Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Lakukan Berbagai Hal Ini untuk Redakan Stres di Tempat Kerja Sebelum Menikmati Libur Panjang

Lakukan Berbagai Hal Ini untuk Redakan Stres di Tempat Kerja Sebelum Menikmati Libur Panjang

- Rabu, 20 Maret 2019 | 11:37 WIB
Lakukan Berbagai Hal Ini untuk Redakan Stres di Tempat Kerja Sebelum Menikmati Libur Panjang

Memasuki libur Lebaran tentu jadi hal yang dinanti banyak orang, tak terkecuali para pekerja kantoran. Baik yang merayakan atau tidak memanfaatkan libur panjang tentu menjadi satu hal yang begitu dinanti. Selain melepaskan diri sejenak dari tekanan perkerjaan, libur panjang juga bisa menjadi ajang bagi Anda untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Nah, sebelum pergi berlibur dan lepas sejenak dari rutinitas kantor, Anda juga tidak boleh lupa untuk menyelesaikan berbagai urusan terlebih dahulu agar terhindar dari panggilan soal pekerjaan selama liburan. Karena bukan tidak mungkin, rencana berlibur yang sudah di depan mata malah memicu terjadinya stres, akibat ketidakmampuan Anda dalam mengatur deretan tugas kantor. Supaya tidak menambah beban pikiran dan bisa meninggalkan kantor dengan perasaan tenang, yuk lakukan berbagai hal berikut! Dijamin liburan jadi lebih nyaman dan tenteram.

Buat Prioritas Daftar Pekerjaan

Perhatikan tugas apa saja yang Anda miliki, lalu mulai memilah mana jenis pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan mana pekerjaan yang bisa dilanjutkan sepulang Anda berlibur. Atau jika memang ada ‘tugas kantor’ yang bisa Anda bawa selama liburan, tak ada salahnya untuk turut membawanya. Misal Anda ingin mempelajari beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan, membawa buku bacaan yang membahas hal tersebut bisa menjadi ide yang baik dan bisa mengisi waktu liburan Anda.

Periksa Agenda Selama Satu Bulan ke Depan

Sebelum meninggalkan kantor, sebaiknya periksa dulu, agenda apa saja yang Anda miliki selama 1 bulan ke depan. Hal ini penting untuk menghindari terlewatkannya sebuah meeting penting atau deadline pekerjaan tertentu. Selain itu dengan mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan selepas liburan tentu membuat Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan diri.

Jangan Lupa Membuat Autoreply email dan Voicemail

Untuk menghindari masuknya berbagai email dan seputar pekerjaan yang mungkin bisa merusak suasana berlibur dan kegiatan refreshing yang tengah dilakukan, Anda juga perlu mempersiapkan autoreply email atau autoreply panggilan masuk ke nomor Anda. Jangan lupa juga untuk memberitahukan berapa lama Anda absen sebelum akhirnya bisa kembali dihubungi dan mulai bekerja.

Pastikan Anda Memiliki Rekan Kerja yang Menggantikan Tugas di Kantor

Mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi Anda juga perlu memiliki rekan kerja pengganti yang akan mem-backup pekerjaan selama Anda pergi. Sebelum berlibur coba untuk menghubungi atasan, rekan kerja dan beri laporan mengenai berbagai hal penting yang mungkin tengah Anda selesaikan atau jika Anda terlanjur memiliki janji pada klien. Jika selama pergi berlibur rekan kerja Anda turut membantu beberapa tugas di kantor, sebaiknya jangan lupa untuk memberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan atas usahanya.

Rapikan Meja Kantor

Hari terakhir kerja sebelum liburan mungkin sedikit banyak membuat Anda tidak fokus dalam bekerja dan ingin segera pulang saja. Namun sebelum meninggalkan kantor tak ada salahnya untuk merapikan meja dan memastikan kondisinya bersih sebelum Anda meninggalkannya untuk beberapa hari. Siapa tau Anda meninggalkan sisa makanan atau mungkin tumpukan kertas, dan berbagai kabel yang masih tertancap di stop kontak. Selain faktor higienis, kondisi meja yang bersih dan rapi juga bisa meningkatkan mood Anda ketika kembali masuk kerja.

Cari Artikel Lainnya