Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 7 Penyebab Kenapa Kamu Sering Lupa, Bisa Karena Terlalu Sedih, Lho!

7 Penyebab Kenapa Kamu Sering Lupa, Bisa Karena Terlalu Sedih, Lho!

- Jumat, 15 Maret 2019 | 09:32 WIB
7 Penyebab Kenapa Kamu Sering Lupa, Bisa Karena Terlalu Sedih, Lho!

Lupa kadang memang bikin kesal, padahal bisa jadi itu adalah sesuatu yang penting dalam hidupmu. Pernahkah kamu berpikir kenapa kamu bisa lupa? Pengetahuan akan lupa penting agar kamu bisa mencegahnya sering muncul. Bahkan, ternyata, lupa bisa jadi pemicu masalah yang lebih parah, seperti demensia dan Alzheimer, lho.

Sebenarnya, penyebab lupa itu sederhana dan kamu bisa mencegahnya, berikut di antaranya.

1. Kurang tidur, terutama saat malam

Kurang tidur ternyata jadi salah satu penyebab terbesar kamu mudah lupa. Selain bikin gampang lupa, kurang tidur juga bisa mengubah suasana hati dan membuatmu cemas. Hal ini pun berpengaruh dengan memorimu.

2. Obat-obatan, seperti obat penenang, antidepresan, dan tekanan darah

Ternyata, obat-obatan tersebut bisa berpengaruh pada daya ingatmu, lho. Bahkan, obat-obatan tersebut juga berpotensi membuatmu kebingungan. Efek dari obat tersebut akan membuatmu sulit memperhatikan hal-hal baru. Untuk itu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker jika ada obat baru yang bisa menghilangkan ingatanmu.

3. Tiroid yang kurang aktif

Tiroid yang tak seimbang bisa memengaruhi daya ingatmu, lho. Selain itu, juga bisa membuat tidurmu terganggu, hingga menyebabkan depresi. Untuk itu, kamu bisa melakukan tes darah sederhana untuk mengetahui apakah tiroidmu berfungsi dengan benar.

4. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol

Ternyata, alkohol bisa mengganggu ingatan jangka pendek, bahkan saat efek alkoholnya telah hilang. Efek ini biasanya terjadi saat seseorang menenggak dua gelas alkohol per hari.

5. Stres yang berkepanjangan

Stres akan membuatmu lebih sulit untuk berkonsentrasi dan mengumpulkan informasi. Selain itu, kamu pun sulit untuk mempelajari keterampilan baru dan bisa menyebabkan masalah memori.

6. Kecemasan berlebih

Selain stres, rasa cemas pun berpengaruh pada memorimu. Perasaan itu akan mengganggu perhatian dan mengalangi pembentukan ingatan baru atau pengambilan ingatan lama.

7. Kesedihan yang menyesakkan hingga menunjukkan tanda-tanda umum depresi

Kesedihan yang berkepanjangan bisa membuatmu kehilangan motivasi hidup dan kehilangan gairah untuk melakukan sesuatu yang biasanya menyenangkan buatmu. Lupa adalah salah satu tanda-tanda depresi yang perlu kamu waspadai.

Sebenarnya, lupa itu wajar terjadi pada manusia. Hanya saja, jika lupa tersebut sampai mengganggu ingatanmu dalam jangka waktu lama, coba bicarakan pada dokter.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan diagnosis dan penyebab kenapa kamu bisa lupa. Mungkin solusinya bisa dengan menambah jam tidur, mengganti obat, atau manajemen stres agar ingatanmu bisa lebih baik.

Cari Artikel Lainnya