0
86
0
Penumpukan Racun pada Tubuh Bisa Sebabkan 5 Hal Serius Ini Padamu
6 months 'ago'

Setiap kali kita memakan sesuatu, tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dapat digunakan untuk membuat energi. Tentu saja tidak semua nutrisi tersebut terurai. Nutrisi yang tidak bisa diurai akan menjadi racun dan dibuang lewat kotoran yang kita keluarkan melalui air seni atau feses.

Namun tidak jarang racun tersebut tidak dapat keluar dalam tubuh dan malah terakumulasi. Tentu itu akan mempengaruhi kinerja tubuh kita. Inilah yang terjadi pada tubuhmu ketika racun-racun tersebut menumpuk.

1. Masalah pencernaan

Saat racun di dalam tubuh terakumulasi, sistem pencernaan susah untuk berfungsi dengan normal. Ketika sistem pencernaan tidak berjalan dengan baik, pembuangan racun menjadi tidak efektif. Artinya, racun di dalam tubuhmu pun akan semakin banyak. Jika sudah begini, tubuhmu akan menjadi semakin lemah.

2. Kulit yang tidak bagus

Jerawat, ruam dan peradangan kulit bisa jadi pertanda bahwa ada penumpukan racun dalam tubuhmu. Racun itu memengaruhi kelenjar yang ada di kulit, hingga membuat kondisi yang tak enak dilihat. Kondisi kulit lain yang menandakan adanya penumpukan racun adalah mata bengkak, psoriasis dan eczema.

3. Bau mulut yang mengganggu

Menghilangkan racun dalam tubuh adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut selain menyikat gigi. Umumnya bau mulut ini juga menjadi pertanda bahwa livermu tidak beres dalam mengurai racun. Tak hanya itu, bau mulut juga biasanya diikuti dengan hal tidak beres di bagian tubuh yang lain.

4. Berat tubuh yang tak bisa diperkirakan

Besar kemungkinan kamu mendapatkan kenaikan berat tubuh gara-gara racun yang mendekam dalam tubuh. Kalau kamu sudah berolahraga secara reguler dan mengikuti pola hidup sehat, namun berat badanmu tetap naik, bisa jadi pelakunya adalah racun tersebut yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

5. Tubuh yang terus menerus melemah

Penumpukan Racun pada Tubuh Bisa Sebabkan 5 Hal Serius Ini Padamu

Jika kamu sudah tidur selama tujuh jam lebih tapi tetap merasa capek, itu bisa jadi mengindikasikan bahwa ada racun yang tak terbuang. Rasa capek tersebut diakibatkan tubuh yang mengalami mode overdrive, karena harus bekerja keras membuang racun dalam tubuh ketika kamu tertidur. Karena itu, penting untuk membuat kadar racun dalam tubuh tetap rendah, agar bisa berenergi dalam berkegiatan.

Bukan berarti racun yang menumpuk ini tidak bisa kamu hilangkan dari tubuh. Ada beberapa metode alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan racun-racun tersebut secara langsung, namun itu butuh biaya lebih. Ketimbang itu, lebih baik kamu melakukan beberapa cara ini:

Solusi 1: Pastikan pencernaanmu mendapatkan nutrisi yang cukup

Penumpukan Racun pada Tubuh Bisa Sebabkan 5 Hal Serius Ini Padamu

Penumpukan racun dalam tubuh pertamanya dimulai karena permasalahan pencernaan. Selama pencernaan tidak ada masalah, racun hampir tidak mungkin menumpuk. Karenanya, penting untuk membuat pencernaan tetap lancar. Agar pencernaan lancar, kamu harus memberikan asupan serat yang cukup.

Solusi 2: Menjaga liver tetap bersih

Penumpukan Racun pada Tubuh Bisa Sebabkan 5 Hal Serius Ini Padamu

Dari semua organ, liver mungkin menjadi organ yang terpenting dalam memberantas racun dalam tubuh. Karena itu kamu harus benar-benar menjaganya. Caranya bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan ini: apel, alpukat, wortel, teh hijau, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Solusi 3: Membuat tubuh tetap aktif

Penumpukan Racun pada Tubuh Bisa Sebabkan 5 Hal Serius Ini Padamu

Membuat tubuh terus menerus aktif tampak sepele, tapi ternyata cukup bisa diandalkan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Yoga, jogging, bersepeda, dan berbagai kegiatan lainnya yang mengeluarkan keringat dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta tetap menjaga pencernaan untuk tetap lancar.

Selalu lakukan hidup sehat untuk menghindari penumpukan racun dalam tubuh. Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, coba berkonsultasilah dengan dokter. Mereka akan memberikan masukan bagaimana cara kamu menghilangkan racun tersebut.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow