dunia kampus & lulus kuliah tepat waktu
4 months 'ago'

Kata apa yang terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata "kampus"? Mungkin kata pertama yang terlintas di pikiran kalian adalah "bebas banget". Kalau kata itu yang terlintas di pikiran, berarti kalian sepemikiran dengan para mahasiswa yang sudah bertahun-tahun belum lulus.

Para mahasiswa akan mengingat bahwa kebebasan yang akan mereka dapatkan di bangku perkuliahan akan datang dengan adanya tanggung jawab. Karena kehidupan di kampus sangat berbeda dengan masa sekolah, berbeda dengan masa smp, berbeda dengan masa sma, bahkan berbeda sekali dengan masa sd kalian.

Di kampus kalian diharuskan untuk hidup mandiri dengan mengerjakan tugas tepat pada waktunya, mengatur jadwal kuliah sendiri, dan lain sebagainnya. Hal ini dikarenakan jika kalian sudah menginjak bangku perkuliahan berarti kalian sudah dianggap dewasa, dewasa dalam berfikir dan bertindak. Oleh karena itu, sebutan kalian saat di sekolah dengan di kampus pun juga berbeda. Jika di sekolah kalian disebut dengan sebutan "siswa", kalau di kampus kalian akan disebut dengan sebutan "mahasiswa".

Dari sebutannya saja udah terlihat berbeda banget ya guys, sudah di atas level para siswa nih kalian dengan ada kata "maha" di depannya. Meskipun kehidupan di kampus keliatannya bebas, tapi kalian juga tetap punya tanggung jawab, jangan terlena oleh kesenangan semata. Karena yang namanya penyesalan pasti datangnya itu terakhir.

Masa-masa awal kuliah merupakan perjalanan yang terasa sangat menyenangkan, pada saat menjadi seorang mahasiswa baru, banyak pengalaman dan kehidupan baru yang dirasakan ketika berada di dunia kampus. Namun lama-kelamaan tiba-tiba saja saat kalian akan merasakan titik jenuh saat berada di kehidupan perkuliahan. Bahkan banyak dari mahasiswa lebih memilih menghabiskan waktunya percuma dengan nongkrong dan main dibandingkan harus mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kuliah.

Oleh karena, itu kalian perlu mengetahui tips-tips agar dapat bertahan hidup di dunia perkuliahan sehingga tidak perlu cemas ataupun takut untuk menjalankan kehidupan di kampus. Nah, berikut ini merupakan tips untuk lulus tepat waktu di kampus.

1. Bijak mengatur waktu.

Waktu adalah hal terpenting dalam perkuliahan. Karena jika kalian tidak bijak dalam mengatur waktu, hidup saat berkuliah akan berasa seperti dikejar-kejar oleh bayang-bayang mantan. Gak enak banget guys. Oleh karena itu kalian perlu membuat jadwal prioritas untuk tugas-tugas yang deadline-nya sudah dekat ataupun tugas yang memerlukan waktu cukup lama dalam proses pengerjaannya.

Dengan begitu tugas-tugas kalian akan terstruktur dan akan kelar sebelum deadline tiba. Tidak hanya untuk tugas saja, pengaturan waktu dapat kalian terapkan saat musim ujian sudah mulai dengan cara membuat rangkuman terlebih dahulu dan menyicil belajar dengan cara membaca sedikit demi sedikit bab yang menjadi bahan untuk ujian nanti. Sehingga kalian akan mendapatkan nilai yang maksimal.

2. Aktif bertanya.

Ada pepatah yang mengatakan "malu bertanya, sesat di jalan" yang artinya segan bertanya berarti kita akan rugi sendiri karena persoalan yang dihadapi tidak ditemukan jalan keluarnya. Saat menjadi mahasiswa kalian akan dituntut untuk aktif dalam kelas, terutama aktif dalam bertanya jika ada beberapa materi yang kalian kurang mengerti. Karena saat kalian bertanya ada beberapa nilai plus yang akan kalian dapatkan, seperti dosen akan melihat kalian sebagai mahasiswa yang rajin dan ingin belajar. Tidak hanya itu, manfaat yang terpenting saat bertanya adalah kalian akan mengerti dan lebih memahami materi tersebut.

3. Anti bolos.

Bolos adalah kebiasaan para mahasiswa. Di perkuliahan nanti kalian akan mempunyai jatah absen per mata kuliah. Kebanyakan mahasiswa akan menggunakan jatah absen mereka di awal sehingga hingga pertengahan semester mereka akan keasyikan bolos dan di akhir semester, absen mereka sudah pada jebol atau habis, dan barulah mereka menyesal. Kalian jangan sampai seperti ini ya. Kalian harus pintar-pintar menggunakan jatah absen. Jika tidak penting untuk bolos, maka sebaiknya kalian tetap ikut pelajaran pada hari itu. Karena saat bolos, kalian akan rugi dalam segi waktu dan biaya. Biaya kuliah itu mahal, guys.

Kehidupan menjadi seorang mahasiswa memang tidak semudah apa yang kalian pikirkan. Kehidupan di kampus mungkin memang bebas, tapi kalian jangan sampai terlena oleh kebebasan tersebut. Banyak situasi atau keadaan yang akan kalian hadapi saat menjadi mahasiswa di masa perkuliahan, entah itu datang dari masalah pribadi atau masalah dari dunia kampus itu sendiri. Apalagi kalau sudah ada tugas-tugas dari dosen, rasanya beban kampus makin berat.

Dengan adanya tips-tips  di atas diharapkan dapat berguna dan dapat kalian terapkan saat menginjak dunia perkuliahan nanti. Tips-tips ini akan membuat kehidupan kampus kalian lebih menyenangkan dan mengesankan. Tetap semangat dan terus berjuang dalam menjalani kehidupan, terutama kehidupan di kampus ya guys.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow