999 +
0
34
0
5 Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal
2 months 'ago'

Mengajar merupakan salah satu hal yang mulia dan sangat bermanfaat untuk orang lain. Pekerjaan sebagai guru ini termasuk pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Sebagai pahlawan tanpa jasa yang rela memberikan waktunya untuk memberikan pelajaran dan mendidik anak-anak calon penerus bangsa. Akan tetapi, jika yang diajari adalah siswa-siswa luar biasa kreatif dan unik tentu akan membuat gurunya menjadi pusing dan mengeluh. Tak jarang ditemukan di sekolah-sekolah, anak yang suka mucil dan cenderung lebih kreatif dari yang lainnya. Berikut beberapa tips cara untuk mengajar di kelas yang siswanya terkenal dengan sikap kreatif mereka yang luar biasa. 

1. Mencoba mendekatkan diri sebagai teman

5 Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal

Terkadang menjadi seorang guru membuat kita merasa untuk selalu dihormati dan dihargai oleh murid-muridnya. Akan tetapi, poin seperti di atas terasa sangat sulit dilakukan di kelas dengan murid yang berkelakuan luar biasa. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menjadikan diri kita sebagai temannya. Mengobrol dengan santai, duduk makan bersama, dan juga bercanda bersama. Dengan begitu, murid akan merasa tidak diatur layaknya murid, tetapi diatur seperti teman-teman mereka. 

2. Mencoba berbicara dengan lembut dan santai

5 Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal

Cara lainnya adalah dengan mencobaa berbicara lembut dan santai. Jangan membentak atau berteriak. Apalagi sampai memaki atau menghina mereka. Itu akan membuat mereka menjadi anak yang tidak akan menghargai gurunya dan cenderung menganggap remeh gurunya.

3. Memberikan contoh ilustrasi kehidupan yang sesuai dengan kesukaan mereka

5 Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal

Di setiap pelajaran, pasti akan memberikan contoh-contoh sebagai penerapam dari sebuah teori. Cobalah untuk mengambil contoh yang simpel dan mudah dimengerti oleh para murid. Misalnya untuk murid SMP/SMA, bisa memberikan contoh dari film atau peristiwa yang baru-baru saja terjadi.

4. Berani tegas jika mereka sudah kelewatan

5 Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal

Selanjutnya, jikalau dirasa mereka sudah betul-betul kelewatan dalam bersikap, seorang guru juga harus berani tegas kepada si murid. Bisa dengan memberikan hukuman sebagai efek jera, mengeluarkan dari dalam kelas, atau memberikan peringatan-peringatan kepada sang murid. Jangan sampai mereka dengan berani menindas gurunya.

5. Bekerja sama dengan wali kelas untuk mendisiplinkan kelakuan mereka

5 Cara Mengajar di Kelas yang Muridnya Luar Biasa Nakal

Cara selanjutnya adalah dengan bekerja sama bersama wali kelas untuk mendisiplinkan kelakuan nakal mereka. Bisa dengan menggunakam sistem poin, memanggil ke guru bk, atau sampai memanggil khusus orang tua mereka untuk memberitahukan kelakuan anaknya di dalam kelas.

Itulah beberapa hal yang dapat dicoba agar mengajar di kelas yang terkenal nakalnya dapat menkadi lebih santai dan tidak menjadi stress. Selain itu, tentu peran serta orang tua juga menjadi faktor yang lebih utama untuk mendidik anak-anak mereka.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow