999 +
0
42
0
Ini Dia Cara Agar Berpikir Lebih Kreatif
1 month 'ago'

Tidak semua orang terlahir kreatif seara alami. Namun, kreativitas itu dapat dibentuk dan diasah. Anda mungkin tidak asing dengan istilah "thinking out of the box", atau berpikir di luar kotak. Jadi, siapa pun bisa menjadi kreatif, asalkan kita mau mengembangkan dan mengasahnya.

Menurut Jonathan Schooler, seorang profesor psikologi di University of California, pikiran kreatif akan mengalir bebas selama mengerjakan tugas apapun ketika pikiran lebih mudah untuk mengembara. Dengan kata lain, inilah yang menjelaskan mengapa Anda memiliki ide-ide terbaik ketika berada di kamar mandi - karena aktivitas yang tepat akan membuat pikiran Anda untuk terus dan terus berpikir. Berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan pemikiran kreatif:

Istirahat

Istirahat bukan berarti Anda tidur pulas. Istirahat yang mempengaruhi kreativitas meliputi kegiatan yang memerlukan cukup gerak - namun justru tidak terlalu mengasyikkan seperti berjalan-jalan atau berkebun.

Jauhi media sosial

Bermain facebook atau game komputer tidak akan membuat otak menjadi lebih kreatif. "Banyak situs hiburan mungkin akan cukup menarik," kata Schooler. Sebaliknya doodling (menggambar asal) atau sambil bercakap-cakap dengan orang sekitar.

Meditasi

Jika Anda tidak punya waktu untuk meditasi, ambil beberapa menit untuk menenangkan pikiran Anda. Menurut sebuah penelitian terbaru di Frontiers in Psychology, meditasi mendorong pemikiran yang kreatif. "Beristirahat dan duduk diam, idealnya dengan punggung tidak menyentuh kursi Anda, berfokus pada napas Anda," kata Schooler.

Bermimpi atau mengkhayal

Tutup mata Anda dan bayangkan masa depan yang ingi nAnda capai. "Ketika orang membayangkan diri mereka jauh di masa depan, hal itu menyebabkan pikiran untuk beralih ke cara berpikir global yang bisa sangat berguna," kata Schooler. Masa depan bukanlah apa yang akan Anda makan untuk makan siang besok atau lusa. Mimpikan masa depan yang sangat jauh untu khasil yang terbaik.

Ubah rute perjalanan

Siapa tahu ada jalan lain untuk bolak-balik menuju pekerjaan Anda atau toko serba ada langganan Anda. Merubah rute berkendara Anda menuju suatu lokasi akan membantu meningkatkan kreativitas Anda, terutama jika Anda terbiasa mengambil jalan besar yang cenderung membosankan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow