999 +
0
11
0
9 Cara Cermat Agar Cepat Memahami Pelajaran
2 months 'ago'

Sekarang sudah masuk musim ujian nih, smart buddies. Frekuensi belajarmu pasti lebih meningkat dibanding biasanya. Nah, di masa-masa ini rentan sekali timbul kejenuhan saat belajar. Wajar kok, apalagi kalau kamu merasa sulit memahami pelajaran karena cara belajarmu salah atau terlalu diforsir. Tapi jangan sampai dibiarkan ya, smart buddies! Kalau kamu berlama-lama jenuh, maka belajar akan terasa percuma karena ilmu tidak dapat diserap dengan baik.

Bagi kamu yang masih mendapat kesulitan ketika belajar, beberapa trik di bawah ini mungkin bisa dicoba. Selain membantu untuk meningatkan kualitas belajar, fun juga lho!

 1. Garis bawah

memahami pelajaran

Memberi highlight bagi materi penting (sumber: vipblueedition.com)

Menggaris bawahi hal-hal penting saat membaca atau mempelajari sebuah buku tentu tidak akan menyulitkanmu, bukan? Kalau ribet pakai penggaris, highlighter atau pulpen berwarna bisa membuat bukumu lebih berwarna. Apabila penuh warna, maka semangatmu juga akan lebih meningkat. Cara ini akan memudahkanmu ketika mencari materi yang dibutuhkan karena menghemat waktu.

2. Catatan kecil

Ada salah satu kesalahan saat belajar. Biasanya, kita cenderung menghapal setiap detil materi yang disampaikan. Yay or nay? Daripada kamu fokus menghapal, lebih baik fokus ke poin-poin pentingnya saja.

Bagaimana strateginya agar kamu tertarik baca? Ketika guru sedang menyampaikan materi, catat hal-hal penting di sticky notes. Misalnya rumus phytagoras, rumus tenses, dan buat kata kunci yang mudah diingat. Dengan menulis, kamu sambil mengingat kembali pelajaran lho. Kemudian, tempel di tempat-tempat yang sering kamu lihat. Dinding kamar, cermin, atau buku.

3. Mind mapping

Ada lagi cara menghemat jam belajarmu dan membuat lebih siap menghadapi ujian. Coba cara mind mapping dehMind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu. Tulisan yang dihasilkan adalah gambaran langsung dari cara kerja koneksi dalam otak. Cara ini juga dapat mengembangkan cara berpikir kreatif. 

memahami pelajaranBelajar dengan mind map (sumber: greendealsolutions.net)

Menurut Tony Buzan, sang pencetus mind mapping, proses ini dapat membantu kita untuk banyak hal. Beberapa di antaranya yaitu merencanakan, berkomunikasi, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, serta mengingat dengan baik. Belajar jadi lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

4. Kuis

Hayooo siapa yang takut kalau guru memberi kuis dadakan? Eits, tapi cara ini ampuh untuk meninjau studi di minggu dan hari sebelum ujian lho, smart buddies. Dengan adanya kuis, kamu jadi tahu materi apa yang sudah kamu kuasai dan masih harus dipelajari lebih dalam.

5. Case study

Ada beberapa materi yang agak sulit dipahami hanya dengan mengikuti pedoman teori. Oleh sebab itu, studi kasus bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan cara ini, kamu akan dihadapkan dengan sebuah kasus, sehingga mampu memvisualisasikan teori dan jadi lebih mudah paham.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow