999 +
0
19
0
BIAYA KULIAH MAHAL? YUK, LAKUKAN CARA INI UNTUK MENCARI DANANYA
2 weeks 'ago'

Banyak orang mendambakan untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku kuliah demi mendapatkan masa depan yang lebih baik. Namun sayangnya, tidak semua orang mampu mewujudkan hal tersebut. Ada banyak kendala yang menghalangi sebagian orang untuk bisa kuliah, salah satunya adalah biaya. Jika orang tua tidak sanggup membiayai karena biaya kuliah mahal, lantas apa yang akan kamu lakukan?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa kuliah, meskipun orang tuamu tidak mampu membiayainya. Apa sajakah? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mendapatkan Beasiswa

Cara paling elegan untuk mengatasi biaya kuliah mahal adalah dengan mendapatkan beasiswa. Jika kamu adalah murid berprestasi di sekolah, ada banyak program beasiswa menantimu. Kamu hanya perlu mencari tahu informasi mengenai program beasiswa dan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tes seleksi. Program beasiswa memungkinkan kamu untuk kuliah secara gratis.

Mengandalkan Student Loans

Student loans adalah bantuan dari institusi atau lembaga tertentu bagi mahasiswa yang ingin membiayai kuliahnya sendiri. Bantuan ini adalah pinjaman yang dapat dilunasi oleh mahasiswa setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Saat ini, ada banyak sekali lembaga yang menawarkan student loans dengan persyaratan serta mekanisme beragam.

Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan, tapi ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Jika kamu mengalami masalah biaya saat kuliah, cobalah untuk mengajukan KTA. Pilih serta ajukan KTA yang menawarkan  persyaratan mudah dengan bunga kecil.

Bekerja Sambil Kuliah

Bekerja secara paruh waktu bisa kamu lakukan untuk mengatasi biaya kuliah mahal. Kamu bisa tetap menjalankan kuliah dengan mengambil kelas malam. Beberapa perguruan tinggi menyebut kelas ini sebagai program kuliah karyawan, kelas karyawan, kuliah ekslusif, atau kuliah ekstensi. Jenis kelas ini lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan waktu kerja.

Tabungan Pendidikan Serta Asuransi

Tabungan pendidikan adalah produk perbankan dengan ketentuan jumlah dana dan bunga tertentu. Untuk merencanakan tabungan pendidikan, kamu harus menabung jauh-jauh hari. Umumnya tabungan ini memiliki jangka waktu 2 hingga 10 tahun yang bisa diperpanjang sesuai dengan persetujuan. Tabungan pendidikan ini tidak memiliki suku bunga karena pada dasarnya hanya membantu mengalokasikan uangmu.

Asuransi pendidikan juga memiliki sistem sama dengan tabungan pendidikan karena kamu harus menabung dalam jumlah yang telah ditentukan. Perbedaannya, produk keuangan asuransi adalah unit link dan tidak dijamin oleh LPS. Nilainya akan berubah tergantung dengan pasar saham.

Dana Pendidikan dari Perguruan Tinggi

Cara lain untuk mengatasi biaya kuliah mahal adalah mencari bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh perguruan tinggi. Fasilitas ini sangat membantu mereka yang memiliki kendala dengan kondisi keuangan dan bantuan dana biasanya bersifat ikatan dinas. Jika kamu mendapatkan dana pendidikan ini, kamu bisa bekerja di tempat yang memberikan biaya tersebut. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua universitas memberikan dana pendidikan sehingga kamu perlu giat mencari informasi.

Program Cicilan

Sekarang ini, banyak sekali perguruan tinggi yang memberikan kemudahan kepada calon mahasiswa dengan menyediakan program cicilan. Kamu bisa mencari informasi mengenai program tersebut untuk membantu mengatasi biaya kuliah mahal. Jika dihitung, biayanya memang sedikit lebih mahal daripada tunai, tapi ini akan meringankan kamu yang mengalami kendala dalam keuangan.

Itu dia cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencari dana guna mengatasi biaya kuliah yang semakin mahal. Jadi, tidak perlu putus asa karena masih banyak jalan yang bisa dilakukan untuk membantu mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow