999 +
0
84
0
Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat Karena Flu
2 months 'ago'

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi di masyarakat berbagai lapisan, dari bawah hingga kalangan atas, karena setiap orang, baik itu anak-anak dan orang dewasa pernah mengalami penyakit ini. Penyakit flu datang dengan tidak mengenal musim, paling sering terjadi saat musim hujan, meski tidak jarang juga menyerang pada musim kemarau. Flu atau infuenza adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh serangan infeksi virus yang menimbulkan gejala awal yaitu demam, batuk, sakit kepala, hidung meler, badan terasa lemas dan tidak enak badan serta timbul peradangan selaput lendir hidung dan saluran pernapasan.

Berikut cara sederhana mengatasi hidung tersumbat karena flu: 
1. Penyakit flu berat tanpa komplikasi, cukup diobati dengan memberikan asetaminofen, aspirin, naproksen atau ibuprofen. Penyakit flu dapat dicegah dengan vaksinasi influenza setiap tahun supaya tubuh bisa kembali membuat antibodi virus influenza. Namun harus tetap diingat bahwa hati-hati untuk tidak berada terlalu dekat dengan orang yang positif menderita penyakit flu, untuk menghindarkan Anda supaya tidak ikut tertular. Jaga selalu kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan alat makan sebelum dipakai mengkonsumsi makanan, dan menjalankan pola hidup sehat dengan banyak berolah raga.

2. Rutin minum air hangat dalam satu hari maksimal delapan gelas selama Anda terkena influenza.

3. Minum segelas air jeruk lemon hangat ditambah dengan madu secukupnya selama sakit. Karena air jeruk lemon banyak mengandung vitamin C sehingga tubuh mudah menyerap zat-zat berguna lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit lain yang menyertai flu.

4. Flu disertai dengan sakit tenggorokan, cobalah mencegahnya dengan membuat obat tradisional alami seperti obat kumur berbahan sebagai berikut: dua sendok makan madu murni, dua sendok makan gliserin, satu sendok makan jus jeruk siap pakai, dan seiris jahe. Kumur secara rutin tiga kali sehari tetapi jangan sampai tertelan. Jika sakit flu disertai dengan dahak, bisa gunakan obat kumur jenis lain yaitu 3 sendok makan garam dapur dicampur dengan satu gelas air putih hangat.

5. Minum jus bawang putih dicampur dengan madu secara rutin selama Anda sakit.

6. Untuk anak-anak yang terkena sakit flu, pencegahan awal adalah dengan memakai masker agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain atau anak-anak tersebut terhindar dari terkena flu yang lebih parah. Minum air hangat dan menghindari alergan yaitu barang-barang pemicu alergi.

7. Manfaatkan khasiat madu dan bahan-bahan alami lainnya seperti serai, irisan jahe dan daun salam. Cara membuat jamu tradisional ini adalah parut jahe, peras airnya lalu campur dengan satu sendok makan madu dan satu cangkir air hangat. Minumlah dua kali dalam sehari, pagi dan siang.

Flu dan pilek merupakan jenis penyakit musiman yang jika tidak segera diatasi, bisa mengganggu aktifitas kita sehari-hari di dalam maupun luar rumah. Apalagi dengan musim dan cuaca tidak menentu sekarang ini, tiba-tiba kemarau panjang dan terkadang hujan. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda dan keluarga untuk mengetahui cara pencegahan dan mengatasi/mengobati flu atau pilek sedini mungkin, supaya aktifitas tetap berjalan lancar disamping tubuh Anda sekeluarga tetap terjaga kesehatannya.

Follow Us On :
Ranking
1
azzahra
225
2
3
Lencana
Kongkow