Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Tidak Menyukai Pekerjaan Saat Ini? Tenang, Lakukan 5 Hal Berikut Agar Anda Lebih Menikmatinya

Tidak Menyukai Pekerjaan Saat Ini? Tenang, Lakukan 5 Hal Berikut Agar Anda Lebih Menikmatinya

- Rabu, 20 Maret 2019 | 11:40 WIB
Tidak Menyukai Pekerjaan Saat Ini? Tenang, Lakukan 5 Hal Berikut Agar Anda Lebih Menikmatinya

Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat serta passion diri merupakan hal yang didambakan oleh hampir setiap orang. Ada pula ungkapan yang mengatakan bahwa kunci menuju kesuksesan dimulai dari mencintai apa yang Anda kerjakan saat ini. Memang, mengerjakan hal yang disukai biasanya akan membuat segalanya lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di bidang yang mereka inginkan. Ada banyak faktor eksternal yang biasanya mendasari kondisi ini, seperti alasan menuruti keinginan orang tua, memenuhi kebutuhan hidup, dan sebagainya.

Apabila kondisi yang tidak menyenangkan ini dijalani terus menerus, tentunya dapat mengakibatkan stres atau malah depresi. Jika Anda termasuk salah seorang yang sedang mengalami hal ini, sebaiknya jangan menyerah terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti 5 saran di bawah ini agar mindsettentang pekerjaan yang tidak disukai dapat berganti menjadi lebih menyenangkan.

1. Bersyukur Telah Memiliki Pekerjaan Saat Ini

Mungkin alasan ini terdengar sedikit klise, tetapi kunci menuju kebahagiaan salah satunya adalah dengan bersyukur. Seperti yang Anda ketahui, angka pengangguran setiap tahunnya selalu meningkat karena perbandingan antara lowongan pekerjaan yang ada dengan jumlah pencari kerja belum seimbang. Dengan menyadari kondisi ini, tentunya Anda akan menjadi jauh lebih bersyukur dengan keadaan Anda saat ini. Banyak hal yang bisa Anda syukuri karena Anda sudah memiliki pekerjaan yang tetap saat ini, terutama pemasukan yang stabil per bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Ingat Kembali Alasan Anda Ingin Bekerja di Tempat Tersebut

Jika Anda sedang berada di dalam fase titik jenuh pada pekerjaan, coba renungkan alasan awal mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Entah karena reputasi perusahaan, gaji yang ditawarkan, atau alasan lainnya. Dengan mengingat kembali alasan awal Anda ingin bergabung dengan perusahaan, tentunya hal ini akan membangkitkan motivasi Anda untuk bekerja lebih giat lagi sesuai dengan pilihan hidup yang telah Anda pilih.

3. Jadikan Rekan Kerja sebagai Motivasi

Hari-hari yang tampaknya melelahkan akan menjadi lebih berwarna dengan kehadiran rekan-rekan kerja yang dapat membuat Anda semakin bersemangat. Jadikan rekan-rekan kerja Anda sebagai motivasi untuk lebih bersemangat setiap harinya. Tak hanya itu, akrab dengan rekan kerja juga dapat membuat pikiran Anda teralihkan dari beban kerja yang selama ini membuat Anda stres. Setidaknya, suasana kekeluargaan yang dibangun dengan rekan-rekan kerja akan membuat kantor menjadi tempat yang lebih menyenangkan bagi Anda.

4. Buat Ruang Kerja Menjadi Senyaman Mungkin

Untuk lebih menambah semangat kerja, merombak ruangan atau meja kerja Anda juga bisa menjadi salah satu solusi, lho. Kondisi ruangan atau meja kerja yang berantakan seringkali dapat menurunkan mood dalam bekerja. Untuk mengatasinya, Anda dapat merombak suasana ruangan kerja atau merapikan meja kerja sambil menaruh barang-barang yang mempercantik meja kerja, seperti vas bunga atau pajangan kecil kesukaan Anda. Suasana ruangan dan meja kerja yang mendukung tentunya akan menambah semangat kerja Anda.

5. Terbuka untuk Mempelajari Hal-Hal Baru

Walaupun pekerjaan saat ini mungkin bukanlah sesuatu yang Anda impikan, cobalah untuk berhenti terus menerus berfokus pada sisi negatif dari kondisi tersebut. Sebaliknya, Anda harus mencoba untuk melihat sisi positif dari pekerjaan yang sedang dijalani saat ini. Jika ini bukanlah pekerjaan yang Anda inginkan, setidaknya Anda telah mengizinkan diri Anda untuk terbuka dalam mempelajari hal-hal baru yang mungkin belum pernah Anda dapatkan sebelumnya. Tanamkan pemikiran di dalam diri Anda bahwa everyday is a new day, selalu ada kesempatan untuk mengembangkan potensi Anda. Siapa tahu, inilah awal dari kesuksesan Anda.

Cari Artikel Lainnya