999 +
0
10
0
Cara Cuci Tangan Yang Benar
2 weeks 'ago'

Cuci tangan adalah salah satu langkah paling penting dan mendasar dari kebersihan personal yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menghindari penyebaran penyakit dan kuman kepada orang lain.

Kapan terakhir kali Anda berpikir tentang bagaimana Anda mencuci tangan Anda? Anda telah melakukannya seumur hidup Anda – namun apakah Anda telah melakukannya dengan tepat?

Di poin ini Anda akan berpikir, ‘Bagaimana mungkin saya mencuci tangan dengan cara yang salah?’

Apakah Anda tahu bahwa untuk mencuci tangan secara menyeluruh, Anda perlu waktu sekitar 40 detik hingga satu menit, atau kira-kira selama menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ dua kali, agar benar-benar bersih? Anda mungkin ingin menyanyikannya keras-keras, namun ini adalah pengingat yang bermanfaat bagi Anda untuk mengambil waktu yang Anda perlukan untuk mencuci tangan Anda! Tidaklah semudah membasahi tangan, mengoleskan pencuci tangan, menggosok dengan cepat dan membilasnya kembali.

Kebersihan tangan yang baik bisa secara signifikan mengurangi penyebaran bakteri dan kuman berbahaya lainnya yang bisa menyebabkan diare, muntah dan infeksi berbahaya lainnya. Ikuti 8 langkah berikut ini untuk menyempurnakan teknik mencuci tangan anda.

Langkah-Langkah Mencuci Tangan

  1. Basahi tangan dengan air mengalir yang bersih dan hangat
  2. Pakai sejumlah kecil sabun
  3. Gosok telapak tangan bersamaan, jauh dari air
  4. Gosok jemari dan jempol dan kulit di sela-sela
  5. Bersihkan telapak tangan Anda dengan kuku Anda
  6. Gosok bagian belakang setiap tangan
  7. Cuci dengan air bersih mengalir

hands wash procedure

Dengan banyak hal terjadi, mudah untuk lupa mencuci tangan. Mari coba membuatnya rutin dan menjadi kebiasan sehari-hari. Tinggalkan catatan untuk diri sendiri, gambar pada tangan anda, buat peringatan di ponsel Anda, atau tuliskan ini di daftar hingga Anda tidak lagi perlu diingatkan untuk membersihkan tangan Anda menggunakan langkah yang digariskan di atas.

Kebersihan tangan saat berpergian

Tentu saja Anda tidak selalu memiliki sabun dan air ketika bepergian. Tapi kurangnya akses terhadap sabun dan air seharusnya tidak menghambat Anda untuk mendapatkan tangan yang higienis. Anda bisa menggunakan cairan pembersih tangan bebas alkohol. Oleskan sebesar seukuran koin ke telapak tangan Anda dan pijatkan ke kedua tangan hingga cairan menghilang. 

Ini terutama berguna sesaat sebelum makan, juga saat Anda berada di tempat ramai seperti toko, taman dan transportasi umum. Tetapi ingat, Anda masih harus mencuci tangan Anda jika mereka terlihat kotor. Penggunaan pembersih tangan untuk anak-anak harus dilakukan di bawah pengawasan orang tua.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Dewi Chusnul Khotimah, S.Pd.SD
Stupid Badges
Dewi Chusnul Khotimah, S.Pd.SD
Good Badges
Kongkow