999 +
0
45
0
Sering Lupa? Cobalah 10 Tips Agar Ingatan Kuat Berikut Ini!
2 weeks 'ago'

Akhir-akhir ini Anda sering melupakan sesuatu? Sesekali mungkin wajar saja jika kita lupa, tetapi jika kejadian tersebut terjadi terus menerus tentu saja bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. “Belum tua kok sudah pikun!” Mungkin ada teman atau keluarga yang menegur Anda seperti itu. Nah, sebelum Anda menjadi semakin sering lupa, sebaiknya segera cari cara untuk memudahkan Anda mengingat sesuatu. Di tulisan kali ini, kita akan mengajak Anda untuk mengingat segala hal secara lebih mudah. Berikut ini ada 10 tips agar ingatan kuat yang bisa Anda coba agar tidak mudah lupa.

Yuk, simak tips selengkapnya berikut ini. 10 Tips Agar Ingatan Kuat

1. Jangan terlalu sering multitasking Sebagai manusia, kita pasti pernah melakukan pekerjaan secara multitasking. Misalnya, seorang ibu rumah tangga bisa memasak sambil menelpon dan mengawasi anaknya bermain. Melakukan pekerjaan secara multitasking memang dapat menghemat waktu. Namun, aktivitas ini bisa memberi dampak negatif pada daya ingat Anda. Manusia memerlukan waktu sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Melakukan aktivitas multitasking dapat mengacaukan sistem penyimpanan memori ini. Akibatnya, Anda jadi tidak fokus dan mudah lupa melakukan pekerjaan yang harusnya dilakukan.

2. Mainkan game yang mengasah otak Tips agar ingatan kuat yang satu ini memang menyenangkan karena Anda hanya perlu bermain game. Namun, tidak sembarang game karena Anda harus memilih game yang mengasah otak, seperti game puzzle, teka-teki, atau cerdas cermat. Meskipun game ini membuat otak bekerja, tapi game tidak akan membebani Anda seperti mengerjakan pekerjaan. Game puzzle dan sebagainya tidak hanya mengasah otak, tetapi membuat otak menjadi bekerja. Ibarat sebuah mesin, otak juga perlu diberi pemanasan agar dapat bekerja dengan baik. Sebaliknya jika didiamkan saja, maka daya ingat otak jadi semakin lemah.

3. Visualisasi dengan gambar Kesulitan mengingat sesuatu? Cobalah untuk menggambar hal-hal yang harus Anda ingat. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Helsinki, otak lebih mudah mencerna suatu hal dalam bentuk gambar dibanding melalui lisan atau tulisan. Jika Anda kesulitan mengingat suatu hal, ambil kertas kosong lalu gambar apa hal yang harus Anda ingat di atas kertas tersebut. Cara ini bisa Anda coba ketika hendak berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Sebelum berangkat, gambarlah hal-hal yang harus dibeli di supermarket. Namun, jangan bawa kertas gambar tersebut saat berbelanja dan andalkan daftar belanjaan yang Anda ingat.

4. Olahraga secara teratur Apa hubungan antara tips agar ingatan kuat dengan olahraga secara teratur? Tentu saja ada hubungannya. Ketika manusia berolahraga, otak juga bekerja dengan meningkatkan fungsinya. Otak akan bekerja secara maksimal untuk meningkatkan fungsi sel-sel pada saraf guna memperkuat ikatan antar sel otak dan mencegah kerusakan pada sel-sel tersebut. Tak hanya itu saja, ketika Anda berolahraga sel saraf akan memproduksi protein bernama fakto neurotropis. Protein ini nantinya akan merangsang produksi senyawa alami untuk menyehatkan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Di samping itu, olahraga juga dapat melancarkan aliran darah menuju ke otak.

5. Konsumsi makanan yang baik untuk otak Apa yang Anda makan setiap hari juga berkontribusi dalam meningkatkan daya ingat Anda. Sejumlah makanan ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak dan daya ingat Anda, lho. Dark chocolate mengandung procyanidins untuk meningkatkan kualitas daya ingat dan memaksimalkan sirkulasi otak untuk melawan inflamasi dan oksidasi. Ikan salmon juga mengandung Omega-3 atau DHA yang dapat memperbaiki fungsi kognisi dan ingatan. Sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan mineral juga dapat membantu Anda lebih mudah mengingat suatu hal.

6. Dengarkan musik klasik Tahukah Anda jika kebiasaan mendengarkan musik klasik ternyata dapat mempengaruhi daya ingat Anda? Ya, ketika Anda mendengarkan musik klasik, kemampuan kognitif otak akan terangsang dan hal ini berpengaruh pada daya ingat Anda. Rutin mendengarkan musik klasik setiap hari akan membuat ingatan Anda jadi semakin tajam. Cara sederhana ini bisa Anda coba mulai sekarang, lho. Meskipun demikian, Anda juga harus mendukung cara yang satu ini dengan melakukan beberapa tips lainnya yang sudah Bacaterus berikan.

7. Gunakan konsep mnemonik Konsep mnemonik adalah salah satu tips agar ingatan kuat yang cukup efektif. Mnemonik juga dikenal sebagai jembatan keledai. Konsep ini dapat membantu orang-orang yang kesulitan mengingat suatu hal. Bagi Anda yang masih bingung mengenai mnemonik. Anda bisa mempraktekkan konsep ini dengan membuat akronim atau singkatan pada suatu hal yang harus diingat.

8. Relaksasi Relaksasi bisa dilakukan dengan meditasi atau refreshing dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Mengistirahatkan pikiran setelah bekerja memang sangat penting. Aktivitas santai ini dapat meredakan stres. Seperti yang kita ketahui, orang yang sedang dilanda stres tidak bisa menggunakan fungsi otak dan memorinya dengan baik. Akibatnya, orang yang sedang stres jadi lebih mudah lupa. Relaksasi dalam bentuk meditasi juga membawa dampak baik untuk meningkatkan kinerja otak. Hal ini sudah dibuktikan melalui tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang menemukan perubahan positif pada kinerja otak setelah melakukan meditasi.

9. Tidur cukup pada malam hari Pada saat tidur, otak akan menyimpan sebagian ingatan ke dalam “gudang” memori. Selain itu, ketika tidur memasuki tahap Rapid Eye Movement (REM), otak akan menyusun segala hal yang diingat pada hari ini dan menyatukannya pada memori yang terdahulu. Tak hanya itu saja, ketika tidur kita juga mengistirahatkan otak untuk berpikir agar keesokan hari dapat kembali mengingat informasi yang terjadi. Nah, kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja otak Anda. Selain jadi mudah lupa, orang yang kurang tidur juga mengalami kesulitan untuk fokus.

10. Jangan mengingat hal yang tidak terlalu penting Sama seperti memori penyimpanan di ponsel Anda, otak kita juga memiliki kapasitas memori. Meskipun tidak terlihat, ternyata memori otak juga bisa full sehingga kita jadi mudah melupakan suatu hal. Untuk mencegah memori otak menjadi penuh, sebaiknya jangan terlalu memikirkan hal-hal yang tidak penting. Usahakan untuk tetap rileks dan memikirkan hal yang memang benar-benar dianggap penting saja.

10 tips agar ingatan kuat ini dapat membantu Anda yang mudah lupa untuk kembali mampu mengingat segala hal dengan baik. Kadang-kadang bukan hanya orang tua saja yang mudah lupa, tetapi orang-orang di usia produktif juga sering lupa alias mendadak pikun. Yuk, ikuti 10 tips berikut ini dan miliki ingatan yang kuat untuk jangka waktu lama. Selamat mencoba ya!

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow