999 +
0
10
0
7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan
6 days 'ago'

Bagi seorang penulis mencari sebuah inspirasi untuk membuat tulisan adalah suatu hal yang penting. Namun, bagi kalian seorang penulis maupun sekedar hobi menulis sering nggak sih kehabisan ide atau inspirasi untuk membuat tulisan? jika kalian pernah merasakan kebingungan untuk mencari inspirasi, yuk intip 7 tips mencari inspirasi saat menulis agar tulisanmu tidak borring. 

1. Banyak membaca buku, majalah, maupun media online

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankanpixabay/PourquoiPas

Banyak dan suka membaca baku entah itu fiksi atau non fiksi bisa bisa membantumu untuk lebih peka dan mudah untuk mencari inspirasi loh guys. Semakin banyak buku yang  kamu baca akan semakin kaya wawasanmu sehingga kamu tidak akan kehabisan inspirasi saat akan menulis. Dengan banyak membaca, kosa katamu juga akan  bertambah. So, jika kamu tengah sulit untuk mencari inspirasi, ambillah buku dan bacalah. 

2. Tulis aja pengalaman yang pernah kamu alami

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

Jika bingung mencari inspirasi boleh banget kamu menulis pengalaman kamu sendiri loh. Tulis saja pengalaman yang pernah kamu lakukan selama hidupmu. siapa tahu pengalamanmu bisa menginpirasi orang lain. Jadi, jika kamu merasa bingung  dan kehabisan ide tidak ada salahnya kamu menulis pengalaman pribadi kamu sendiri sebagai sumber inspirasi.

3. Mencari inpirasi dari lingkungan sekitar

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

Merasa bosan, boring dengan stuck tulisanmu yang begitu-begitu saja? coba deh kamu keluar dari rumah dan lihatlah lingkungan sekitar. Kamu akan banyak menemukan berbagai sumber inspirasi. Kamu bisa mengamati segala sesuatu dengan bebas saat diluar, so cobalah untuk keluar dari sarangmu dan cobalah untuk mengamati keadaan di sekelilingmu. 

4. Travelling dan jalan-jalan

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

Jalan-jalan atau travelling bisa menjadi ide bagus untuk kamu lakukan. Saat bosan melanda dan tengah kehabisan inspirasi, jalan-jalan dan travelling bisa menjadi solusi atas kebuntuanmu itu. Jalan-jalan untuk wisata alam, sekedar menikmati udara segar atau dinginnya udara gunung boleh banget untuk kamu lakukan. Nikmati segala moment dan suasana tersebut sehingga otakmu yang sedang jenuh bisa kembali lebih fresh sehingga bisa dengan mudah untuk mencari inspirasi.  

5. Pikirkan sesuatu yang berbeda

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

Jangan terjebak dalam tulisan yang monoton, coba deh saat kamu merasa kehilangan inspirasi dan bingung mau menulis apaan. Kamu bisa banget untuk menulis sesuatu yang berbeda dari biasanya.keluarlah dari zona nyamanmu agar kamu lebih banyak mendapat inspirasi dan beranilah untuk berpikir sesuatu yang berbeda dari lainnya. 

6. Membuka kembali karya-karyamu yang terdahulu

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

Buka kembali tulisan cerpen, puisi kamu yang sudah dimuat di majalah atau tulisan di blog yang kamu buat di masa lalu. Hal tersebut dapat memunculkan kembali kenangan yang membuat kita bangga terhadap diri sendiri loh. Selain itu kamu juga bisa tahu bagaimana progressmenulis kamu sampai saat ini. Bisa jadi, hal tersebut dapat memunculkan inspirasi baru tentunya. 

7. Mendengarkan musik

7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

Siapa nih yang suka dengerin musik? semua orang sepertinya memiliki hobi yang satu ini. Iya mendengarkan musik bisa menjadi alternatif saat kamu merasa tulisan yang kamu buat membosankan. Dengarkan lagu dan band favorit kamu, karena terbukti dengan mendengarkan musik bisa membangkitkan energi positif dan mood kita. Musik membuat kita rileks, sehingga bisa membuat kita lebih berkonsentrasi saat menulis. 

Itulah guys 7 tips mencari inspirasi saat kamu boring menulis. Coba deh bagi kamu seorang penulis atau yang hobi menulis jika tengah bingung mencari inspirasi kamu bisa terapin  tips diatas. selamat mencoba ya !  

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow