Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Inilah Sumber Makanan untuk Memperkuat Tulang

Inilah Sumber Makanan untuk Memperkuat Tulang

- Selasa, 12 Maret 2019 | 10:40 WIB
Inilah Sumber Makanan untuk Memperkuat Tulang

Tulang yang kuat adalah investasi masa depan. Orang-orang yang menginjak usia tua biasanya memiliki masalah pada kekuatan tulang akibat proses degenerasi. Salah satu akibat buruk yang muncul yaitu terserang penyakit osteoporosis atau tulang rapuh. Tulang membentuk struktur dasar dalam tubuh sehingga kita bisa bergerak dan melakukan aktivitas. Selain itu, tulang juga memastikan fungsi tubuh berjalan normal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang merupakan suatu keharusan. Unsur penting dalam pembentukan sekaligus penunjang kesehatan tulang yaitu kalsium. Agar kesehatan tulang terjaga, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium.

Berikut beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kalsium:
1. Kacang

Tidak perlu diragukan lagi. Kacang-kacangan seperti kedelai juga memiliki kandungan nutrisi penting untuk tulang Anda.

2. Sayuran
Anda tidak akan mendapatkan tulang yang sehat tanpa mencukupi asupan sayuran dalam menu makanan Anda. Sayuran umumnya memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta nutrisi lain yang sangat penting bagi tubuh Anda.

3. Telur
Telur mengandung nutrisi yang berharga untuk menyehatkan tulang Anda. Studi mengungkapkan bahwa telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tulang.

4. Bayam
Selain kaya akan zat besi, bayam juga diperkaya kalsium yang baik untuk tulang. Adapun komponen penting lainnya dari bayam yakni vitamin K, vitamin A dan magnesium. Ketika semua nutrisi tersebut dikombinasikan, maka kebutuhan tulang Anda akan terpenuhi dengan baik.

5. Ikan
Sudah banyak penelitian mengungkapkan bahwa ikan mengandung banyak nutrisi seperti kalsium dan vitamin D yang membuat tulang kuat. Di samping itu, minyak ikan juga terbukti dapat mengurangi kemungkinan osteoporosis khususnya pada wanita lanjut usia.

6. Susu dan produk olahan susu
Susu dikenal sebagai salah satu sumber kalsium terbaik dan alami. Susu dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk yang berbeda. Produk olahan dari susu seperti keju juga memiliki kualitas yang sama baiknya untuk kesehatan tulang Anda.

Nah, itulah beberapa sumber makanan yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan menu sehat serta diimbangi dengan olahraga secara teratur agar tulang Anda sehat dan terhindar dari osteoporosis.

 

Cari Artikel Lainnya